Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Penyebabnya

cara menghilangkan karang gigi
Ilustrasi cara menghilangkan karang gigi. Foto: Ist/net

Ada banyak bahan alami dan cara menghilangkan karang gigi sebelum terlambat. Kebiasaan yang kurang peduli terhadap kesehatan gigi merupakan penyebab utama gangguan ini.

Gigi merupakan bagian penting dari wajah manusia. Sehingga gigi yang sehat dan putih akan menimbulkan kesan rapi dan bersih. Orang pun akan tertarik berkomunikasi dan bergaul dengannya.

Sedangkan gigi yang rusak, berlubang dan banyak karang akan tampak kotor dan menjijikkan. Orang akan enggan untuk berada dalam jarak dekat dengan orang seperti itu. Karena itu penting menjaga penampilan dengan menjaga kesehatan gigi.

Karang gigi merupakan suatu plak yang terdapat pada gigi yang kemudian mengeras. Kemunculan karang gigi biasanya terdapat pada bawah gusi. Jika karang gigi kita biarkan akan membuat wilayah kerusakannya semakin luas.

Penanganan sejak dini dengan cara menghilangkan karang gigi penting sekali. Sebab ada banyak dampak buruk akibat karang gigi. Antara lain membuat mulut menjadi bau, gigi tidak sehat, gigi berwarna kuning, hingga menimbulkan iritasi.

Baca juga: Bahan Dapur Ini Diyakini Bisa Hilangkan Karang Gigi

Kerusakan gigi atau terjadinya karang gigi merupakan persoalan yang banyak terjadi. Baik anak-anak maupun orang dewasa. Para ahli medis sering menyebut karang gigi sebagai kalkulus gigi.

Adanya karang gigi akan membuat penampilan seseorang tidak menarik. Daerah karang gigi yang semakin luas juga membuat gigi menjadi jelek dan mulut tak sedap. Kondisi ini tentunya bisa menurunkan kepercayaan diri dan mengganggu pergaulan.

Salah satu cara menghilangkan karang gigi yang bisa Anda lakukan adalah dengan memperbaiki gigi itu sendiri. Gigi yang rapi, bersih, dan tak ada karang gigi akan membuat penampilan lebih menarik dan tentunya lebih sehat.

Pilihan Cara Menghilangkan Karang Gigi

Setelah mengetahui tentang karang gigi dan penyebabnya, sangat penting kita menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Berikut ini beberapa cara menghilangkan karang gigi secara mudah, praktis dan mandiri tanpa perlu penanganan medis.

Membersihkan Gigi dengan Flossing

Dental Floss adalah sebuah benang yang berguna untuk membersihkan gigi. Selama ini kita lebih mengenal membersihkan gigi menggunakan sikat gigi. Ternyata cara ini kurang mampu membersihkan gigi secara optmal.

Ada bagian dalam gigi yang tak bisa terjangkau oleh sikat gigi sehingga menimbulkan karang gigi. Di sinilah pentingnya benang untuk membersihkan sela-sela gigi hingga karang gigi bisa Anda hilangkan.

Baca juga: Dampak Buruk Sering Menggunakan Tusuk Gigi

Cara menghilangkan karang gigi menggunakan benang sangat mudah. Anda tinggal menggesekkan benang pada sela gigi hingga bersih. Namun lakukan secara hati-hati dan jangan terlalu keras karena bisa membuat iritasi gusi dan berdarah.

Menggunakan Daun Sirih

Anda pun dapat menggunakan daun sirih untuk menghilangkan karang gigi. Bahkan sekaligus menghilangkan bau mulut. Caranya dengan mengambil satu lembar daun sirih. Kemudian campurkan dengan satu butir cengkeh. Masukkan kedua bahan alami itu lalu tumbuk sampai halus. Berikutnya kunyah.

Minum Vitamin C

Vitamin C terdapat pada berbagai jenis buah-buahan yang enak. Seperti lemon, stroberi, dan jeruk. Mengonsumsi buah yang kaya kandungan vitamin C juga dapat mengusir bau mulut dan menjaga kesehatan gigi. Cara ini juga efektif untuk mencegah karang gigi.

Memakai Baking Soda

Cara menghilangkan karang gigi lainnya adalah dengan memakai baking soda. Baking soda mempunyai khasiat untuk menghilangkan karang gigi, membuat gigi putih secara singkat, dan menyingkirkan kuman dalam mulut.

Walaupun sudah banyak jenis pasta gigi yang mengandung baking soda namun hal itu tak mencukupi. Beberapa orang membuat adonan baking soda dengan tambahan garam untuk menghilangkan karang gigi.

Cara menggunakan baking soda untuk mengatasi karang gigi cukup mudah. Sediakan saja satu sendok makan baking soda dan campurkan dengan garam. Selanjutnya aduk secara merata.

