Dapur Umum Mulai Bagikan Nasi Bungkus untuk Korban Bencana Ciamis

Dapur Umum Bagikan Nasi Bungkus
Aktivitas dapur umum dalam penanggulangan bencana banjir di Banjarsari dan Banjaranyar, Ciamis. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Satuan Tugas Siaga Bencana Wilayah Banjarasari dan Banjarnyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat telah mendirikan dapur umum. Kemudian mulai bagikan nasi bungkus untuk korban bencana banjir dan longsor.

Ketua koordinator Satuan Tugas Siaga Bencana Kecamatan Banjarsari Osep Hernadi mengatakan telah mendirikan dapur umum untuk mengatasi masalah korban bencana banjir dan longsor.

“Saat ini kami sudah mulai mendistribusikan nasi bungkus untuk para korban bencana banjir untuk wilayah Kecamatan Banjarsari dan Banjaranyar. Pendistribusian nasi bungkus ini sudah berjalan sejak malam tadi,” ujar Osep, Rabu (28/10/2020).

Sedikitnya, Satgas telah mendistribusikan 560 bungkus ke para pengungsi  pada beberapa tempat. Antara lain Desa Cibadak, SDN 3 Ciberem, Masjid Agung Wanayasa, MI Mekarsari, Desa Sindanghayu, dan Desa Purwasari di Ponpes Al-Islah.

“Pendistribusian nasi bungkus juga terus kita lakukan hari ini untuk Makan pagi, siang dan malam. Jumlahnya sama 560 bungkus. Kita juga mendistribusikan Kebutuhan air bersih ke desa Sindanghayu,” katanya.

Osep mengatakan bagi warga yang membutuhkan air bersih bisa segera melaporkan langsung ke Posko bencana Kantor Kecamatan Banjarsari.  Penanganan bencana dan dapur umum ini dilaksanakan oleh BPBD, Basarnas, Tagana, GSR dan Dinas Kesehatan.

“Selain mendistribusikan makanan bagi para korban banjir dan longsor. Relawan juga melakukan asesmen dan pembersihan lumpur sisa banjir, seperti halnya pada lokasi Puskesmas Ciulu Banjarsari,” pungkasnya. (Suherman/R9/HR-Online)

Editor: Dadang