Cara Menggunakan Ok Google untuk Aktivitas Lebih Mudah

Cara Menggunakan Ok Google Untuk Aktivitas Lebih Mudah
Cara Menggunakan Ok Google. Foto: Ist/net

Cara menggunakan Ok Google dengan memanfaatkan suara sebagai medianya. Perusahaan besar yang berasal dari Amerika Serikat yaitu Google, selalu melakukan inovasi baru demi membuat nyaman usernya.

Kali ini Google membuat terobosan barunya dengan memakai suara sebagai medianya. Inovasi baru ini sangat cocok untuk anda yang sering menggunakan mesin pencarian dalam mendapatkan berbagai informasi penting.

Dengan memakai inovasi baru ini, anda tidak perlu lagi memanfaatkan Google Search sebagai layanan yang sebelumnya harus anda gunakan untuk mencari informasi internet. Kali ini dengan produk barunya, akan membuat penggunanya menerima pelayanan terbaik dengan fasilitas yang semakin mudah.

Cara Menggunakan Ok Google Atau Assistant Google

Cara menggunakan Ok Google yang tepat bisa untuk mendapatkan informasi sebanyak-banyaknya. Dengan suara, anda bisa menikmati pencarian yang lebih mudah dengan akses cepat tanpa perlu mengetik.

Fitur baru ini bisa menjadi ladang untuk mencari berbagai informasi penting secara simple dan praktis. Hal ini akan menjadi solusi ketika anda tidak memiliki waktu untuk mengetik dalam mesin pencarian. Sehingga bisa menggunakan suara anda untuk mencari informasi.

Contohnya ketika anda sedang menyetir kendaraan yang tidak memungkinkan untuk anda mengetik dengan kondisi menyetir. Hal ini tentu akan sangat berbahaya, baik untuk anda maupun orang lain. Oleh karena itu, dengan memakai fitur Ok Google, anda bisa mencari apapun dengan berbicara langsung.

Baca juga: Menghapus Akun Google di HP, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Menariknya, fitur ini bisa anda fungsikan untuk melakukan chatting WhatsApp. Hal ini bisa anda lakukan dengan menggunakan suara pula tanpa perlu repot mengetik tulisan. Untuk itu, harus tahu cara menggunakan OK Google.

Layanan ini tidak hanya menggunakan bahasa Indonesia saja, melainkan bisa menggunakan bahasa lain sehingga untuk anda yang ingin menggunakan bahasa selain bahasa Indonesia pun bisa anda lakukan. Namun bagaimana caranya memanfaatkan fitur Ok Google ketika pakai smartphone?

Dengan menggunakan ponsel pintar, anda bisa membalas chat hanya dengan suara saja. Bagaimana bisa terjadi? Simak selengkapnya berikut ini agar anda bisa manfaatkan fitur baru milik Google untuk kebutuhan sehari-hari.

Cara Aktifkan OK Google

Unik bukan menggunakan fitur baru ini? Cukup dengan menggunakan suara yang anda perintahkan pada smartphone anda. Untuk yang ingin menikmati fitur ini, terlebih dahulu mengaktifkan dengan cara menggunakan Ok Google dalam pengaturan seperti berikut ini.

  1. Pertama aktifkan untuk device serta aplikasi Google yang paling baru. Karena tidak semua ponsel pintar bisa memakai Ok Google. Oleh karena itu, pastikan Android anda minimal Kitkat 4.4 dengan aplikasi Google yang sudah anda install sebelumnya untuk versi 3.5.
  2. Apabila sudah memastikan sistem Android anda, maka masuk ke aplikasi Google Chrome.
  3. Lalu masuk pada menu Setelan. Nantinya akan muncul berbagai tampilan untuk melakukan pengaturan. Misalnya akun & privasi, video, suara, dan masih banyak lagi.
  4. Kemudian masuk pada menu Suara dan ubah menjadi aktif.
  5. Selanjutnya anda bisa mencoba untuk masuk pada Ok Google yang ada pada layar manapun. Jika menu ini tidak muncul, maka sebaiknya menggunakan bahasa Inggris dengan pilihan menu Suara yang ada pada Setelan tadi.
  6. Apabila sudah masuk untuk layar manapun, akan muncul tombol untuk Berikutnya. Anda bisa klik tombol tersebut.
  7. Jika sudah, maka anda bisa mengatakan Ok Google untuk mulai memanfaatkan fitur baru.
  8. Lalu ikuti petunjuk selanjutnya sebagai cara menggunakan Ok Google. Hal ini untuk mensinkronisasikan suara dengan fitur Ok Google.

Selanjutnya anda bisa menikmati fitur ini dengan nyaman pada ponsel pintar anda. Jika anda sudah mengikuti langkah tersebut maka anda bisa menikmati keajaiban suara anda untuk menjelajahi internet.

Manfaat Ok Google

Setelah anda tahu cara menggunakan Ok Google, maka selanjutnya ketahui apa saja manfaat yang bisa anda dapatkan dengan memakai fitur ini.

Baca juga: Aplikasi Navigasi Terbaik, TomTom Pengganti Google Maps pada Huawei

Karena dengan menggunakan suara, anda bisa memenuhi semua kebutuhan anda yang berkaitan dengan smartphone. Nah, simaklah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan berikut ini.

Kirim Pesan, Email, dan Telepon

Ok Google atau Google Assistant bisa anda manfaatkan untuk aneka kegiatan, seperti kirim pesan, chating WhatsApp, telepon, bahkan sampai kirim email. Caranya mudah saja, cukup katakan Ok Google. Selanjutnya bisa anda perintahkan untuk call atau telepon.

Nantinya akan ada petunjuk selanjutnya yang bisa anda ikuti agar dapat menghubungi seseorang. Atau jika ingin berkirim pesan dengan mengucapkan Ok Google, lalu text dan selanjutnya email dan chatting. Semuanya bisa anda dapatkan dengan mudah memanfaatkan fitur Ok Google.

Cara menggunakan Ok Google ini akan membantu anda untuk mengirim pesan, email, telepon, bahkan sampai chatting dengan WhatsApp. Sehingga anda tidak perlu repot harus memegang ponsel untuk melakukan kegiatan tersebut.

Navigasi

Apabila anda sedang mencari suatu lokasi, maka bisa memakai Ok Google sebagai alat navigasinya. Cukup mengucapkan Where am i? untuk anda ingin mencari alamat atau menggunakan direction. Lalu How to get to untuk bahasa Inggris.

Ketika menggunakan bahasa Indonesia, bisa menggunakan “Cara ke” dan sebagainya. Ini bagian dari cara menggunakan Ok Google dengan bahasa Indonesia yang bisa anda pakai untuk mengetahui lokasi dan petunjuk dalam mencapai suatu lokasi.

Tidak hanya itu, Ok Google juga bisa mencarikan anda transportasi umum dengan memanfaatkan perintah walking direction to ketika sedang berjalan kaki. Bahkan anda bisa mengetahui jadwal tentang keberangkatan, baik bus maupun kereta.

Pengingat

Selanjutnya fitur yang Google berikan ini bisa anda pakai untuk membuat pengingat dengan katakan Set a reminder yang bisa anda ikuti dengan nama acara yang akan anda hadiri. Nantinya ada petunjuk baru untuk tanggal dan waktu acara yang akan anda hadiri tersebut.

Bukan hanya itu saja, inovasi ini semakin unik ketika anda membuat pengingat yang lucu. Misalnya anda ketika sampai di rumah untuk memberi makan kucing atau mengingatkan menghadiri rapat.

Namun pastikan jika anda sudah mengatur alamat rumah sebelum menggunakan pengingat. Sangat membantu bukan fitur yang Google berikan untuk usernya? Untuk itu, harus mengetahui dengan baik cara menggunakan Ok Google.

Buka Aplikasi

Google Assistant ini bisa anda manfaatkan untuk membuka aplikasi atau situs. Caranya mudah saja dengan ucapkan perintah Open dan nama aplikasi yang ingin anda buka. Nantinya aplikasi yang anda inginkan akan langsung terbuka.

Untuk mengunjungi sebuah situs, bisa menggunakan perintah Go To yang selanjutnya katakan URLnya. Dengan cara menggunakan Ok Google ini, akan lebih menghemat waktu anda untuk mencari informasi pada mesin pencarian.

Terjemahkan Bahasa

Untuk menerjemahkan suatu bahasa, anda tidak perlu mengunjungi Google Translate. Karena hanya menggunakan suara saja, nantinya anda bisa mengetahui arti kata tersebut. Dengan perintah Translate To, maka akan segera terbuka bahasa yang ingin anda gunakan.

Baca juga: Aplikasi Google Lens Android, Cara Aktivasi dan Kehebatannya

Menariknya, Google juga bisa mengucapkan kata-kata yang ingin anda cari terjemahannya berikut dengan frasanya. Akan tetapi, anda sebaiknya telah memakai aplikasi Google Translate untuk Android.

Pengaturan Kenali Suara Pengguna

Pastikan pakai Android 5.0 dengan layar utama untuk Ok Google. Pada kanan bawah masuk Jelajahi. Jika sudah, maka pada kanan atas masuk untuk gambar profil. Lalu Setelan dan Asisten.

Pada bagian perangkat, masukkan pilihan untuk ponsel dan tablet dengan memastikan Asistten Google telah aktif sebelumnya. Selanjutnya masukkan untuk Model Suara, lalu latih ulang suara anda. Hal ini perlu anda lakukan dalam cara menggunakan Ok Google yang aman.

Lakukan perintah yang ada dengan memasukkan suara sebagai contoh pengenalan suara anda. Sehingga fitur yang satu ini hanya akan berjalan jika mengenali suara pemiliknya.

Baca juga: Aplikasi Google Form Melalui HP Android, Mudah dan Praktis

Dengan menggunakan fitur ini, anda juga bisa mencari hiburan internet. Misalnya kata-kata lucu dan romantis. Fasilitas ini bisa anda rasakan jika sudah memastikan Android yang anda gunakan dengan mengaktifkan fitur ini.

Maka dari itu, jangan ragu untuk mengaktifkan fitur ini. Pastinya anda akan merasa beruntung dan terbantu setelah memanfaatkan fitur ini nantinya.

Manfaatkan cara menggunakan Ok Google dengan baik agar bisa menjadi solusi ketika anda sedang sibuk dan tidak sempat menggunakan tangan untuk mengetiknya. Dengan mengikuti langkah untuk mengaktifkannya, akan memberi keuntungan untuk anda bila digunakan dengan baik. (R10/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid