Cegah Covid-19, Puskesmas Cidolog Gencar Sterilisasi Fasilitas Umum

Cegah Covid-19, Puskesmas Cidolog Gencar Sterilisasi Fasilitas Umum
Petugas gabung di Kecamatan Cidolog bersiaga dan gencar melakukan pencegahan Covid-19. Foto: Es/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Dalam mencegah penyebaran Covid-19 di daerah, Puskesmas Cidolog, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, gencar sterilisasi fasilitas umum. Petugas kesehatan ini melakukan penyemprotan desinfektan lokasi-lokasi yang kerap sering banyak warga berkunjung.

Kepala PKM Cidolog Teten mengatakan dalam upaya penanganan Covid-19, pihaknya mendapat dukungan dari Pemerintah Kecamatan dan Desa, serta dari aparat kepolisian dan TNI. Selain melakukan sterilisasi, pihaknya pun terus mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat tentang protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Setiap hari kita keliling wilayah mengingatkan masyarakat. Sehingga protokol kesehatan menjadi kebiasaan masyarakat dalam kehidupan sehar-hari. Terutama memakai masker dalam setiap beraktivitas,” ujar Teten kepada HR-Online via telepon, Minggu (4/10/2020).

Teten menyebutkan angka kasus Covid-19 Ciamis saat ini mengalami peningkatan. Hampir lebih dari 50 persen kecamatan dari 27 kecamatan se-Ciamis terdapat kasus Covid-19. Untuk itu, Puskesmas Cidolog bertekat terus gencar dalam upaya pencegahan.

“kita tidak tahu penyebaran Covid-19 seperti apa, namun ketika kita menjalankan protokol kesehatan secara baik dan benar mudah-mudahan dapat membawa dampak yang baik pula. Warga harus membiasakan pola hidup bersih,” jelasnya.

Puskesmas Cidolog kerap mendatangi masjid, pasar dan fasilitas umum lainnya guna melaksanakan penyemprotan desinfektan. Selain itu, pihaknya pun menyebar tempat cuci tangan ke beberapa lokasi strategis.

Tak hanya itu, pihaknya pun kini selalu mendata setiap warga yang masuk dan keluar Kecamatan Cidolog. Terutama bagi warga yang merantau atau yang bekerja di luar kota.

“Koordinasi terus kita lakukan dari Puskesmas Cidolog kepada pihak kecamatan dan juga desa. Sehingga penanganan Covid-19 ini terus bisa berjalan secara bersama-sama dan terus menerus sosialisasi, edukasi dan meningkatkan kedisiplinan masyarakat taat protokol kesehatan 3M,” pungkasnya. (Es/R9/HR-Online)

Editor: Dadang