Cek Penerima BLT UMKM BRI, Cara Online via eform.bri.co.id

Cek Penerima BLT UMKM BRI
Cek Peneirma BLT UMKM BRI. Foto: Ist/Net

Cek Penerima BLT UMKM BRI bisa dilakukan baik secara konvensional atau online melalui smartphone. Sebelum melakukan pencairan ke bank, Anda harus pastikan dulu apakah terdaftar sebagai penerima atau tidak.

Hal ini agar memudahkan Anda dalam melakukan pencairan sehingga tidak perlu pulang pergi ke Bank. Dengan demikian protokol kesehatan juga bisa Anda lakukan terutama untuk menghindari kerumunan orang.

Baca Juga: Pendaftaran BLT UMKM Offline ke Dinas Koperasi, Ini Persyaratannya

Cara Cek Penerima BLT UMKM BRI Konvensional

Untuk melakukan pengecekan BLT UMKM BRI secara konvensional adalah dengan konfirmasi ke Customer Service (CS). Seperti Anda ketahui, paa hari biasa saja CS BRI selalu penuh dan kadang tak bisa melayani seluruh konsumen yang datang.

Namun tak menutup kemungkinan juga Anda bisa dilayani asalkan mendapatkan antrian awal. Berikut adalah langkah-langkah melakukan pengecekan BLT UMKM BRI secara konvensional:

  1. Siapkan KTP elektronik asli.
  2. Buku tabungan dan ATM asli jika sudah memiliki nomor rekening.
  3. Bawa HP Anda jika mendapatkan SMS BRI Notif.
  4. Anda datang ke kantor BRI terdekat.
  5. Tunjukkan SMS BRI notif ke Satpam kemudian nanti Anda akan menerima nomor antrian untuk pelayanan CS.
  6. Menunggu dulu sampai CS memanggil
  7. Setelah itu Anda tunjukkan SMS BRI notif ke CS. Nantinya CS akan melakukan pengecekan.
  8. Jika BRI cabang tersebut memang penyalur bisa langsung mengisi surat pernyataan mutlak. Jika pada cabang lain maka Anda harus ke BRI yang ditunjuk sesuai dengan pengecekannya.


Cara cek penerima BLT UMKM BRI secara konvensional yaitu dengan datang langsung ke bank tersebut. Cara ini mungkin sedikit ribet karena ini hanya pengecekkan saja bukan pencairan.

Tentunya jika pengecekan saja secara konvensional maka akan terjadi kerumunan orang. Hal ini akan menyebabkan tingkat penyebaran Covid-19 bisa bertambah banyak.

Maka dari itu pihak bank memberikan layanan Online untuk cek penerima BLT UMKM BRI dari rumah saja. Anda hanya membutuhkan smartphone atau laptop saja yang terhubung dengan internet.

Baca Juga: Cara Daftar BLT UMKM Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta, Ini Persyaratannya

Dengan adanya pelayanan secara Online ini sudah dipastikan tidak akan ada kerumunan orang di satu tempat. Hal ini juga bisa mengurangi berkurangnya penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Cek Penerima BLT UMKM Secara Online

Untuk melakukan cek penerima BLT UMKM BRI ini bisa Anda lakukan di rumah saja dengan menggunakan HP Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan pengecekan BLT UMKM secara online:

  1. Buka browser sebaiknya Chrome karena lebih ringan.
  2. Masukkan link eform.BRI.co.id.
  3. Scroll ke paling bawah pilih BPUM.
  4. Anda akan diarahkan ke halaman pengisian penerima BLT UMKM BRI.
  5. Masukkan nomor KTP.
  6. Masukkan kode verifikasi.
  7. Terakhir pilih proses Inquiry.

Cara cek penerima BLT UMKM BRI ini bisa Anda lakukan kapan saja tanpa batasan waktu. Anda bisa baca hasilnya apakah termasuk dalam penerima BLT ini atau tidak.

Jika Anda bukan merupakan penerima bantuan UMKM ini, maka tidak perlu datang ke BRI. Namun apabila terdaftar maka langsung berangkat ke BRI cabang terdekat.

Baca Juga: Cara Pencairan BLT UMKM, Sudah Cek eform.bri.co.id?

Jika telah melakukan cek penerima BLT UMKM BRI ini dan mendapatkan bantuan ini maka segera datang ke bank untuk pencairan bantuan sebesar Rp 2,4 juta.

Cara Pencairan BLT UMKM

  1. Datang ke BRI yang ditunjuk sebagai penyalur BLT UMKM.
  2. Minta nomor antrian ke petugas keamanan BRI.
  3. Tunggu hingga dipanggil oleh CS dari BRI.
  4. Jika belum memiliki rekening BRI maka Anda harus mengisi form pembukaan rekening baru. Namun apabila sudah memiliki rekening BRI tidak perlu mengisinya.
  5. Anda juga harus mengisi surat pernyataan mutlak.
  6. Setelah itu dana 2,4 juta bisa diambil melalui teller bank atau ATM.

Itulah cara cek penerima BLT UMKM BRI secara konvensional dan juga online. Selain dari cara cek penerima BLT, Anda juga mengetahui cara untuk mencairkan BLT Rp 2,4 juta ini langsung. Ingat gunakan dana BLT untuk kegiatan produktif terutama meningkatkan kembali usaha bisnis Anda. (R7/HR-Online)