Curah Hujan Tinggi, Longsor Ancam 10 Rumah di Banjaranyar Ciamis

Rumah di Banjaranyar Ciamis
Kondisi sungai Cihideung yang terus tergerus. Rumah warga di Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis terancam tergerus longsoran abrasi sungai. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Intensitas hujan yang terus menerus pada hari ini, Senin (19/10/2020), membuat air sungai Cihideung terus mengalami peningkatan. Akibatnya sekitar sepuluh rumah warga di Dusun Purwasari (Gadog), Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terancam tergerus longsor.

Sekretaris Desa Cigayam, Sutrisna kepada HR Online, Senin (19/10/2020) mengatakan, luapan sungai Cihideung terus meningkat dan menggerus tebing sungai hingga kian mendekat ke rumah warga yang ada di Dusun Purwasari.

“Saat ini abrasi terus mengalami peningkatan. Jarak antara tebing ke perumahan warga kurang lebih hanya tinggal sekitar dua meteran lagi. Sehingga warga makin cemas apalagi intensitas hujan terus terjadi sepanjang hari ini,” katanya.

Akibat abrasi yang terus meningkat, kata Sutrisna, sepuluh rumah warga di Banjaranyar kini tengah terancam hanyut tergerus abrasi.

“Dengan kejadian ini kami sebagai pemerintah Desa berharap adanya upaya penanganan serius yang dilakukan oleh pemerintah. Jangan sampai harus menunggu ada korban baru ada aksi,” terangnya.

Sutrisna juga mengaku telah mendapatkan bantuan dari Dinas PUPRP Kabupaten Ciamis untuk upaya penanganan sementara.

“Yang kami terima baru sebatas kawat bronjongnya saja. Mau bagaimana bisa kami pasangkan coba. Saat ini kami masih butuh sekitar 30 kubik batu belah untuk penanganan sementara. Maka dari itu, kami sangat memohon kepada dinas terkait atau pemerintah agar segera berupaya untuk melakukan penanganan sebelum timbul korban,” jelasnya. (Suherman/R7/HR-Online)

Editor: Ndu