Cegah Corona Masuk Pabrik, Satgas Covid Kota Banjar Sosialisasi Prokes ke Karyawan

Masuk Pabrik
Tim Satgas Penindakan Disiplin Protokol Kesehatan Kota Banjar saat edukasi dan melakukan penindakan warga pelanggar prokes. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Sebagai upaya mencegah virus Corona, tim Satgas penindakan disiplin protokol kesehatan (prokes) Kota Banjar, Jawa Barat, melakukan sosialisasi ke sejumlah pabrik.

Penindakan dan sosialisasi protokol kesehatan tersebut berlangsung sekitar jalan raya Hussein Kartasasmita, tepatnya di PT BKS Kecamatan Banjar, Rabu (7/10/20).

Salah satu Petugas Satgas, Gun Gun Gumelar, mengatakan, sosialisasi ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dan karyawan yang akan memasuki tempat kerja agar menerapkan prokes.

Menurutnya, penerapan seperti mencuci tangan, memakai, masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan sangat penting untuk mencegah penyebaran virus Corona pada tempat kerja.

“Hari ini kami sosialisasi dan menindak siapa saja, terutama para pemakai masker,” kata Gun Gun kepada HR Online.

Lanjut Gun Gun, dari hasil penindakan tim Satgas, masih terdapat sejumlah warga dan karyawan yang terjaring operasi yustisi.

Warga yang melanggar prokes tersebut langsung mendapatkan sanksi teguran dan penilangan oleh tim Petugas.

“Kami mengingatkan kepada warga dan pelanggar jangan sampai masyarakat abai dan lengah karena semua orang mempunyai potensi tertular dan menularkan virus corona ini,” ujar Gun Gun.

Lebih lanjut, ia berharap sosialisasi dan penindakan tersebut semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan ancaman bahaya virus Corona. Terlebih saat ini kasus Covid-19 Kota Banjar jumlahnya terus bertambah.

“Jangan sampai kita dan keluarga menjadi korban karena lalai tidak mengenakan masker,” katanya.

Baca juga: Sembuh dari Covid-19, Warga Ciamis Ini Ungkap Pentingnya PHBS

Sementara itu, Kepala Bidang Penegakan Peraturan Daerah Satpol PP Kota Banjar, Asep Sutarno, mengatakan, dari tanggal 15 Agustus 2020 sampai sejauh ini jumlah pelanggar protokol kesehatan Banjar mencapai 1.178 pelanggar.

Dari jumlah pelanggar tersebut rata-rata beralasan karena lupa tidak membawa masker saat keluar dari rumah. Bahkan, ada juga yang memang sengaja tidak mengenakan masker.

“Bagi para pelanggar kami tindak tegas sesuai peraturan dari tim  Satgas. Kami berharap kesadaran warga masyarakat akan protokol kesehatan ini terus meningkat,” ujarnya. (Muhlisin/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid