Cara Merawat Tanaman Janda Bolong dengan Tepat, Simak Tipsnya!

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong
Ilustrasi Cara Merawat Tanaman Janda Bolong. Foto Ist/net

Cara merawat tanaman janda bolong mengiringi kepopuleran tanaman hias ini yang mencapai harga puluhan hingga ratusan juta rupiah. Tanaman hias berdaun hijau ini pun mampu menarik penggemar tanaman, mulai dari kalangan menengah hingga kalangan atas. Perawatannya pun semakin banyak orang cari.

Mahalnya harga janda bolong karena perawatannya yang sedikit lebih sulit dan termasuk sebagai tanaman hias yang mewah. Sama dengan namanya, tumbuhan yang sengaja dijadikan tanaman hias ini memiliki karakteristik yang khas dari daunnya yang bolong alias berlubang.

Tanaman yang saat ini sedang populer dalam masyarakat ini pun dapat anda rawat dengan baik jika mengetahui tips-tipsnya dengan benar.

Cara Merawat Tanaman Janda Bolong

Janda bolong lebih populer daripada nama aslinya, yakni Monstera. Ia kini menjadi salah satu tanaman hias yang paling banyak orang cari dan laris manis dalam pasar tanaman hias. Harga tanaman ini mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah untuk tiap pohonnya.

Tanaman ini mempunyai karakteristik yang unik dari bentuk daunnya. Terdapat lubang atau ‘bolong’ yang memberikan kesan estetik. Selain itu, keunikan lainnya adalah mempunyai daun yang mengkilap serta menampilkan kesan mewah nan elegan.

Baca juga: Keistimewaan Tanaman Janda Bolong, Saat Ini Laku Dijual Ratusan Juta

Akan tetapi, cara merawat tanaman janda bolong ini cukup sulit karena pada kenyataannya, tanaman hias ini mudah sekali busuk jika tak menerima perlakukan perawatan yang baik dan tepat.

Tips merawat janda bolong agar tidak mudah membusuk ini berlaku juga bagi anda yang memilikinya. Tanaman hias satu ini, sebaiknya lakukan perawatan yang sebaik-baiknya agar anda memperoleh manfaat yang membuatnya makin populer.

Bukan karena mahal harga belinya, tetapi dengan memiliki bunga ini anda dapat mempercantik rumah menggunakan hiasan tanaman yang unik.

Tanaman dengan nama latin Monstera deliciosa ini menjadi perhatian bagi pecinta tanaman hias. Berikut adalah beberapa tips cara merawat tanaman janda bolong yang dapat anda lakukan, antara lain:

Perhatikan Suhu

Suhu yang ada di Indonesia tak jauh berbeda dengan tempat asal tanaman ini, yakni Meksiko. Akan tetapi, janda bolong tetap memerlukan perawatan yang khusus dari pemiliknya. Jika tidak, maka tanaman hias ini akan mengalami masalah dengan pertumbuhannya.

Bagi anda yang memiliki tanaman ini, sebaiknya lakukan berbagai perawatan dan meluangkan waktu untuk memberikan perhatian yang khusus.

Pada waktu siang hari, suhu yang mampu tanaman hias ini hadapi yakni sekitar 23 derajat hingga 30 derajat Celcius. Jadi, jangan tempatkan tanaman ini pada ruangan yang terbuka sehingga menjadikannya terkena panas matahari yang banyak.

Baca juga: Tanaman Hias Janda Bolong Tengah Populer, Harganya Capai Rp85 Juta

Lalu, cara merawat tanaman janda bolong untuk malam hari, suhu yang dapat tanaman hias ini terima adalah sekitar 15 derajat Celcius. Sehingga, jika tanaman janda bolong yang anda miliki tidak dapat tumbuh dengan baik, kemungkinan besar mengalami hambatan tentang temperatur ruangan.

Jadi, perhatikan dan lakukan hal terbaik dalam mengatur suhu untuk tanaman ini. Perawatan yang optimal tentu akan memberikan hasil tanaman yang berkembang dengan baik.

Perhatikan Asupan Sinar Matahari

Semua jenis tanaman akan membutuhkan sinar matahari untuk melakukan fotosintesis. Tak terkecuali dengan janda bolong. Tanaman hias ini memang tidak boleh atau cenderung bermasalah dengan adanya temperatur suhu yang terlalu panas.

Namun, bukan berarti cara merawat tanaman janda bolong dapat anda lakukan dengan menempatkan tanaman ini berada dalam ruangan yang tertutup dari sinar matahari.

Anda dapat menanamnya dalam pot yang nantinya anda letakkan pada tempat yang terkena sinar matahari, namun jangan anda biarkan secara terus-menerus. Paling tidak, anda dapat meletakkannya pada area dekat jendela rumah.

Kondisi Tanah

Cara merawat semua tanaman tak jauh berbeda, begitu pula dengan merawat tanaman Monstera ini. Sama halnya dengan merawat bunga gantung atau menanam tanaman krisan, yakni dengan memperhatikan kondisi tanah sebagai media tanam mereka.

Karena tanah adalah media paling penting sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan tanaman, sebaiknya cukupi kebutuhan air serta mineralnya. Apabila anda menggunakan tanah dalam kondisi yang kurang baik, maka kemungkinan besar janda bolong ini tidak akan mengalami perkembangan yang baik.

Baca juga: Jenis Bunga Hias untuk Halaman Rumah, Pilihan Dekorasi yang Cantik

Solusi dan cara merawat tanaman janda bolong, yakni dengan memperbaiki kondisi tanah sebagai media tanam. Cara yang baik adalah mencampur tanah dengan pasir atau pupuk kompos agar mendapatkan unsur hara yang bagus bagi tanaman hias ini. Lakukanlah pencampuran dengan perbandingan 1:1:1.

