Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat dengan Mudah

cara menghilangkan bopeng bekas jerawat
Ilustrasi Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat. Foto: Ist/Net

Cara menghilangkan bopeng pada wajah agar kembali mulus ada banyak pilihan. Anda bisa melakukan terapi laser atau chemical peeling yang biayanya lumayan besar. Anda juga bisa menggunakan bahan herbal alami yang tak kalah efektif.

Bopeng merupakan lubang atau lekukan yang biasanya terdapat pada wajah sebagai bekas jerawat yang telah mengering. Kondisi ini terjadi karena kita memencet jerawat sehingga pecah. Setelah sembuh, terbentuk lubang tersebut.

Bopeng juga terkenal dengan sebutan jaringan parut yang terbentuk karena lapisan kulit bagian atas tertarik sehingga membentuk cekungan. Setelah jerawat sembuh, wajah menjadi tidak rata karena lekukan. Hal ini yang bisa mengganggu penampilan.

Timbulnya jerawat merupakan siklus normal saat seseorang memasuki masa pubertas. Namun kondisi jerawat setiap orang berlainan, tergantung jenis kulit maupun perawatan yang kita lakukan.

Saat wajah banyak jerawat tak jarang yang merangsang rasa gatal atau panas sehingga mendorong kita untuk menggaruk atau memencetnya. Nanah yang keluar inilah yang menyebabkan terjadinya bopeng setelah jerawat sembuh.

Cara Menghilangkan Bopeng Bekas Jerawat Secara Alami

Untuk mengatasinya tentunya Anda perlu melakukan perawatan, khususnya dengan memberikan nutrisi untuk kulit. Ini akan mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati dan mengembalikan kesehatan kulit.

Berikut ini beberapa cara menghilangkan bopeng bekas jerawat secara alami yang bisa Anda coba lakukan. Bahan alami ini sangat berguna untuk mengembalikan keremajaan kulit dan membuat wajah kembali mulus.

Pisang dan Jambu Biji

Kedua buah ini kaya dengan kandungan vitamin C dan nutrisi yang sangat penting untuk kulit. Selain baik untuk perawatan kulit, nutrisi ini juga berguna untuk mempercepat pemulihan kulit agar cepat kembali mulus.

Anda perlu menghaluskan atau memblender kedua buah ini sampai halus. Setelah itu gunakan sebagai masker wajah setelah sebelumnya Anda bersihkan. Diamkan 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

Lidah Buaya

Selain efektif untuk menyembuhkan jerawat, lidah buaya juga sangat baik sebagai cara menghilangkan bopeng dengan cepat. Herbal satu ini mengandung beragam nutrisi yang sangat penting untuk kesehatan kulit.

Sejumlah penelitian menemukan manfaat lidah buaya untuk perawatan wajah yang cukup efektif. Herbal ini bekerja secara simultan dengan meningkatkan sistem imunitas tubuh dan proses regenerasi sel-sel kulit mati.

Untuk menggunakannya, tuang gel lidah buaya dalam mangkuk lalu balurkan pada wajah yang ada bopengnya. Biarkan setengah jam agar nutrisinya meresap ke dalam kulit baru bilas dengan air bersih.

Oatmeal

Bahan lainnya yang juga efektif sebagai cara menghilangkan bopeng yaitu oatmeal. Selain mengandung antioksidan dan anti radang, makanan ini juga kaya nutrisi yang penting untuk mengatasi alergi, eksim, maupun bopeng.

Untuk menggunakannya Anda campurkan oatmeal dengan gel lidah buay dan parutan mentimun. Aduk dan gunakan oleskan sebagai masker wajah secara merata. Diamkan setengah jam lalu bersihkan dengan air hangat.

Kentang

Buah sayuran ini juga mengandung vitamin dan mineral yang efektif untuk memulihkan flek hitam ataupun bopeng pada wajah. Hal ini karena kentang kaya dengan vitamin B3 dan bersifat adem untuk kulit.

Kupas kentang mentah dan iris tipis. Setelah itu tinggal tempelkan pada wajah yang bopeng. Bisa Anda menumbuknya lalu tambahkan air sedikit lalu oleskan pada wajah. Diamkan sebentar lalu bilas hingga bersih.

Susu Segar

Cara menghilangkan bopeng lainnya Anda bisa menggunakan susu murni yang masih segar. Susu kaya dengan kandungan vitamin dan mineral yang baik untuk memulihkan bekas jerawat dan mengembalikan kesegaran kulit.

Siapkan sedikit susu segar dalam mangkuk dan tambahkan madu atau mnyak esensial. Balurkan pada wajah yang bopeng dan biarkan sekitar 20 menit. Baru kemudian bilas dengan air bersih.

Timun

Kandungan air yang tinggi pada timun dan sifatnya yang adem juga baik untuk mengatasi bopeng yang timbul pada wajah. Anda mengiris tipis timun atau menumbuknya hingga halus lalu tempatkan pada wajah.

