Fungsi HDR pada Kamera HP dan Waktu yang Terbaik Menggunakannya

Fungsi HDR pada Kamera HP
Ilustrasi Fungsi HDR pada Kamera HP. Foto: Istimewa

Dengan fungsi HDR pada kamera HP, tentu saja akan memberikan kemudahan bagi kita saat mengambil gambar. Bukan hanya memberikan kemudahan saja, akan tetapi kita juga bisa mendapatkan foto yang lebih berkualitas.

Dewasa ini, mengabadikan sebuah momen spesial, momen yang penuh kenangan memang tidak bisa asal begitu saja. Pastinya anda menginginkan foto dengan hasil terbaik bukan?

Dengan memanfaatkan salah satu fitur kamera inilah, harapan untuk memiliki foto sesuai keinginan dapat terpenuhi. HP masa kini, sudah mendapatkan fitur kamera yang satu ini.

Bahkan fungsi HDR pada kamera HP ini dapat semakin sempurna dengan perpaduan resolusi kamera tinggi. Sehingga, hasil foto yang anda ambil layaknya fotografer profesional.

Baca Juga : Mengganti SIM Card Tanpa Mematikan HP, Benarkah Aman?

Seperti yang kita tahu, HDR merupakan singkatan dari High Dynamic Range. Bila kita berbicara mengenai fitur ini dalam dunia fotografi, Dynamic Range memiliki makna tersendiri.

Tak salah lagi, yakni besaran perbedaan antara bagian yang paling terang dengan bagian paling gelap dari sebuah foto. Maka dari itulah, HDR ini menjadi teknik atau metode penyeimbang antara bagian gambar gelap dengan yang terang. Dalam prinsip kerjanya, proses ini menggunakan software manipulasi gambar.

Apa Sebenarnya Fungsi HDR pada Kamera HP?

Meskipun saat ini semua HP Android sudah menyematkan HDR, akan tetapi tak jarang sebagian pengguna sering kali tidak mengetahui fungsi fitur tersebut. Sehingga, pemanfaatan fitur HDR tidak bekerja secara sempurna.

Pada dasarnya, HDR akan memberikan kita pilihan untuk tidak kehilangan fokus antar subjek dan juga latar belakang. Yang mana keduanya dapat memperoleh kecerahan yang anda harapkan.

Hal tersebut bisa anda dapatkan dengan cara memotret tiga foto sekaligus pada satu kali jepret. Ketiga foto ini akan memiliki kecerahan yang berbeda.

Foto pertama memiliki kecerahan yang normal. Foto kedua terlihat sedikit lebih cerah. Sedangkan foto ketiga memiliki kecerahan yang sedikit gelap.

Sebagai fungsi HDR pada kamera HP, dari ketiga foto tersebut dirangkai menjadi satu. Dengan demikian, foto yang terang anda ambil untuk memberikan fokus pada objek.

Baca Juga : USB HP Tidak Terbaca, Simak Cara Mudah untuk Mengatasinya!

Kemudian untuk foto yang agak gelap anda gunakan sebagai latar belakang dengan intensitas kecerahan sesuai. Sehingga, anda akan mendapatkan hasil foto dengan rentang kecerahan yang dinamis tinggi.

Dalam foto HDR, semua bagian akan menjadi cerah tanpa ada satu bagian foto pun yang gelap. Bagaimana menurut anda, dengan menggunakan HDR, foto anda semakin memiliki nilai yang tinggi bukan?

Waktu yang Tepat untuk Menggunakan Fitur HDR

Ternyata, untuk memaksimalkan fungsi HDR pada kamera HP, anda harus menggunakan fitur ini pada waktu yang tepat. Pasalnya, jika waktu atau momen yang anda gunakan kurang tepat, bisa jadi hasil foto tersebut menjadi sangat aneh.

Alih-alih bagus, justru foto anda menjadi terlihat jelek. Pastinya anda tidak mau hal ini sampai terjadi bukan? Untuk itulah, mari simak kapan saja waktu yang tepat tersebut.

Ketika Mengambil Foto Lanskap

Saat anda akan mengambil foto lanskap, maka gunakan fitur HDR tersebut. Dalam kondisi semacam ini, HDR sangat membantu pengguna memperoleh warna hasil foto yang seimbang.

Hasil foto tersebut dalam mode HDR seringkali memiliki kemampuan untuk menyajikan kecerahan langit yang pas. Dengan kata lain tidak terlalu terang, akan tetapi warna dari objek foto, seperti halnya lingkungan sekitar maupun bangunan tidak terlalu gelap.

Ketika Kondisi Cahaya yang Terlalu Terang

Fungsi HDR pada kamera HP dapat anda gunakan ketika mengambil gambar dalam kondisi cahaya yang terlalu terang. Daripada anda kebingungan untuk meletakkan posisi fokus kamera demi memperoleh warna yang cerah, gunakan saja fitur ini.

Mode fitur HDR dapat anda aktifkan secara otomatis sehingga dapat berusaha menghasilkan foto dengan warna dan juga tingkat kecerahan sesuai kemauan anda.

Ketika Kondisi Minim Cahaya atau Backlight

Ketika kondisi gelap, mode HDR dapat membantu anda untuk menghasilkan foto yang terang dengan kualitas warna indah dan juga estetik. Sebab, mode HDR ini juga dapat menjadi pilihan alternatif dari mode Nightscape.

Atau sering kita menyebutnya sebagai Low Light ketika mengambil foto saat malam hari. Dengan demikian, sudah terbukti fungsi HDR pada kamera HP dapat memberikan foto kualitas terbaik ketika kita gunakan pada waktu yang tepat. (R10/HR-Online)

Baca Juga : DJI Osmo Pocket 2 Lebih Menghasilkan Konten Berkualitas