Rabu, Oktober 27, 2021
BerandaBerita TerbaruCara Menyimpan Video dari YouTube ke Galeri Telepon, Intip Langkahnya!

Cara Menyimpan Video dari YouTube ke Galeri Telepon, Intip Langkahnya!

Cara menyimpan video dari YouTube mengiringi keinginan pengguna untuk mengabadikan video pilihan untuk disimpan dalam galeri telepon. Karena, YouTube adalah situs yang menghadirkan banyak sekali kemudahan, mulai akses yang fleksibel hingga menjadi media share video.

Selain hadir dengan website, YouTube juga hadir dengan aplikasi yang semakin memudahkan pengguna dalam memanfaatkan segala fiturnya. Fitur yang mereka sediakan selalu mengalami perkembangan yang pesat dengan mengikuti kebutuhan para penggunanya. Sehingga, kita pun dapat dengan mudah menemukan video yang kita inginkan.

Apalagi jika ingin menyimpannya secara pribadi atau kembali untuk sharing ke media sosial kita. Lalu, bagaimana cara yang harus kita lakukan? Simak beberapa tips berikut ini.

Cara Menyimpan Video dari YouTube

Fitur YouTube telah berkembang pesat, sehingga anda dapat mengakses segala video yang anda inginkan dengan mudah. Berselancar pun semakin menyenangkan dan juga mengasyikkan.

Salah satu yang dapat anda lakukan adalah membagikan video YouTube kepada teman atau untuk media sosial. Namun, sebelum anda melakukan hal tersebut, tentu video yang anda inginkan tersebut harus tersimpan dalam galeri smartphone anda.

Baca juga: Aplikasi Download Video YouTube Pilihan Terbaik Android

Beberapa cara dapat anda lakukan jika ingin menyimpan video, bisa dengan atau tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Menyimpan Video dengan Fitur Download

YouTube menyediakan untuk para pengguna beberapa kemudahan yang akan anda nikmati. Menonton video secara offline tanpa mengurangi jumlah kuota anda. Cara menyimpan video dari YouTube dapat anda lakukan dengan memanfaatkan fitur yang tersedia.

Baca juga: Fitur Baru Youtube Featured In This Video Siap Diluncurkan

Seperti yang telah kita ketahui, jika YouTube menyediakan beberapa fitur demi kenyamanan pengguna. Dengan menghadirkan fitur Download, maka anda dapat memutarnya secara offline.

Fitur tersebut hadir dengan tanda khusus yang bisa anda temukan dengan mudah pada bagian bawah video, yakni tanda anak panah ke bawah. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk mengunduh video dengan menggunakan fitur tersebut.

  1. Masuk ke aplikasi YouTube. Lalu, pilih video yang anda sukai.
  2. Selanjutnya, cari ikon tanda anak panah ke bawah pada bagian bawah video, dan klik. Dengan demikian, video akan secara otomatis tersimpan pada akun anda.
  3. Pengunduhan masih menggunakan data seluler anda dan juga membutuhkan memori internal untuk menyimpan data video tersebut.
  4. Tunggu hingga proses cara menyimpan video dari YouTube selesai. Pastikan pada saat mengunduh, data seluar anda berfungsi dengan cepat dan juga koneksi lancar. Hal ini akan membuat proses juga berjalan dengan cepat.
  5. Kemudian, setelah proses selesai, maka anda dapat melihatnya pada fitur Koleksi.
  6. Scroll dan cari opsi Hasil Download. Dengan demikian, anda dapat anda dapat menikmati video tersebut kapanpun dan dimanapun anda berada tanpa memikirkan nasib kuota anda yang akan ludes. Karena, fitur ini tidak menggunakan kuota data seluler anda meskipun berulang kali pemutaran.
  7. Jangan menghapus data yang ada pada YouTube, karena akan mengakibatkan video hasil download anda tersebut akan ikut terhapus.

Jika merasa cara menyimpan video dari YouTube tersebut kurang efektif untuk anda, maka sebaiknya dapat menyimak beberapa langkah atau cara menyimpannya langsung ke galeri telepon anda.

Menyimpan Video dengan Save From

Cara yang pertama dapat anda pakai untuk menyimpan video tanpa menggunakan aplikasi tambahan. Langkah yang dapat anda ikuti adalah sebagai berikut:

  1. Buka video yang anda inginkan pada YouTube. Klik tombol Bagikan dan anda dapat memilih salin tautan video.
  2. Setelah itu, keluar dari aplikasi YouTube.
  3. Lalu, masuk atau buka browser, misalkan dengan Google Chrome pada smartphone anda.
  4. Ketikkan dalam pencarian alamat Save From, yakni www.savefrom.net sebagai cara menyimpan video dari YouTube.
  5. Setelah menampilkan hasil pencarian, maka klik Save From.
  6. Setelah masuk ke dalam halaman Save From, maka anda tinggal memasukkan tautan video YouTube yang telah anda salin tersebut. Caranya, cukup tekan dan tahan pada kolom pencarian atau bagian kotak pencarian Save From. Maka tautan video akan muncul.
  7. Selanjutnya, pilih anak panah ke bawah. Pilih opsi pengunduhan yang anda inginkan, misalkan mp3, mp4, HD, full HD dan masih banyak lagi sesuai dengan kebutuhan anda.
  8. Setelah itu, akan muncul pemberitahuan untuk anda ingin mengunduh atau tidak video tersebut. Pilih Ya jika ingin dan Tidak jika ingin membatalkannya.
  9. Tunggu beberapa saat karena cara menyimpan video dari YouTube atau mengunduh berlangsung.
  10. Cek pada jendela notifikasi layar smartphone anda. Jika pengunduhan sukses, maka akan muncul dengan pemberitahuan jika video berhasil terunduh.
  11. Langkah selesai dan secara otomatis video akan tersimpan pada galeri telepon anda.

