Fungsi Maskara Bulu Mata dan Faktanya yang Wanita Wajib Tahu

fungsi maskara bulu mata
Ini fungsi maskara bulu mata. Foto: Ist/Net

Fungsi maskara bulu mata yang utama adalah untuk melentikkan agar terlihat sempurna. Namun tahukah Anda jika ada banyak fakta menarik tentang maskara bulu mata tersebut. Yuk simak karena wanita wajib tahu ini.

Maskara merupakan salah satu alat kosmetik yang manfaatnya untuk membuat mata agar terlihat lebih indah. Produk ini berupa bahan atau zat yang bisa berbentuk padat atau cair. Untuk menggunakannya dengan alat berupa sikat.

Namun tahukah Anda jika alat make up yang satu ini ternyata telah ada sejak jaman kuno. Bahkan Wikipedia mencatat bahwa penggunaan maskara telah berlangsung sekitar 4000 SM atau tepatnya sejak jaman Mesir kuno.

Pemanfaatan alat merias mata ini mulai meluas ke Eropa pada era Victoria sekitar abad ke-19. Namun untuk Amerika Serikat alat ini baru populer setelah banyak artis film bisu yang menggunakannya pada awal abad 20.

Baca Juga: Bingung Memilih Maskara yang Bagus dan Tepat? Ikuti Cara Simpel Ini!

Beragam Fungsi Maskara Bulu Mata

Meskipun mungkin untuk bagian kecil dari wajah namun keberadaan maskara tidak bisa kita sepelekan. Justru dengan sedikit olesan saja make up wajah menjadi terlihat jauh lebih menarik dan sempurna.

Manfaat maskara yang utama memang untuk membuat mata terlihat lebih indah. Dengan hanya mengoleskan sedikit saja bahan ini akan membuat rambut mata terlihat lentik dan natural.

Namun tahukah Anda jika ada beragam fungsi maskara bulu mata lainnya yang tak kalah pentingnya. Alat riasan ini juga mempunyai banyak fakta menarik. Yuk cari tahu apa saja fungsi maupun keistimewaan alat make up ini.

Menebalkan Bulu Mata

Salah satu kegunaan utama dari maskara adalah untuk membuat bulu mata menjadi terlihat lebih tebal. Ini terutama untuk Anda yang mempunyai bulu mata yang panjang tapi tipis.

Begitu juga bulu mata yang pendek tapi lentik juga bisa menggunakannya. Fungsi maskara dalam menebalkan atau thickening mascara bisa Anda cermati dalam kemasannya agar Anda tidak salah pilih.

Namun tahukah Anda jika keunikan fungsi maskara bulu mata karena terbuat dari bahan bernama guanine atau sisik ikan. Selain ringan, saat kita menggunakannya maka akan membuat bulu mata terlihat lebih berkilau seperti sisik ikan.

Namun bahan jenis ini tak hanya untuk maskara namun juga untuk pembuatan berbagai jenis produk kosmetik lainnya. Salah satunya adalah cat kuku sehingga warna kuku akan terlihat lebih memancar.

Baca Juga: Manfaat Spoolie Brush Tak Hanya untuk Alis Namun juga Bibir dan Kuku

Melembapkan Bulu Mata

Maskara juga berguna untuk membuat bulu mata lebih lembap. Dengan fungsi maskara bulu mata seperti ini akan membuat mata terlihat lebih natural dan tidak kering. Bahkan bulu mata juga terlihat lebih menarik.

Untuk melembapkan bulu mata atau maskara jenis moisturizing mascara ini mengandung bahan yang berguna untuk menutrisi rambut mata. Hal ini berguna agar bulu mata terlihat lebih kuat dan lembap.

Selain untuk membuat rambut mata terlihat lentik dan natural, alat make up ini juga sangat istimewa. Bahkan orang Mesir kuno telah menggunakan alat kosmetik semacam ini sehingga terlihat cantik dan memesona.

Memanjangkan Bulu Mata

Fungsi maskara bulu mata lainnya adalah untuk memanjangkan atau lengthening mascara. Untuk kegunaan ini karena dalam maskara biasanya mengandung bahan plastic polymers.

Dengan mengoleskan maskara ini bahan akan menempel pada bulu mata sehingga ujungnya akan tampak jauh lebih panjang dan menarik. Alat sikat yang menyertai produk ini umumnya memiliki bulu yang berjarak.

Bersifat Anti Air

Untuk Anda yang memiliki mata yang mudah mengeluarkan keringat sebaiknya memilih jenis maskara yang anti air atau waterproof mascara. Fungsi maskara bulu mata ini karena mengandung bahan yang tahan air sehingga tidak mudah luntur.

Maskara waterproof cukup populer dan banyak wanita yang menyukainya karena daya tahannya yang bagus. Dengan maskara jenis ini akan membuat bulu mata yang lentik dan bisa bertahan untuk waktu yang lama.

Yang menarik, maskara ternyata merupakan produk kosmetik pertama yang bersifat anti air. Sejak produksinya secara masal pada tahun 1938, keunggulannya tahan air ini memicu munculnya banyak produk kosmetik yang juga anti air.

Itulah berbagai fungsi maskara bulu mata yang sangat penting untuk kesempurnaan make up. Tampil cantik alami dan sempurna tentunya merupakan dambaan setiap wanita. Sehingga peran maskara juga tak kalah penting dengan alat riasan lain. (R11/HR Online)

Editor: Jujang