Cegah Covid-19, Wisatawan Situ Gede Tasikmalaya di Rapid Test

Satgas Covid-19 Kota Tasikmalaya Rapid Test Pengunjung Wisata Situ Gede
Wisatawan Situ Gede Tasikmalaya sedang menjalani rapid test. Foto: Apip/HR

Berita Tasikmalaya (Harapanrakyat.com),- Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Tasikmalaya menggelar rapid test massal di Kawasan Wisata Situ Gede, Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020).

Rapid test ini untuk para pengunjung wisata. Tujuanya untuk antisipasi Penyebaran Covid-19 saat libur panjang dan cuti bersama. Alhasil ratusan pengunjung asal luar Kota Tasikmalaya terpaksa harus jalani rapid test.

“Kita mengantisipasi Penyebaran Covid-19 saat libur panjang maka dilakukan kegiatan Rapid test massal di kawasan wisata. Salah satunya Wisata Situ Gede,” ujar Kepala BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar.

Pengunjung asal Bandung, Purwakarta dan Bekasi antusias menjalani rapid test masal ini. Beberapa wisatawan mengaku pernah melakukan rapid test, namun ada juga yang mengaku belum pernah mengalaminya.

Selain melakukan rapid test, petugas juga melakukan sosialisasi dan imbauan terhadap protokol kesehatan 3M. Warga Tasikmalaya maupun wisatawan luar daerah wajib memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Selain rapid test masal, kami juga menghukum wisatawan asal Tasik yang abai protokol kesehatan. Mereka menerima sanksi sosial berupa menyapu fasilitas umum.  Mereka juga mengikuti rapid test langsung usai menyapu. Kami akan terus menggelar tes ini untuk mencegah klaster wisata  saat libur panjang,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang wisatawan dari Bandung Tatan mengatakan ke Tasikmalaya bermaksud berkunjung ke rumah saudara. Tapi sekalian mampir ke tempat Wisata Situ Gede untuk berburu kuliner.

“Situ Gede ini terkenal enak makan sama ikan mujair. terus Ada rapid test, syukur aja jadi kita tau kondisi kesehatan kita. Alhamdulillah saya dan keluarga non reaktif,” katanya. (Apip/R9/HR-Online)

Editor: Dadang