Fungsi Lubang Kecil pada Rem Cakram Motor

Fungsi Lubang Kecil pada Rem Cakram Motor

Berita Otomotif, (HarapanRakyat.com).- Apakah Anda memiliki kendaraan roda dua? Jika iya, maka pastinya pada kendaraan tersebut terdapat rem cakram. Tahukah anda fungsi lubang kecil yang ada pada rem cakram motor.

Rem cakram sendiri berbentuk bulat dengan warna silver mengkilap dan letaknya ada pada bagian tengah roda. Rem cakram berfungsi untuk membantu pengereman pada tiap kendaraan. Lalu mengapa ada lubang-lubang kecil pada bagian ini?

Fungsi Lubang pada Rem Cakram

Penampung Kotoran

Mungkin sedikit orang yang mengetahui bahwa lubang-lubang kecil yang terdapat pada rem cakram sebenarnya memiliki fungsi yang beragam.

Salah satunya adalah berguna untuk menampung kotoran yang menempel pada kendaraan. Coba Anda lihat ketika sedang membersihkan motor, pasti akan banyak kotoran atau debu yang tertinggal pada bagian ini.

Bagian ini memang membantu agar kotoran dan debu tidak tersebar ke bagian motor lainnya karena tentu bisa mengganggu kerja dari bagian tersebut.

Jika kotoran menempel pada bagian cakram, maka ketika Anda mengerem, akan terjadi gangguan.

Nah, oleh sebab itu, perancang motor sangat cerdas sekali dengan membuat lubang pada cakram ini, sehingga kotoran akan tertumpuk pada bagian ini.

Walaupun itu tidak menganggu aktifitas berkendara, Anda harus tetap membersihkan bagian ini agar debu yang menempel tidak semakin banyak.

Mengurangi Panas

Fungsi lubang kecil pada rem cakram yang selanjutnya adalah bisa untuk mengurangi panas pada kendaraan Anda.

Cara kerjanya bagaimana? Ketika Anda melakukan aktivitas pengereman, maka secara otomatis rem akan menjadi panas karena disc pad dan cakram ini bergesekan.

Akan tetapi dengan adanya lubang-lubang kecil pada rem cakram, panas tersebut akan menjadi cepat berkurang.

Memperbesar Geseran atau Friksi

Fungsi lain lubang-lubang kecil pada rem cakram adalah bisa memperbesar friksi yang terjadi.

Jika Anda pernah melakukan aktivitas memarut keju dengan parutan, maka hal tersebut akan terasa berat dan lama.

Lain halnya dengan meluncurkan keju pada permukaan yang licin, maka keju akan meluncur dengan mudah.

Lubang pada cakram juga berfungsi layaknya keju yang meluncur pada tempat yang licin. Bisa anda bayangkan jika tidak ada bagian ini, maka aktivitas pengereman akan terasa berat dan anda sulit melakukannya.

Tempat Pemuaian Piringan

Fungsi terakhir lubang kecil pada rem cakram adalah sebagai tempat untuk melakukan pemuaian pada piringan. Jika anda sedang berkendara dan melakukan pengereman, maka tidak akan terganggu.

Panas yang dihasilkan ketika Anda mengerem akan memuai ke bagian horizontal pada cakram. Hal ini tentu membuat disc pad tidak terus-menerus terbebani karena sering melakukan pengereman.

Bayangkan jika tidak ada bagian ini, maka apa yang akan terjadi? Tentu Anda akan sulit jika akan mengerem kendaraan.

Banyak sekali fungsi lubang kecil pada rem cakram. Ternyata bagian kecil ini memiliki peran sangat penting pada kendaraan Anda. (Deni/R4/HR-Online)

Editor : Deni Supendi