Distribusi JPS Tambahan Tahap ke-3 Pemkot Banjar, 3465 KPS Dapat Bantuan

JPS tambahan Banjar
Launching distribusi JPS tambahan Pemkot Banjar, Jawa Barat. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, mendistribusikan bantuan jaring pengaman sosial (JPS) tahap ketiga tambahan kepada 3465 keluarga. Keluarga yang mendapat JPS tambahan tahap ketiga ini merupakan warga terdampak wabah pandemi Covid-19. Launching distribusi bantuan dari anggaran APBD tersebut berlangsung di halaman Pendopo Kota Banjar, Senin (26/10/20).

Dalam kesempatan tersebut Walikota Banjar, Hj. Ade Uu Sukaesih, mengatakan, pada distribusi bantuan tambahan ini masing-masing keluarga penerima manfaat mendapatkan 15 kilo gram beras medium dan bantuan uang tunai sebesar Rp 100 ribu.

Distribusi bantuan beras akan dilakukan langsung oleh Perum Bulog kepada penerima bantuan melalui Kelurahan/Desa masing-masing.

“Untuk bantuan uang juga akan ditransfer langsung melalui rekening JPS Desa Desa/Kelurahan. Jumlah penerima bantuan ini ada 3465 KPM,” kata Ade Sukaesih kepada awak media.

Lebih lanjut ia menjelaskan, dengan jumlah bantuan tambahan JPS sebanyak 3465 itu, sampai saat ini untuk jumlah total warga penerima manfaat yang sudah terealisasi mendapatkan bantuan mencapai 51 ribu KK atau sekitar 71 persen dari jumlah penduduk Kota Banjar.

Rinciannya, sebanyak 17.062 KPM mendapatkan bantuan dari program bantuan sosial tunai Kemensos RI dan provinsi. Sementara 17.270 KPM mendapat bantuan JPS dari Pemkot melalui dana APBD.

Kemudian, ditambah lagi dengan bantuan yang sudah terealisasi dari program jaring pengaman ekonomi (JPE) dan bantuan sosial melalui anggaran dana desa.

“Anggaran yang sudah Pemkot keluarkan dari tahap pertama sampai tahap ketiga ini totalnya 17,182 miliar. Semoga bisa bermanfaat untuk warga masyarakat,” terang Ade Uu Sukaesih.

JPS dari APBD Kota Banjar

Kepala Dinas Sosial P3A Kota Banjar, Suryamah, menambahkan, bantuan JPS dari anggaran APBD Kota Banjar yang sudah terdistribusi untuk warga masyarakat terdampak wabah pandemi Covid-19 sebanyak tiga kali.

Untuk realisasi pertama pada bulan Mei 2020 dengan jumlah penerima manfaat sebanyak 22.013 KPM. Selanjutnya, untuk tahap kedua terealisasi pada bulan Mei dengan jumlah penerima 17.046 KPM.

“Kemudian untuk tahap ketiga jumlahnya 17.267 KPM. Pagu anggaran BTT tahap kedua dan ketiga untuk penyediaan JPS jumlahnya 9,7 miliar,” katanya. (Muhlisin/R7/HR-Online)