Persiapan dari Kondisi Bibit

Banyak cara yang dapat kita peroleh dalam memperbanyak tanaman. Sama halnya dengan tanaman hias ini. Janda bolong juga bisa anda dapatkan atau peroleh dengan memperbanyaknya.

Caranya adalah dengan melakukan stek. Cara memperbanyak tanaman ini sering orang lakukan agar mendapatkan tanaman yang banyak. Dapat pula untuk anda perbanyak demi memperoleh keuntungan saat menjualnya.

Akan tetapi, anda dapat memastikan terlebih dahulu apakah batang yang akan anda stek adalah batang yang kondisinya baik. Cara merawat tanaman janda bolong tersebut juga akan mempengaruhi kualitas dari calon tanaman yang baru nantinya.

Proses Penyiraman

Sama halnya dengan ulasan yang ada pada langkah awal, jika merawat tanaman Monstera ini sama seperti merawat tanaman bunga yang lainnya. Perawatannya juga tak berbeda jauh. Tak terkecuali dengan melakukan perawatan dalam hal penyiraman.

Lakukan penyiraman janda bolong ini secara rutin, yakni dua kali dalam satu hari. Untuk penyiraman yang lebih dari itu akan mengakibatkan batang menjadi lebih cepat busuk.

Sebaiknya, siram janda bolong ini pada waktu pagi dan juga sore hari. Jangan menyiramnya pada saat siang hari, karena dapat mengganggu tanaman melakukan fotosintesis. Sehingga dengan cara merawat tanaman janda bolong yang benar, tanaman akan mempunyai perkembangan yang baik.

Pemberian Pupuk

Selain memberikan perhatian tentang kondisi tanah, pemberian pupuk juga sangat penting untuk anda perhatikan. Janda bolong akan semakin mempesona dengan pupuk yang cukup dan juga membuatnya menjadi subur.

Selain itu, unsur hara yang tercukupi juga akan menjadikan tanaman hias ini mempunyai bunga yang cantik. Pemberian pupuk biasanya terjadi saat tanaman anda tanam.

Pupuk tersebut dapat anda berikan dengan pupuk dasar, dan anda bisa melanjutkannya dengan pupuk lanjutan saat tanaman hias ini sudah berkembang atau tumbuh besar.

Selain memberikan perkembangan yang subur, cara merawat tanaman janda bolong dengan pemberian pupuk ini akan menjadikan tanaman hias ini sehat dan terbebas dari hama yang dapat menyerang kapanpun.

Membersihkan Gulma

Perawatan ini untuk semua tanaman, tak terkecuali dengan Monstera. Cara merawatnya adalah dengan membersihkan gulma atau rumput liar yang mengganggu. Ini sangat penting bagi kelangsungan hidup tanaman.

Pastikan janda bolong Monstera ini terbebas dari gulma yang ada pada sekitar tempat tumbuhnya. Sehingga, janda bolong akan tumbuh dengan cara yang maksimal dan berkembang dengan baik.

Gulma adalah tanaman liar yang berbahaya jika anda biarkan tumbuh pada sekitar tanaman janda bolong ini. Karena, gulma akan menyerap semua nutrisi penting yang terkandung dalam tanah yang seharusnya terserap oleh tanaman hias ini.

Selain itu, adanya gulma, maka akan semakin mudah hama merusak tanaman anda. Hal ini karena gulma adalah tempat bersarangnya bibit hama yang sering bersembunyi.

Jadi, jika anda ingin memperoleh hasil yang maksimal, maka cara merawat tanaman janda bolong ini dapat anda lakukan dengan langkah yang benar. Keuntungannya selain memiliki tanaman yang bagus sebagai memperindah rumah, juga sebagai keuntungan finansial fantastis jika anda membuka peluang bisnis untuk tanaman hias ini.

Penyebab Janda Bolong Cepat Mati

Seperti yang telah kita ketahui, Monstera adalah salah satu tanaman hias yang cepat mengalami pembusukan jika tak terawat dengan baik.

Terkadang, anda sebagai pelaku gaya hidup yang sibuk dan kurangnya waktu, janda bolong yang mahal ini pun dapat terserang hama bahkan cepat membusuk dan akhirnya mati. Tentu tak ingin hal tersebut terjadi, bukan?

Masalah terjadi biasanya adalah hama. Meskipun janda bolong bukan merupakan tanaman yang mudah terserang hama, tak menutup kemungkinan jika tanaman hias ini terlewat dari serangan hama.

Sebaiknya cara merawat tanaman janda bolong, kita harus memperhatikan hama yang mengganggu dan segera lakukan tindakan. Biasanya, terdapat obat pembasmi hama yang ada dalam pasaran. Anda dapat menyemprotkannya pada tanaman hias ini.

Pembasmi hama tersebut sangat disarankan adalah minyak hortikultura atau minyak neem. Setelah itu, jangan lupa untuk membersihkan gulma yang mengganggu secara rutin. Meskipun gulma yang tumbuh sedikit, ia akan menyerap nutrisi dari tanaman hias anda tersebut dan membuatnya berkembang dengan pesat.

Jadi, segera cabut hingga tak tersisa. Yang paling penting sebagai cara merawat tanaman janda bolong adalah jangan merendamnya atau membiarkannya terendam air yang banyak. Batang akan cepat membusuk dengan kelembaban tanah yang terlalu basah. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara