Fungsi Sinkron pada HP, Bisa Amankan Akun dan Data

Fungsi Sinkron pada HP yang Bisa Amankan Akun dan Data
Ilustrasi. Fungsi Sinkron pada HP. Foto: Istimewa.

Fungsi sinkron pada HP memang memberikan dampak yang baik. Pasalnya, setiap smartphone masa kini pasti memiliki kelengkapan IOS. Kelengkapan tersebut membawa fitur sinkronisasi data yang tersimpan pada cloud.

Untuk iPhone, biasanya menggunakan aplikasi yang ada pada akun Apple. Sedangkan untuk Android biasanya memanfaatkan akun Google untuk melakukan sinkronisasi. Banyak sekali manfaat dari fungsi sinkron ini untuk kualitas HP.

Biasanya fitur ini tersedia otomatis pada HP. Nantinya HP akan secara otomatis melakukan sinkronisasi data melalui akun Google. Hal ini juga bekerja pada sinkronisasi aplikasi cloud dan sosmed.

Apalagi bagi seorang gamer yang membutuhkan backup level, sangat penting melakukan sinkron ini. Data akan tersimpan dengan aman setelah adanya proses sinkronisasi. Pasalnya, data akan auto save pada akun Google maupun Apple.

Fungsi Sinkron pada HP

Sinkronisasi adalah upaya yang sangat penting untuk mengantisipasi hilangnya data pada ponsel. Sehingga pengguna harus menyalakan sistem otomatis untuk melakukan sinkronisasi. Banyak sekali jenis sinkron, misalnya sinkronisasi detail kontak, dokumen, data aplikasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : HP Tidak Bisa Cek Pulsa, Simak Cara Mudahnya Berikut Ini!

Memperbarui Data Aplikasi

Fungsi yang paling menonjol dari adanya fitur sinkronisasi adalah bisa memperbarui data akun secara otomatis. Apalagi jika memilih mode yang otomatis, maka semua pemberitahuan akan masuk ke HP.

Meningkatkan Keamanan Akun

Mengaktifkan sinkronisasi pada HP, maka sewajarnya tingkat keamanan pada akun akan meningkat. Hal ini karena dengan melakukan sinkronisasi akun, bisa melacak sebuah akun lain yang login pada perangkat HP.

Akan ada notifikasi pada email jika telah melakukan login ke komputer atau perangkat lainnya. Dengan begitu, akun lebih aman dan bisa mengetahui siapa saja yang telah menggunakan akun tersebut.

Menyimpan Data Game Online

Bagi yang hobi bermain game online, pasti tidak asing lagi dengan sinkronisasi akun pada HP. Sebab salah satu fungsi sinkron pada HP adalah untuk menyimpan data pada game online. Tujuannya agar gamer bisa dengan mudah menemukan dan tidak kehilangan data tersebut.

Memulihkan Data pada HP Baru

Apabila ganti HP baru, maka tidak perlu bingung untuk memindahkan data. Jika telah melakukan sinkronisasi, maka seluruh data akan mudah kembali ke HP yang baru. Mulai dari game, kontak, aplikasi, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Rotasi Layar Tidak Berfungsi, Berikut Cara Mengatasinya!

Sinkronisasi bisa untuk membackup sehingga data yang ada pada HP lama akan aman. Bisa melakukan restore kapan saja dengan perangkat apapun. Selama perangkat tersebut masih terhubung dengan akun Google.

Melacak Keberadaan HP yang Hilang

Mungkin sebagian pengguna ponsel pernah mengalami kehilangan. Bisa juga HP yang tertinggal atau jatuh. Nah, dengan melakukan sinkronisasi akun, memudahkan orang untuk melacak HP tersebut.

Hal ini menggunakan bantuan dari aplikasi Android Device Manager. Mencari tahu keberadaan HP bisa dilakukan dengan mudah. Tentu saja dalam hal ini, ponsel dalam keadaan terhubung dengan internet.

Mendapatkan Tambahan Penyimpanan Gratis

Fungsi sinkron pada HP lainnya yaitu bisa mendapatkan tambahan penyimpanan gratis pada Google. Jumlahnya lumayan besar, yaitu sebesar 15GB. Jika selalu aktif memberi kontribusi pada aplikasi umum milik Google, maka penyimpanan akan terus bertambah.

Misalnya saja dengan memberi kontribusi pada Google Map. Maka setiap 10 kali memberikan kontribusi, akan mendapatkan hadiah 100 GB penyimpanan gratis.

Langkah Sinkronisasi

Sebelum melakukan sinkronisasi, ada baiknya untuk update aplikasi Gmail terlebih dahulu. Hal ini bisa memunculkan pesan terbaru yang ada pada Gmail. Setelah itu, perlu melakukan restart perangkat.

Jangan lupa untuk selalu memastikan koneksi internet. Setelah itu, jangan lupa untuk menonaktifkan mode pesawat pada HP. Agar bisa melakukan sinkronisasi dengan baik, pastikan ruang penyimpanan masih kosong.

Pengaturan Sinkronisasi Melalui Email

Setelah mengetahui fungsi sinkron pada HP, selanjutnya perlu mengetahui cara mengaktifkannya. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Membuka aplikasi Gmail, klik garis tiga yang ada pada icon layar.
  2. Silahkan pilih menu Setting atau Setelan.
  3. Kemudian pilih Email dan Sinkronisasi.
  4. Lalu cari Sync Gmail pada bagian Data Usage dan ceklis.

Sinkronisasi pada Perangkat

  1. Buka menu Pengaturan pada HP.
  2. Lalu pilih Accounts dan Sync.
  3. Aktifkan Auto-sync data pada akun Google yang sudah ada.

Itulah fungsi sinkron pada HP dan cara mengaktifkan sinkronisasi yang bisa untuk panduan. Jaga keamanan akun dan segala data pada HP anda. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Aplikasi Pengganti Tombol Power Untuk Semua Merk HP Tanpa Root