Putih Telur

Bagian putih telur juga sangat efektif untuk membantu proses memulihkan kulit wajah dan cara menghilangkan bopeng dengan cepat. Kandungan nutrisi sangat penting untuk proses regenerasi sel-sel kulit wajah.

Siapkan saja sebutir telur ayam dan ambil bagian putihnya dalam mangkuk. Tambahkan sedikit air perasan lemon dan lumurkan pada wajah yang bopeng. Biarkan sebentar baru kemudian Anda bilas dengan air bersih.

Teh Hitam

Sebaiknya jangan buang ampas teh hitam yang telah Anda bikin menjadi minuman. Bekas teh ini juga efektif untuk membantu memulihkan kesehatan kulit dan mengatasi bopeng pada wajah.

Ampas teh keringkan dahulu lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan madu sedikit lalu balurkan pada wajah. Diamkan sekitar 20 menit agar nutrisinya meresap lalu bilas dengan air bersih.

Jagung

Makanan satu ini juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Jagung juga kaya nutrisi yang baik untuk menghaluskan kulit. Karena itu cara menghilangkan bopeng adalah dengan masker jagung.

Untuk menggunakannya terlebih dahulu parut jagung dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit minyak zaitun dan oleskan pada wajah. Diamkan sebentar lalu bilas dengan air hangat.

Alpukat

Buah ini juga mengandung vitamin C, E, dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Menyuplai nutrisi yang menjadi kebutuhan kulit akan mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit mati.

Anda bisa mengeruk daging buah alpukat dan menambahkan sedikit madu untuk membuat masker wajah. Diamkan sekitar setengah jam agar nutrisinya meresap lalu bilas dengan air bersih.

Pala

Rempah ini juga bisa Anda pilih sebagai cara menghilangkan bopeng dengan cepat. Tumbuk buah pala hingga halus lalu tambahkan air perasan jeruk nipis atau lemon dan balurkan pada wajah. Lakukan rutin agar hasilnya efektif.

Tomat

Alternatif lainnya untuk mengatasi bopeng adalah dengan buah tomat. Nutrisi buah sayuran ini bermanfaat untuk mendukung proses regenerasi sel kulit pada wajah. Blender atau iris tipis tomat dan tempelkan pada wajah.

Alternatif Lain Menghilangkan Bopeng dengan Cepat

Selain dengan melakukan perawatan dari luar dalam bentuk masker wajah, Anda juga perlu mempercepat proses pemulihan wajah bopeng dengan mengonsumsi makanan atau minuman yang mendukung.

Nah, berikut ini beberapa bahan alami lainnya sebagai alternatif cara menghilangkan bopeng untuk mempercepat mengembalikan keremajaan kulti wajah. Anda bisa mengombinasikannya sesuai kebutuhan.

Minum Teh Hijau

Kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya dalam teh hijau juga efektif untuk proses regenerasi sel-sel kulit. Anda bisa minum teh hijau secara rutin untuk menyuplai kebutuhan nutrisi kulit.

Konsumsi Vitamin A, C, dan Anti Radang

Untuk mengembalikan kekenyalan dan kesehatan kulit wajah, Anda juga perlu mengonsumsi makanan atau minuman yang kaya dengan vitamin A dan C. Konsumsi ini berguna untuk mengatasi bopeng dengan lebih cepat.

Begitu juga dengan makanan yang mengandung nutrisi ang bersifat antiradang juga baik untuk Anda konsumsi. Makanan ini akan membantu mendinginkan bopeng dan bisa mempercepat proses pemulihannya.

Rajin Membersihkan Wajah

Cara menghilangkan bopeng dengan cepat juga perlu Anda barengi dengan rajin membersihkan wajah. Apalagi untuk wanita karier yang harus merias wajah setiap hari. Agar make up tidak memperparah kondisi sebaiknya segera bersihkan setelah pulang.

Untuk menjaga kesehatan kulit sebaiknya pilih sabun pembersih wajah berbahan lembut dan kalau bisa alami juga. Ini berguna untuk meningkatkan sistem imunitas kulit dalam mengembalikan kesehatannya.

Hindari Makanan Pantangan

Selama proses perawatan dan pemulihan kulit wajah sebaiknya hindari berbagai jenis makanan yang menjadi pantangannya. Makanan yang berlemak, berminyak, tinggi karbohidrat, dan makanan pedas sebaiknya Anda jauhi.

Mengonsumsi makanan pantangan tersebut justru akan membuat kondisi kulit semakin sulit memulihkannya. Bahkan bukan tak mungkin malah bisa memicu timbulnya jerawat kembali yang telah sembuh.

Itulah berbagai cara menghilangkan bopeng dengan cepat menggunakan bahan-bahan alami. Dengan perawatan secara simultan baik dari luar maupun dalam akan mempercepat proses mengembalikan keremajaan kulit wajah. (R11/HR-Online)

Editor: Ahmad Muhafid