Jumat, Mei 20, 2022
BerandaBerita BisnisCiri-ciri Investasi Bodong yang Patut Anda Waspadai

Ciri-ciri Investasi Bodong yang Patut Anda Waspadai

Ciri-ciri investasi bodong dapat kita ketahui agar terbebas dari maraknya praktek yang berkedok perolehan tersebut. Investasi adalah cara penting dalam mencapai sebuah kemapanan dalam hal keuangan.

Tujuan tersebut pun dapat terwujud dan juga tercapai. Dalam hal ini, anda harus mengetahui tentang bagaimana caranya agar anda tak tersesat dan terjebak dalam investasi yang berkedok alias bodong.

Ciri-ciri Investasi Bodong

Bagi anda yang menginginkan memperoleh uang dengan cara yang mudah adalah dengan investasi. Mudah dalam arti kata tidak harus melakukan kegiatan fisik dalam mendapatkan uang.

Investasi akan memberikan anda keuntungan jangka panjang yang sangat besar. Namun, juga tergantung dengan jenis produk yang akan anda investasikan. Investasi paling banyak diminati karena dapat menjadikan kemapanan dalam hal keuangan secara cukup mudah.

Apalagi, saat mencapai usia yang sudah tidak produktif lagi atau usia tua, investasi pun dapat membantu keuangan menjadi tetap stabil.

Apapun jenis investasi dapat anda pilih. Akan tetapi, anda harus memahami tentang resiko yang sering terjadi. Karena bisa saja terdapat ciri-ciri investasi bodong dan membuat investasi tersebut gagal.

Oleh karena itu, cara atau konsep dalam mengelola dana harus anda cermati dengan benar. Banyak investasi yang kini marak dipraktekkan, bahkan salah satunya adalah investasi bodong.

Baca juga: Investasi Menggiurkan Kalangan PNS Banjar, Perbulan Bisa Dapat 10 Juta

Tak jarang, para pelaku investasi atau yang tergabung dalam investasi ini menjadi rugi yang tidak sedikit jumlahnya. Meskipun investasi juga memiliki resiko gagal, akan tetapi anda juga harus tahu tentang perbedaan antara gagal dan bodong.

Sebab, anda bisa berujung benar-benar berinvestasi atau menjadi korban dari investasi bodong. Sehingga, sebelum anda memutuskan untuk berinvestasi, ada baiknya anda mengetahui beberapa ciri-ciri investasi bodong.

Menjanjikan Imbalan Besar dalam Waktu Singkat

Salah satu ciri yang dapat anda waspadai adalah dengan hadirnya seseorang atau beberapa orang yang menawarkan investasi tanpa resiko dengan keuntungan tinggi dalam waktu singkat.

Perlu anda ketahui jika semua investasi memiliki resiko gagal. Semakin tinggi jumlah nilai investasi yang anda investasikan, maka juga akan semakin tinggi pula resiko tersebut.

Sehingga, jika terdapat penawaran yang menjanjikan kepada anda keuntungan atau imbalan yang tinggi dengan mini resiko, maka sebaiknya anda waspada.

Anda patut curiga dengan adanya ciri-ciri investasi bodong tersebut. Bisa saja penawaran kepada anda itu hanya sebuah penipuan yang berkedok investasi.

Karena, jika anda mengikuti program investasi yang legal, maka anda akan mendapatkan penjelasan atau pengetahuan tentang resiko-resiko yang akan anda terima atau yang datang menghampiri anda nantinya.

Memanfaatkan Nama Besar Tokoh Masyarakat

Biasanya, banyak cara yang dilakukan oleh para pelaku penipuan berkedok investasi tersebut. Salah satunya adalah cara untuk meyakinkan calon korban agar tertarik mengikuti investasi bodong mereka.

Ciri-ciri investasi bodong, yakni mereka meyakinkan calon korban. Mereka akan mencatut nama seseorang. Biasanya yang mereka catut adalah nama orang, tokoh terkenal, dan juga tokoh masyarakat. Meskipun seringkali para tokoh besar tersebut tak mengenal perusahaan investasi bodongnya.

Baca juga: Jenis Investasi Online Terbaik dan Menguntungkan

Dengan demikian, anda dapat melakukan tindakan yang jelas dengan mengeceknya melalui internet. Kemudian, juga dapat mengunjungi akun media sosial para tokoh besar yang tercatat namanya tersebut.

Hal tersebut karena jika mereka menerima keuntungan dari investasi yang telah memakai namanya, pasti mereka akan dengan sukarela untuk menceritakan atau memposting ke akun media sosial. Ciri-ciri investasi bodong ini harus tetap anda waspadai meskipun terlihat tampak meyakinkan.

Tak Terdapat Legalitas dalam OJK

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan pasti akan mendaftar semua perusahaan yang menjalankan bisnisnya. Terutama perusahaan investasi.

Setiap perusahaan akan mendaftar terlebih dahulu serta menunggu izin untuk beroperasi dari pihak OJK. Setelah itu, mereka akan menjalankan bisnis investasinya. Jika anda menanyakan surat izin tetapi belum lengkap, maka anda patut curiga.

Apalagi, jika perusahaan tersebut tak bisa menunjukkan surat izinnya. Sudah dapat anda pastikan jika perusahaan tersebut bermasalah atau penipu.