Menyimpan Video Melalui y2mate.com

Cara selanjutnya untuk menyimpan video YouTube tanpa menggunakan aplikasi adalah melalui y2mate.com. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka video YouTube yang anda inginkan.
  2. Klik tombol Bagikan, lalu pilih ikon Salin Tautan video. Berikutnya, anda keluar dari YouTube dan masuk melalui browser yang ada dalam smartphone anda, misalkan Chrome.
  3. Setelah itu, ketikkan alamat situs www.y2mate.com. Lalu, setelah masuk pada halaman y2mate, maka anda tempelkan tautan video YouTube pada kolom pencarian, sama seperti langkah dengan Save From.
  4. Jika sudah tertempel, maka anda dapat segera memilih opsi pengunduhan yang anda inginkan, misalkan mp3, mp4, SQ, HD, Full HD lalu unduh video sesuai dengan apa yang anda perlukan.
  5. Cek pada bagian jendela notifikasi setelah cara menyimpan video dari YouTube anda lakukan.
  6. Jika telah terdapat pemberitahuan pengunduhan berhasil, maka video secara otomatis akan tersimpan dalam galeri telepon anda.

Dengan demikian, anda tinggal menggunakannya sesuai dengan kebutuhan anda. Dapat membagikan kembali atau masih banyak lagi.

Menyimpan Video dengan QDownloader

Menyimpan video tanpa menggunakan aplikasi selanjutnya adalah melalui QDowloader. Adapun langkahnya sama dengan menggunakan beberapa cara di atas, baik dengan Save From maupun y2mate.

  1. Buka video YouTube yang anda inginkan.
  2. Klik tombol Bagikan dan pilih opsi Salin Tautan.
  3. Selanjutnya cara menyimpan video dari YouTube, anda dapat membuka browser, seperti Chrome melalui smartphone anda.
  4. Kemudian, masuk ke halaman Qdownloader.net.
  5. Selanjutnya, tempel tautan video YouTube pada menu atau kolom pencarian halaman Qdownloader.
  6. Unduh sesuai dengan opsi pengunduhan yang anda inginkan.
  7. Selanjutnya, tunggu proses berlangsung. Maka, otomatis, video akan masuk ke dalam galeri telepon anda.

Dengan menggunakan cara menyimpan video dari YouTube ini, anda dapat mengunduh video dengan mudah tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Ketiga cara tersebut adalah situs yang aman dan juga mudah anda terapkan. Namun, terdapat pula beberapa aplikasi yang juga memudahkan anda dalam mengunduh dan menyimpan video kesukaan anda.

Menyimpan dengan Aplikasi YouTube Downloader

Untuk opsi selanjutnya yang dapat anda lakukan jika ingin mengunduh atau menyimpan adalah dengan aplikasi YouTube Downloader. Langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Unduh terlebih dahulu aplikasi YouTube Downloader melalui smartphone anda pada Google Play Store atau juga dapat masuk ke situs youtubedownloader.com dan klik Download For Free.
  2. Selanjutnya, jika aplikasi telah terunduh, instal terlebih dahulu agar aplikasi dapat anda pakai.
  3. Setelah itu, cara menyimpan video dari YouTube yakni anda dapat menyalin link video YouTube yang anda inginkan.
  4. Lalu salin dengan cara klik Bagikan dan pilih Salin Tautan.
  5. Selanjutnya, masuk ke aplikasi YouTube Downloader dan tempel link yang telah tersalin. Jangan lupa memilih kualitas video yang anda inginkan.
  6. Lalu klik Download Video. Langkah berikutnya adalah menunggu proses pengunduhan berlangsung.
  7. Unduhan selesai dan tersimpan secara otomatis pada galeri telepon anda. Nikmati video favorit anda tersebut.

Menyimpan Video dengan Aplikasi Videoder

Aplikasi cara menyimpan video dari YouTube selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Videoder. Aplikasi ini cocok untuk berbagai perangkat, seperti Android, Mac, dan juga Windows.

Baca juga: Aplikasi Download Video untuk PC Terbaik, Nikmati Video Ketika Offline

Anda dapat menggunakan aplikasi ini dengan mengunduhnya terlebih dahulu pada Google Play store. Dengan aplikasi ini, anda dapat mengunduh beberapa video YouTube dalam waktu yang bersamaan.

Kemudian, anda juga dapat memilih kualitas video yang anda perlukan. Selain itu, anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk download video dari berbagai media sosial, seperti Instagram, Facebook, dan juga yang lainnya. Untuk kualitas unduhan adalah Ultra HD atau berkualitas tinggi.

Menyimpan Video dengan Aplikasi Vidmate

Aplikasi yang dapat anda gunakan selanjutnya adalah Vidmate yang tak kalah unggul dari beberapa aplikasi serupa. Kelebihan yang akan anda peroleh adalah dapat melihat film dengan cara streaming di sini.

Baca juga: Fitur Video Kreatif HP Oppo Reno4 untuk Kreator Konten Pemula

Dengan hadirnya beberapa cara menyimpan video dari YouTube seperti di atas, maka anda dapat dengan mudah menikmati video YouTube kesukaan anda. Anda tinggal memilih cara tanpa aplikasi atau dengan aplikasi. Sesuaikan dengan selera dan kebutuhan anda. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -

Berita Terbaru