Daihatsu Rocky 2021 Siap Meluncur ke Indonesia Tahun Depan

Daihatsu Rocky 2021 Siap Meluncur ke Indonesia Tahun Depan
Ilustrasi. Daihatsu Rocky 2021. Foto: Istimewa

Daihatsu Rocky 2021 kabarnya akan meluncur ke Indonesia tahun depan, sehingga perlu bersabar sebentar. Customer Service Directorate Daihatsu Motor Company, H. Ashitani menyampaikan hal ini pada acara Daihatsu National Technical Skill Contest 2020.

Mobil SUV mini ini telah muncul pada acara Tokyo Motor Show 23 Oktober 2019. Untuk Jepang sendiri, Daihatsu telah memasarkan mobil ini sejak 4 November 2019.

Baca Juga : Isuzu Mu-X 2020, Perjalanan Aman dengan Pembaruan Fitur Keamanan

Sejak kemunculannya pada acara tersebut, mobil ini langsung menjadi bahan pembicaraan oleh masyarakat Indonesia. Selain itu, negara Malaysia kabarnya juga akan menjadi tempat peluncuran mobil ini.

Wujud dari mobil ini belum ada yang mengetahuinya, namun belum lama ini beredar foto mobil kamuflase yang sedang melakukan uji jalan. Tentu hal ini semakin membuat pecinta mobil Daihatsu semakin penasaran bagaimana wujud mobil ini secara detail.

Daihatsu Rocky 2021 Siap Masuk Indonesia

Mungkin salah satu alasan mengapa mobil ini santer menjadi pembicaraan masyarakat Indonesia adalah karena peringkatnya. Yang mana Daihatsu Rocky ini mendapat peringkat tertinggi bintang lima dalam uji keselamatan. Uji keselamatan ini berlangsung pada acara Japan New Car Assessment Program ( JNCAP)

Selain itu, mobil ini juga mengusung teknologi keamanan yang berfungsi untuk menghindari tabrakan. Teknologi keamanan ini memiliki nama Smart Assist System dan merupakan teknologi yang sangat penting.

Memiliki kabin interior luas, desainnya tentu tangguh, serta kemampuan manuver yang handal. Hal-hal itulah yang membuat tak heran mengapa mobil ini bisa mendapatkan bintang 5 sebagai mobil teraman untuk berkendara setiap harinya.

Kabarnya mobil ini juga akan masuk negara serumpun, yaitu Malaysia pada 2021 mendatang. Info yang beredar menyatakan bahwa Daihatsu Rocky 2021 akan mengusung emblem Perodua dan menyandang nama Perodua D55L.

Fitur-fitur dan Dimensi

Platform Daihatsu New Global Architecture (DNGA) kabarnya akan tersemat pada mobil ini menurut pernyataan dari H. Ashitani. Ashitani juga mengatakan bahwa mobil yang akan meluncur tahun depan ini memiliki sebutan Rocky A-SUV.

Selain itu, mobil ini juga akan mendapatkan dua fitur utama sekaligus paling baru milik Daihatsu. Dimana berupa transmisi D-CVT dan CVT yang sabuk gerakkan roda gigi pertama di dunia, serta ketiga teknologi keselamatan begitu canggih.

Platform DNGA yang fleksibel ini, Daihatsu rancang khusus untuk pasar berkembang. Selain itu, Daihatsu Rocky 2021 juga menawarkan paket aksesoris yaitu Elegance, Powerful, Sporty, serta mendapatkan AWD opsional.

Daihatsu Rocky memiliki postur SUV yang mumpuni. Pada bagian depan, ia memiliki gril heksagonal, lampu depan trapesium melingkar, dan tempat segitiga untuk lampu kabut. Selain itu, juga terdapat strip tipis lampu LED dekat dengan lampu kabut.

Baca Juga : Mobil Listrik Citroen eCC21 Ramah Lingkungan Meluncur Tahun 2022

Sementara paa bagian belakang, memiliki fitur lampu melingkar yang terletak secara horizontal dengan sisipan LED. Bagian bawah, recess plat nomor terletak pada bumper belakang sehingga terlihat lebih bersih.

Mengenai dimensi, mobil ini mempunyai ukuran panjang 3.995mm dan lebarnya 1.695mm. Lalu memiliki tinggi 1.620mm dan juga jarak sumbu roda sekitar 2.525mm. Daihatsu Rocky 2021 juga memiliki bobot sekitar 980kg dengan platform modular DNGA.

Selain itu, juga memiliki konstruksi monocoque yang menggunakan plat baja tinggi untuk meningkatkan kekakuan. Mobil ini juga menggunakan suspensi belakang dengan torsion beam.

Mesin Daihatsu Rocky

Mengenai mesin, Daihatsu Rocky mengusung mesin 1.0 liter tiga silinder turbocharged yang menghasilkan tenaga maksimum 99PS dan torsi 140 Nm. Yang mana mesin tersebut terpasang pada gearbox CVT dan tersalurkan ke roda penggerak depan.

Daihatsu Rocky 2021 menggunakan bahan bakar WLTP 18,6 KM per liter dengan penggerak roda depan. Selain itu, juga 17,4 km per liter dengan varian penggerak roda Dynamic Torque Control.

Daihatsu Rocky ini terlihat cocok untuk melakukan perjalanan pada perkotaan yang padat dengan gaya SUV atau crossover. Namun belum ada info, apakah Perodua juga akan menyediakan varian 4WD atau tidak.

Mengenai masalah harga, belum ada kepastian berapakah biaya untuk mendapatkan mobil ini. Namun ketika peluncuran pada 23 Oktober 2019 kemarin, harga dari mobil ini sekitar 1,67 juta Yen atau setara dengan Rp217 jutaan.

Belum ada info pasti tanggal masuknya mobil Daihatsu Rocky 2021 ini ke Indonesia. Yang pastinya, para penggemar Daihatsu bisa merasakan sensasi mengendarai mobil ini tahun 2021 mendatang. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Nissan Z Nextgen Akan Memiliki Konsep Identik Dengan Z Proto