Meminta Bergabung dengan Cara yang Mendesak

Jika anda menjumpai perusahaan atau seseorang yang menginginkan anda untuk bergabung dengan mereka dan melakukan investasi secara mendesak bahkan memaksa, sebaiknya anda curiga dan waspada terhadap ciri-ciri investasi bodong.

Karena, mereka biasanya membutuhkan para korban untuk segera bergabung dengan cara yang singkat. Mereka pun sering memberikan iming-iming keuntungan yang besar dalam waktu singkat.

Terbatasnya Informasi yang Tersaji

Biasanya, investasi yang legal alias resmi akan memberikan anda penjelasan yang lengkap dan sejelas-jelasnya. Kemudian, mereka juga akan memberikan model atau jenis investasi lengkap dengan pengelolaan dana.

Akan tetapi, hal tersebut akan anda temukan berbeda dengan investasi yang bodong alias penipu. Bahkan, saat anda menanyakan atau meminta penjelasan tentang jenis dan model pengelolaan dananya. Kemudian kemana aset dana akan mereka alokasikan, pelaku ini akan memberikan penjelasan yang sangat bertele-tele, dan berputar tidak gamblang.

Baca juga: Investasi Emas di Pegadaian Untuk Tabungan Masa Depan yang Aman

Malah juga terdapat ciri-ciri investasi bodong, yakni beberapa pelaku yang menghindari pertanyaan seperti itu. Jika menemukan hal tersebut, sebaiknya segera menghindar dan menjauh karena kemungkinan besar, mereka adalah pelaku penipu yang berkedok investasi.

Rekam Jejak Fiktif

Para pelaku investasi bodong ini akan mengklaim tentang keberhasilan secara sepihak dan tak bisa dipertanggungjawabkan. Seperti mengklaim tentang rekam jejak dari kepuasan investor tetap dan menerima penghargaan.

Kemudian, menghasilkan uang dengan jumlah fantastis atau bahkan memiliki pengalaman bertahun-tahun dalam dunia investasi. Akan tetapi, pada saat rekam jejak mereka anda lacak atau cek pada media sosial, akan sulit anda temukan.

Hal tersebut menjadi ciri-ciri investasi bodong. Sehingga, anda dapat mempertimbangkan kembali tentang keputusan anda memilih atau tidaknya jenis investasi tersebut.

Tidak Memiliki Struktur Perusahaan

Bagi anda yang mendapatkan penawaran dengan modus usaha investasi, maka ada baiknya anda menanyakan terlebih dahulu struktur dari perusahaan yang menawarkan investasi tersebut.

Karena investasi yang terorganisir dan juga legal pasti mempunyai struktur organisasi atau pengurus yang lengkap dan jelas. Kepengurusan tersebut merupakan sebuah bagian dari kegiatan usaha dan juga domisili perusahaan mereka.

Mereka juga akan melakukan kegiatan yang jelas dan terarah. Jika anda mengalami hal tersebut, kemungkinan besar anda sedang dalam proses menjadi korban dalam investasi bodong.

Kegiatan Hampir Mirip dengan Money Game

Ciri-ciri investasi bodong selanjutnya adalah jenis investasi yang mereka tawarkan kepada anda sejenis dengan money game atau skema Ponzi. Dalam skema ini, terdapat perekrutan anggota. Lalu, setelah merekrut, maka anda dan juga perekrut akan memperoleh keuntungan yang besar.

Misalkan anda mengikuti dan menjadi anggota, maka akan memberikan keuntungan bagi orang yang telah merekrut anda. Begitu pula dengan anda yang nantinya akan merekrut anggota baru dan terus seperti itu selanjutnya.

Cara investasi yang anda peroleh seperti ini tak lebih seperti menjalankan bisnis MLM yang tentu akan berbeda dengan bisnis investasi. Investor tak akan merekrut anggota baru hanya untuk mendapatkan keuntungan besar.

Bonus Akan Anda Terima Jika Ada Perekrutan Anggota

Seperti yang sudah ada dalam penjelasan di poin sebelumnya, ciri-ciri investasi bodong terdapat skema penipuan yang berkedok investasi dimana dijalankan hampir mirip dengan skema Ponzi.

Mereka sering menggunakan hal tersebut untuk menipu dan merekrut anggota atau korban baru. Setelah investor yang baru bergabung, maka investor yang lama akan memperoleh bonus. Hal ini akan terus berlanjut hingga akhirnya terbukti tentang adanya penipuan.

Untuk sekedar anda ketahui, skema Ponzi ini berasal dari nama seseorang, yakni Charles Ponzi pada abad 20. Ia adalah seseorang yang terkenal sebagai penipu yang ulung. Jadi, namanya pun dipakai dalam menjelaskan skema yang sama dengan penipuan yang ia lakukan tersebut.

Kualitas Produk Tak Sebanding dengan Harga

Banyak penipu yang menghalalkan segala cara agar meyakinkan calon investornya. Salah satu ciri investasi bodong ini ialah dengan menghadirkan sebuah atau bahkan lebih dari satu produk.

Hal ini biasa mereka lakukan agar calon korban percaya jika mereka memang benar-benar berasal dari perusahaan yang bergerak dalam bidang investasi. Dengan hal ini, anda juga tak harus langsung mempercayainya.

Anda dapat melihat apakah produk yang mereka tawarkan sesuai dengan harga yang sebenarnya. Jika anda tahu harga tersebut tak sebanding, sebaiknya anda patut waspada akan adanya ciri-ciri investasi bodong. (R10/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara

- Advertisment -