Basahi sikat gigi dan masukkan ke dalam adonan baking soda lalu sikat gigi secara perlahan. Pastikan karang gigi terkena bahan ini. Setelah selesai kumur dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar hasilnya optimal.

Rajin Membersihkan Lidah

Lidah kotor yang mengandung bakteri bisa menjadi pemicu timbulnya plak dan karang gigi. Untuk cara menghilangkan karang gigi Anda harus memastikan kebersihan lidah. Caranya, bersihkan lidah dengan obat kumur secara rutin.

Memakai Kulit Jeruk

Jeruk adalah buah-buahan yang mengandung banyak khasiat. Kandungan vitamin C dalam buah ini dapat menyehatkan tubuh manusia dan melancarkan pencernaan dengan seratnya. Selain buahnya, kulit buah jeruk juga bermanfaat.

Kulit jeruk sebaiknya jangan Anda buang karena bermanfaat untuk menghilangkan karang gigi. Caranya cukup mudah, ambil beberapa lembar kulit jeruk lalu cuci bersih. Selanjutnya gosokkan pada gigi secara merata termasuk yang ada karang giginya.

Setelah itu biarkan gigi selama satu malam. Pada pagi harinya baru Anda berkumur untuk membersihkan sisa daun jeruknya. Lakukan pembersihan karang gigi secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal.

Minum Air Putih yang Cukup

Minum air putih yang cukup tak hanya penting untuk menjaga metabolisme dan imunitas tubuh. Ini juga berguna untuk menghilangkan karang gigi. Minum air putih sehabis makan untuk menyingkirkan sisa makanan dan mencegah karang gigi.

Rajin Makan Buah dan Sayuran

Makan buah-buahan dan sayuran juga dapat menjadi cara menghilangkan karang gigi yang efektif. Hal ini karena sayuran dan buah kaya dengan kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan mulut dan gigi.

Rajin mengunyah sayuran dan buah segar setiap hari baik untuk mencegah karang gigi. Makanan segar juga baik untuk kesehatan tubuh.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Karang gigi muncul salah satunya karena kebiasaan merokok. Orang yang merokok umumnya giginya kurang sehat dan terdapat karang gigi berwarna hitam. Hal ini karena merokok menghisap zat kimia berbahaya yang bisa merusak gigi.

Baca juga: Punya Gigi Putih Bersih Tak Harus Keluar Uang Banyak, Coba Cara Alami Ini!

Untuk mencegah timbulnya karang gigi Anda harus menghentikan kebiasaan merokok. Menjauhi rokok juga berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kebiasaan merokok terbukti dapat merusak paru-paru, jantung dan gigi.

Faktor Penyebab Karang Gigi

Yang menjadi faktor penyebab karang gigi adalah sisa-sisa makanan yang terdapat pada gigi dan tidak segera kita bersihkan. Sisa makanan yang tidak kita bersihkan dalam tempo lama akan menyatu dengan gigi.

Nah, tumpukan sisa makanan inilah yang akan menjadi plak gigi. Pada tahap ini sebenarnya karang gigi masih bisa kita cegah dengan rajin menggosok gigi. Namun jarang gosok gigi saja tak cukup sehingga plak berkembang menjadi kang gigi.

Karang gigi terjadi karena kita kurang peduli dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut. Sisa makanan yang tak segera kita bersihkan akan menimbulkan plak pada gigi. Plak yang menimpuk inilah yang kemudian menjadi karang gigi.

Selain dengan cara menghilangkan karang gigi, mengenal penyebab gangguan ini juga bisa mendorong untuk rajin menjaga kebersihan gigi. Hal ini berguna untuk mencegah terbentuknya plak maupun karang gigi.

Selain itu ada banyak faktor lain yang bisa menjadi penyebab karang gigi. Seperti jarang menyikat gigi, kebiasaan merokok, sering mengonsumsi minuman beralkohol, ataupun senang mengonsumsi makanan manis.

Selain itu karang gigi juga bisa terjadi karena kondisi mulut yang kering. Kondisi ini bisa terjadi karena gangguan tiroid, penyakit autoimun, maupun karena efek obat-obatan.

Baca juga: Ini Alasan Gosok Gigi Dilakukan Minimal 2 Menit

Menyepelekan adanya plak yang berkembang menjadi karang gigi sebenarnya cukup berbahaya. Jika gangguan ini menimbulkan iritasi, maka bisa menyebabkan terjadinya penyakit gusi.

Pada kondisi yang lebih parah, karang gigi juga bisa menyebabkan gigi tanggal dan merusak jaringan gigi. Kondisi ini akan meningkatkan risiko yang lebih berbahaya, seperti terkena stroke dan penyakit jantung.

Demikian beberapa alternatif cara menghilangkan karang gigi secara alami, mudah dan murah. Selain dengan bahan alami, menjalankan gaya hidup sehat juga baik untuk mencegah terbentuknya karang gigi. (R11/HR-Online)

Editor: Eva Latifah

Aegis Boost Pro