Fakta Unik iPhone 12 Series, Cek Harga dan Tanggal Penjualannya

Fakta unik iPhone 12 series, cek harga dan tanggal penjualannya. Foto: Ney/Ist.
Fakta unik iPhone 12 series, cek harga dan tanggal penjualannya. Foto: Ney/Ist.

Fakta unik iPhone 12 series yang telah Apple rilis pada Rabu (14/10/2020) dini hari. Dalam acara Apple Event itu menginformasikan bahwa iPhone sekarang punya empat varian ukuran, yakni seri mini, standar, seri pro, serta pro max.

Keempat varian itu sudah menggunakan chipset Bionoc A14. Chipset ini dipasang pula pada perangkat iPhone 11 Pro Max. Lalu, apa yang membuat iPhone 12 ini menjadi unik daripada generasi sebelumnya?

Merangkum dari YouTube Apple, berikut ini ulasan beberapa fakta unik mengenai iPhone 12 yang baru saja Apple rilis ke publik.

Fakta Unik iPhone 12 Series

Smartphone Apple Terkecil Kedua dan Terbesar saat Ini

Selain untuk memenuhi keinginan konsumennya, Apple juga membuat tren terbaru. Karena itulah, saat iPhone 12 dirilis, Apple mengumumkan tentang keberadaan varian terkecil bernama seri mini.

iPhone 12 seri mini ini ukuran layarnya 5,4 inchi dengan bezel yang kecil. Untuk komparasinya, iPhone 12 seri mini memiliki ukuran lebih kecil beberapa inchi ketimbang iPhone 8 dan iPhone SE 2020. Tepatnya lebih mendekati ukuran iPhone SE yang merupakan generasi pertama.

Sedangkan, untuk perangkat iPhone 12 Pro Max, pihak Apple mendesainnya untuk seri yang terbesar. Layar Pro Max berukuran 6,7 inchi atau 0,2 inchi lebih besar ketimbang iPhone 11 Pro Max.

Dengan demikian, Apple menjadikan iPhone 12 sebagai iPhone terkecil kedua sekaligus terbesar saat ini. Karena ketimbang generasi sebelumnya, iPhone 12 ketebalannya berkurang hingga 11 persen, beratnya 16 persen, dan ukurannya 15 persen.

Baca Juga : HP iPhone SE 2020 Terbaru Dibanderol Murah, Bagaimana Speknya?

iPhone 12 Sepenuhnya Menggunakan Wireless Charging

Fakta unik iPhone 12 series berikutnya yaitu memiliki fitur aksesori terbaru bernama MagSafe. Dengan fitur tersebut, iPhone 12 menjadi lebih efisien ketika mengaplikasikan fitur magnetnya, dan membuat wireless charging lebih masuk akal.

Dalam acara perilisan iPhone 12, Apple memperkenalkan beragam aksesori yang menunjukkan bagaimana body belakang iPhone 12 berguna sebagai dompet untuk menyimpan uang maupun kartu.

Aksesori dompet magnet itu diperkenalkan oleh MagSafe. Dompet ini layaknya seperti casing ponsel. Dipasang pada bagian body belakang iPhone 12.

Ada juga charger baterai yang mudah melekat pada bagian body belakang untuk mengisi daya lebih cepat. Duo charger dari MagSafe ini memungkinkan pengguna mengisi daya baterai iPhone 12 berbarengan dengan AppleWatch.

iPhone 12 Tak Lagi Pakai Power Adapter

Fakta unik iPhone 12 selanjutnya yaitu soal packaging yang mengejutkan. Apple mengumumkan kalau ukuran kotak iPhone 12 akan lebih kecil ketimbang ukuran kotak iPhone seri terdahulunya.

Hal itu karena Apple menghilangkan power adapter pada iPhone 12 lantaran tidak begitu berguna lagi. Jadi kesimpulannya, dalam kotak iPhone 12 ini kamu hanya mendapatkan smartphone iPhone 12 dan kabel USB-C saja.

