Donor Darah di Gedung DPRD Kota Banjar Sepi Peminat, Cuma Dapat 3 Labu

Donor Darah
Donor Darah di Gedung DPRD Kota Banjar tampak sepi. Foto: Muhlisin/HR

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Donor darah keliling di Gedung DPRD Kota Banjar oleh PMI terpantau sepi dan kurang peminat dari wakil rakyat.

Bahkan, saking sepinya tim relawan PMI yang bertugas hanya mendapatkan tiga labu darah dari pendonor.

Humas PMI Kota Banjar, Alfan Nurrohman, mengatakan, tiga labu darah tersebut berasal dari salah seorang anggota DPRD, pegawai dan masyarakat.

Jumlah pendaftar yang mengikuti donor darah keliling ini jumlahnya 9 orang, namun hanya 6 orang yang bisa mendonorkan darahnya.

“Untuk yang 6 orang kami tolak lantaran HB-nya rendah dan kondisi tekanan darahnya tinggi,” ujar Alfan, Senin (19/10/20).

Ia menjelaskan, sedianya kegiatan tersebut untuk membantu memenuhi stok ketersediaan darah UDD PMI Kota Banjar karena kondisinya sudah menipis.

Saat ini, kata Alfan, untuk jumlah total stok yang tersedia sebanyak 25 labu, dengan rincian untuk stok golongan darah A sebanyak 5 labu, B sejumlah 7 labu, AB 3 labu dan golongan darah O sebanyak 10 labu.

“Jumlah totalnya sekarang ada 25 dan itupun untuk yang 24 sudah ada yang pesan dari keluarga pasien. Jadi stoknya kosong” terang Alfan.

baca juga: Mahasiswa dan Buruh di Banjar Kembali Unjuk Rasa Tolak Omnibus Law

Pertimbangan Usia

Sementara itu, dari beberapa anggota DPRD Kota Banjar yang hadir seperti H Sudarsono memilih tidak menyumbangkan darahnya karena alasan sudah tua berusia 60 tahun.

Namun demikian, ada juga anggota DPRD yang memilih menyumbangkan darahnya seperti Husein Munawar dengan alasan agar lebih sehat dan bugar setelah melakukan donor darah karena sudah rutin.

“Donor darah itu baiknya buat yang masih muda-muda karena kondisinya masih bugar. Kalau yang berusia lanjut bisa berpengaruh pada kesehatan,” ujar H Sudarsono. (Muhlisin/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid