CVT Motor Matic, Gejala Kerusakan dan Cara Merawatnya

CVT Motor Matic, Gejala Penyebab Kerusakan dan Cara Merawatnya
Ilustrasi cvt motor matic. Foto: istimewa.

CVT motor matic sering mengalami kerusakan jika tidak anda rawat dengan baik. Padahal ada beberapa cara perawatan yang mudah ketika muncul gejala CVT bermasalah.

Motor matic adalah salah satu jenis kendaraan yang ada dari banyaknya produk yang beredar. Jenis kendaraan yang satu ini memang cukup banyak pemiliknya. Banyak alasan mengapa motor matic menjadi pilihan. Hal ini karena matic memiliki cara yang sederhana ketika beroperasi.

Berkat adanya transmisi Continuous Variable Timing, membuat pengendara merasa lebih mudah dalam mengoperasikannya. Tidak perlu tarik tuas atau injak persneleng saat berkendara.

Mengendarai matic, anda hanya perlu mengatur gasnya saja. Namun sayangnya, dengan banyaknya kemudahan ini, motor matic juga tidak luput dari kerusakan.

Perawatannya pun tidaklah mudah, apalagi komponen CVT yang memiliki tugas cukup berat. Oleh karena itu, CVT motor matic juga mudah mengalami kerusakan.

Saat komponen ini bermasalah, ada beberapa gejala yang bisa timbul. Gejala tersebut bisa langsung terasa saat motor matic beroperasi.

Gejala Kerusakan dan Cara Merawat CVT Motor Matic

Transmisi CVT motor matic memang salah satu alasan mengapa sebagian besar orang lebih memilihnya. Gejala kerusakan yang terjadi pun bisa langsung anda rasakan saat berkendara.

Bisa jadi motor bergetar, menimbulkan suara, dan masih banyak yang lainnya. CVT terdiri dari beberapa komponen. Fungsi komponen ini sebagai penggerak mesin dan roda belakang menggunakan sabuk / belt.

Ada beberapa gejala yang bisa timbul ketika CVT motor matik bermasalah. Gejala yang bisa timbul meliputi:

Karet Damper Kampas

Karet damper kampas adalah salah satu komponen motor matic yang berbentuk kecil. Meski demikian, komponen ini tidak bisa sembarangan anda sepelekan.

Gejala yang bisa muncul ketika CVT motor matic bermasalah yaitu adanya getaran dan suara. Ketika pengendara merasakan hal seperti ini, alangkah sebaiknya segera cek dan ganti jika perlu.

Mangkok Kopling Sentrifugal

Menggunakan motor matic memang hanya perlu tarik gas dan rem. Namun, ketika kebiasaan buka gas langsung rem memiliki efek mangkok kopling peyang.

Sehingga kampas kopling habis tidak rata. Mangkok kopling pun tidak dapat bekerja secara maksimal dalam menggigit kampas kopling.

Secondary Sliding Sheave

Gejala CVT rusak juga bisa terasa ketika komponen yang berfungsi mendorongnya sudah aus atau tergerus. Hal ini bisa mengakibatkan munculnya suara kasar dan akselerasi putaran menengah terasa tertahan.

Sliding Shave

Kemudahan yang ada pada motor matic membuat pengendara terbiasa menghentakkan tuas gas. Hal ini berakibat sliding shave tidak mulus lagi.

Gejala yang terjadi adanya gredek-gredek sewaktu membungkus gas. Sehingga kenyamanan saat berkendara menjadi terganggu.

Cara Merawat CVT Motor Matic

Selain mengetahui beberapa gejala yang timbul ketika CVT rusak, anda juga perlu tahu cara perawatannya. Masalah yang sering timbul ketika anda tidak merawatnya yaitu timbul suara keras saat handle gas berputar.

Oleh sebab itu, sebaiknya berikan perawatan yang baik dan rutin pada komponen tersebut. Gunakan cara merawat CVT agar tetap nyaman saat berkendara.

Periksa semua komponen yang berkaitan dengan CVT agar jika terjadi kerusakan bisa segera anda tangani. Periksa komponen V-belt secara rutin dan ganti jika sudah menipis, terlihat pecah, atau retak.

Jika V-belt selalu dalam kondisi baik, berkendara pun juga lebih nyaman. Selain itu, periksa juga roller kendaraan yang memiliki peranan terhadap kinerja V-belt dan mesin.

Mengganti oli transmisi juga perlu anda lakukan secara rutin. Hal ini cukup berpengaruh pada kondisi pelumas transmisi.

Keberadaan kampas kopling juga menjadi salah satu hal yang perlu perawatan. Jika kampas sudah dalam kondisi aus atau tipis, berakibat motor matic tidak responsif.

Sehingga ujung-ujungnya konsumsi BBM akan menjadi lebih boros. Oleh sebab itu, selalu cek semua komponen CVT agar bisa berfungsi dengan sempurna.

Gejala yang timbul ketika CVT bermasalah menjadi salah satu kekurangan motor matic. Berikan perawatan secara rutin agar gejala yang timbul tidak anda rasakan.

CVT motor matic memberikan kemudahan bagi pengendara. Asalkan perawatannya selalu anda perhatikan, maka sedikit kemungkinan kerusakan bisa terjadi.