Alasan mengurangi aksesori tersebut karena Apple ingin mengurangi sampah lingkungan. Sebelumnya aksesori Apple untuk iPhone telah menimbun banyak limbah.

Semua Varian Punya Kapasitas Menangkap Sinyal 5G

Semua varian sudah punya kapasitas untuk menangkap sinyal 5G. Ini menjadi salah satu fakta unik iPhone 12. Karena, jika melihat produk-produk smartphone sekarang ini, teknologi 5G adalah teknologi mewah dan hanya ada pada ponsel edisi khusus.

Sedangkan bagi Apple, semua iPhone 12 series memiliki sinyal 5G. Sehingga, teknologi ini bukan lagi sebagai fitur eksklusif seperti halnya smartphone lain.

Teknologi 5G yang ada pada iPhone 12 ini digadang-gadang bakal mampu mengambil kecepatan 4Gb tiap detiknya. Begitu cepatnya jaditidak ada lagi istilah buffering saat melakukan streaming video kualitas tinggi.

Baca Juga : HP Android Setara iPhone 11, Ini Daftarnya

iPhone Seri Pro Miliki Fitur LiDAR Scanner

Fakta unik iPhone 12 juga mencakup keberadaan fitur LiDAR Scanner yang fungsinya untuk melakukan scanning.

Mengenai spesifikasi, iPhone 12 dengan iPhone 12 Pro tidak ada bedanya. Kedua varian tersebut sama-sama mengandalkan chipset Bionic A14. Tapi, yang paling terlihat perbedaannya terletak pada sektor kameranya.

iPhone 12 untuk versi mini dan standar hanya menggunakan dua kamera saja. Sedangkan untuk varian pro memiliki tiga lensa kamera yang meliputi lensa wide, telephoto, dan ultra-wide.

Fitur LiDAR Scanner ini terdapat pada bagian bawah kamera. Fitur ini memungkinkan para pengguna iPhone 12 Pro melakukan scanning dalam ruangan.

Selain itu, juga sangat praktis untuk melakukan augmented reality pada simulasi penataan ruangan. Dengan adanya fitur ini membuat iPhone seri Pro sangat bermanfaat buat mereka yang profesinya dalam dunia interior maupun desain.

Menggunakan Pelindung Layar Ceramic Shield

Fakta unik iPhone 12 ini nantinya hanya bisa dirasakan oleh penggunanya. Termasuk adanya perbedaan dalam material. Yang mana iPhone 12 varian mini dan standar menggunakan material aluminium. Sementara, untuk seri pro menggunakan material berbahan stainless steel.

Satu hal lagi yang akan membedakannya, yaitu pada layarnya. iPhone 12 Pro menggunakan layar ceramic shield sebagai pelindungnya yang punya ketahanan lebih kuat hingga empat kali lipat daripada kaca pelindung layar smartphone umumnya.

Dengan begitu, maka iPhone 12 Pro akan terjamin keamanannya, meskipun terjatuh. Bahkan, pelindung layar tersebut tahan akan goresan.

Baca Juga : Fitur iOS Versi 13.3 dari Apple Siap Digunakan Oleh iPhone

Tanggal Penjualan

Selain fakta unik iPhone 12 series, informasinya mengenai ketersediaan dan pre-order iPhone 12 dan 12 Pro akan mulai pada 16 Oktober 2020 mendatang.

Sementara, iPhone 12 mini dan iPhone seri Pro Max mulai pre-order pada 6 November 2020. Varian iPhone terkecil dan seri Pro Max harganya kisaran Rp10 juta.

Kemudia, iPhone 12 harganya Rp12 juta, iPhone 12 seri Pro Rp15 juta, serta iPhone 12 Pro Max sebesar Rp16 juta. Belum termasuk pajak dan biaya ongkos kirimnya yang bisa bertambah Rp2 jutaan. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah