Jumat, Mei 27, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Pinlock pada Helm, Mengatasi Timbulnya Embun Saat Hujan

Fungsi Pinlock pada Helm, Mengatasi Timbulnya Embun Saat Hujan

Fungsi pinlock pada helm ternyata belum banyak orang yang mengetahuinya. Padahal aksesoris yang satu ini memiliki fungsi yang cukup penting.

Setiap orang yang memiliki kendaraan sepeda motor pasti sudah memiliki helm sebagai pelengkap alat berkendara. Helm merupakan peralatan berkendara yang memiliki peranan penting.

Selain melindungi kepala, helm juga hadir untuk menambah rasa percaya diri saat berkendara. Perlengkapan berkendara yang satu ini juga memiliki banyak varian bentuk, model, ukuran, hingga fitur di dalamnya.

Baca Juga : Pengunci Jok Motor Macet, Berikan Cairan Pelumas Khusus

Salah satu yang sering anda dapatkan pada helm yaitu pinlock. Aksesoris ini mampu membantu pengendara lebih jelas pandangannya ketika menggunakannya.

Mungkin bagi orang yang kurang mengenal dunia otomotif, pinlock masih terdengar asing. Visior helm yang terkena udara dingin dan air hujan ini sering mengembun.

Hal ini cukup membahayakan pengendara. Oleh sebab itu, fungsi pinlock pada helm pun berperan penting. Aksesoris yang satu ini biasa terpasang pada bagian visornya.

Pelengkap aksesoris pada helm ini mampu mencegah munculnya embun yang terdapat dalam helm full face. Cara kerjanya yaitu membuat suatu ruang hampa udara dalam visor helm dengan merekatkan sebuah lapisan khusus.

Ketika helm full face anda kenakan ketika musim hujan atau udara lembab, sering muncul embun pada bagian visor helm. Hal inilah yang membuat pengendara merasa tidak nyaman.

Sebab, pandangan saat berkendara menjadi terganggu. Pinlock atau antifog akan berfungsi saat kondisi ini anda alami.

Fungsi Pinlock pada Helm

Pinlock pada helm mampu memberikan peranan yang cukup penting saat berkendara. Lapisan pinlock inilah yang sering disebut dengan antifog.

Mulanya hanyalah sebuah merk raleri, namun teknologi ini kemudian banyak terpakai secara masal. Sebelum mengenal apa sebenarnya fungsi pinlock pada helm, sebaiknya ketahui dulu definisinya.

Pinlock merupakan visor tambahan yang terbuat dari bahan dengan kemampuan untuk menyerap kelembaban udara. Cara kerja komponen ini hampir sama dengan spon yang mampu menyerap kelembaban secara efektif.

Komponen ini terpasang pada bagian visor helm. Bagian dalamnya terdapat lapisan butiran silika yang mampu menciptakan ruang kedap udara.

Ruangan tersebut terdapat pinlock dan visornya yang mampu melindungi perbedaan suhu dalam helm. Penggunaan komponen yang satu ini memang cukup efektif daripada lapisan anti embun.

Baca Juga : Box Motor Terbaik, Sesuaikan Kapasitas dengan Mesin Kendaraan

Jika lapisan anti embun mampu bekerja efektif ketika kondisi masih baru, namun seiring penggunaannya lapisan ini akan mudah terkikis dan hilang.

Sebenarnya fungsi pinlock pada helm bukanlah solusi yang paling sempurna. Sebab, komponen ini juga dapat membuat pandangan pengendara menjadi terganggu.

Apalagi jika pemasangan pinlock tidak sempurna. Justru dapat muncul gelembung udara yang terdapat pada visor dan lapisan pinlock.

Sebaiknya ketika anda ingin menggunakannya, lebih baik cari tahu bagaimana cara memasang pinlock yang tepat. Apalagi harga komponen ini hampir sama dengan harga helm baru.

Cara Memasang Pinlock

Setelah mengetahui fungsi pinlock pada helm, sebaiknya cari tahu juga bagaimana cara memasangnya yang tepat. Hal ini bertujuan agar komponen ini bisa berfungsi dengan baik.

Pemasangan komponen ini harus orang yang benar-benar ahli. Sebab, pemasangannya perlu melakukan pelubangan dan harus benar-benar simetris.

Jika tidak simetris sedikit saja, maka gelembung udara dapat masuk antara visor dan pinlock. Pinlock akan terpasang secara permanen jika pengeboran atau pelubangan salah, maka visior akan rusak dan perlu anda ganti.

Oleh karena itu, sebaiknya memasang pinlock anda lakukan pada tempat yang tepat dengan tenaga yang berpengalaman. Sehingga komponen ini bisa berfungsi dengan maksimal.

Ketika pinlock pada helm akan anda lakukan pelepasan, sebenarnya bisa-bisa saja. Namun, bongkar pasang komponen ini cukup rumit dan ribet. Sebaiknya lakukan pembongkaran pada tempat yang ahli juga. Hal ini bertujuan agar tidak merusak visor.

Perawatan komponen ini pun cukup mudah. Anda tinggal semprotkan cairan khusus dan biarkan sejenak. Biarkan kotoran dan debu ikut turun dengan cairan tersebut tanpa harus anda lap.

Anda bisa gunakan microfiber untuk membuat pinlock tetap kinclong dan anti baret. Sehingga fungsi pinlock pada helm anda bisa maksimal. (R10/HR-Online)

Baca Juga : CVT Motor Matic, Gejala Kerusakan dan Cara Merawatnya
- Advertisment -