Dinkes Ciamis Sarankan Masyarakat Tetap di Rumah Saat Libur Panjang

Dinkes Ciamis Sarankan Masyarakat Tetap di Rumah Saat Libur Panjang
Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, dr. Eni Rochaeni. Foto : Ferry Ramdani/HR

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kepala Bidang Layanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis, dr. Eni Rochaeni, menyarankan agar masyarakat Ciamis bisa menikmati libur panjang ini di rumah saja bersama keluarga. Pasalnya, Ia mengkhawatirkan akan adanya klaster baru positif Covid-19.

“Iya mending di rumah saja jangan berpergian jauh, apalagi wisata keluar daerah yang lokasi tersebut zona merah, kan bahaya. Nanti pasca liburan khawatir terjadi klaster liburan,” katanya kepada HR Online, Kamis (29/10/2020).

Dokter Cinta, sapaan akrab Eni ini menuturkan, sampai hari kemarin, Rabu (28/10/2020), yang terkonfirmasi positif mencapai 202 orang. Hal tersebut terungkap setelah Pemkab Ciamis terus menerus melakukan tracking Covid-19 setiap harinya.

“Maka dari itu, lebih baik libur panjang di rumah saja. Selain hemat, kita juga bisa melakukan semua aktifitas dengan keluarga. Jadi setidaknya kita bisa terlindungi dari paparan virus Corona ini,” tuturnya.

Eni menambahkan, meskipun nantinya masyarakat Ciamis ada yang pergi berwisata, tapi tetap menjalankan protokol kesehatan 3M. Seperti selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

“Kalau wisata di Ciamis saat libur panjang itu masih mending. Namun kalau pergi wisata ke daerah lain yang banyak pengunjungnya, harus disiplin menerapkan protokol kesehatan,” terangnya.

Dalam pencegahan Covid-19, Dinkes Ciamis sering melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, untuk menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, lanjutnya, Bupati Ciamis juga menganjurkan masyarakat agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan.

“Maka dari itu, untuk mencegah penyebaran Covid-19 kami gencar sosialisasikan 3M. Baik dalam setiap kegiatan maupun terjun langsung ke masyarakat,” ucapnya.

Eni berharap, dengan terus melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat, mudah-mudahan bisa menekan lonjakan kasus Covid-19 di Ciamis.

Untuk itu, Eni menyarankan, dalam libur panjang ini lebih baik manfaatkan dengan liburan di rumah bersama keluarga.

“Mudah-mudahan saja tidak terjadi klaster baru dari libur panjang. Saya sangat berharap masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan, agar kasus Covid-19 di Ciamis tidak meningkat kembali,” pungkasnya. (DSW/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto