Cerita Doni Monardo Bertemu Orang Positif Covid-19 Tapi Tak Tertular

Cerita Doni Monardo Bertemu Orang Positif Covid-19 Tapi Tak Tertular
Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Letjen TNI Doni Monardo. Foto: Ist/IG BNPB

Berita Nasional, (harapanrakyat.com),- Cerita Doni Monardo, yang beberapa kali bertemu dengan orang positif Covid-19 tanpa gejala, namun dirinya tidak tertular, sangat menginspirasi.

Kepala BNPB yang juga Ketua Satgas Penanganan Covid-19 ini pernah berinteraksi dengan seorang pejabat dan teman dekatnya yang beberapa hari kemudian kedua orang itu dinyatakan positif Covid-19.

“Ya betul saya pernah bertemu dan berinteraksi dengan orang yang beberapa hari kemudian dinyatakan positif Covid-19. Tapi Alhamdulilah hasil swab saya negatif atau tidak tertular,” kata Doni dalam acara talkshow yang disiarkan channel YouTube BNPB, belum lama ini.

Doni Monardo bercerita kejadian itu berawal ketika dirinya dikunjungi oleh salah seorang pejabat negara yang datang ke ruang kerjanya. Dalam kunjungan itu dirinya bersama pejabat tersebut berkomunikasi dua arah membicarakan koordinasi antar lembaga.   

“Bahkan setelah bertemu di ruangan saya, kami bersama dalam satu lift yang didampangi beberapa pejabat BNPB. Namun setelah beberapa hari dari pertemuan itu ternyata pejabat tersebut dikabarkan positif Covid-19,” katanya.

Baca juga: Meski Vaksin Covid-19 Ditemukan, Belum Menjamin Pandemi Berakhir

Karena merasa kontak erat dengan pejabat tersebut, lanjut Doni, kemudian dirinya memeriksakan diri untuk mengecek kesehatannya apakah tertular atau tidak.

“Hasil swab menyebutkan saya negatif atau tidak tertular. Begitupun beberapa pejabat BNPB yang ikut menerima pejabat tersebut sama tidak tertular,” ujarnya.

Cerita Doni Monardo Satu Mobil dengan Orang Positif Covid-19

Doni Monardo juga menceritakan pasca kejadian itu dirinya kembali mengalami peristiwa serupa. Malah dalam kejadian kedua dirinya satu kendaraan dan satu penerbangan pesawat dengan temannya yang ternyata terpapar Covid-19.

“Kejadian kedua ketika saya satu penerbangan pesawat dengan seorang sahabat. Tanpa diduga sahabat saya itu terpapar Covid-19. Hal itu diketahui setelah beberapa hari kami berangkat bersama,” ujarnya.

Lagi-lagi Doni Monardo selamat. Meski satu mobil dengan orang positif Covid-19, namun Ia tak tertular.

“Dari dua peristiwa itu saya semakin yakin bahwa menggunakan masker dapat melindungi diri dalam menangkal Covid-19. Karena setiap berinteraksi dengan orang saya tidak pernah melepas masker. Meskipun dengan sahabat atau orang dekat sekalipun,” ujarnya.

Sterilisasi Tempat-tempat yang Sering Dikunjungi

Doni Monardo bercerita selain melindungi diri dengan masker juga perlu melakukan sterilisasi di tempat-tempat yang sering Ia kunjungi.

Baca juga: Kisah Pasien Positif Covid-19 yang Tertular Saat Pergi Liburan

“Seperti di ruang kerja saya, semua sofa dan barang-barang yang bisa menempel virus dikeluarkan. Saya ganti dengan kursi biasa yang mudah dibersihkan. Pengaturan antar kursi pun dibuat renggang atau berjarak 2 meter,” ujarnya.

Aturan yang sama, kata Doni, berlaku juga di ruangan lain di kantor BNPB. Semua pejabat di BNPB diintruksikan untuk mengedepankan protokol kesehatan dan mensterilkan setiap ruangannya.

“Dengan ikhtiar tersebut maka tidak ada pejabat di BNPB yang tertular Covid-19. Meskipun ada beberapa orang staf, itu tertular dari kluster keluarga,” katanya.

Doni Monardo Semakin Meningkatkan Kewaspadaan

Doni menegaskan dirinya sebagai Ketua Satgas Penanganan Covid-19 harus menjadi contoh dalam penerapan protokol kesehatan. Ia pun selalu berikhtiar dengan berbagai cara agar terhindar dari Covid-19.

“Kalau ketua Satgas-nya tertular Covid-19 tentu tidak baik untuk bangsa ini. Makanya dalam penerapan protokol kesehatan saya harus paling depan dan menjadi contoh. Dengan tekad bulat segenap bangsa dalam melawan Covid-19 saya yakin pandemi ini akan cepat berakhir,” ungkapnya.

Doni Monardo juga bercerita setelah dua kali kontak erat dengan orang positif Covid-19 membuatnya semakin meningkatkan kewaspadaan.

Baca juga: Kepala Daerah Diminta Batasi Aktivitas Tempat Wisata Saat Libur Panjang

“Di kantor BNPB misalkan, sekarang diberlakukan tes rapid anti gen bagi setiap tamu yang datang. Kalau tes rapidnya reaktif, kemudian dilakukan tes usap swab. Setelah aturan itu diberlakukan ternyata ada beberapa tamu yang diketahui positif Covid-19,” ujarnya.

Cerita Doni Monardo yang beberapa kali selamat dari Covid-19 tentunya layak menjadi inspirasi. Letnan TNI ini sangat patuh dalam menerapkan protokol kesehatan. Karena tidak pernah melepas masker saat berinteraksi dengan orang, membuatnya dua kali selamat dari Covid-19. (Bgj/R2/HR-Online)   

Editor: Subagja Hamara