Fungsi Tulang Betis yang Sangat Penting Bagi Manusia Secara Lengkap

Fungsi Tulang Betis yang Sangat Penting Bagi Manusia Secara Lengkap
Ilustrasi. Fungsi Tulang Betis. Foto Istimewa

Fungsi tulang betis sangat penting agar anggota bagian bawah bisa bergerak dan juga berjalan. Nama lain dari tulang betis adalah fibula dan betis sendiri terletak pada bagian belakang bawah dari tungkai.

Tulang betis mempunyai bentuk yang memanjang serta nantinya hingga pada perbatasan pergelangan kaki. Pada tulang betis terdapat tonjolan yang memiliki sebutan yaitu lateral malleolus.

Fibula atau tulang betis memiliki ketebalan yang lebih tipis daripada tulang kering. Hal inilah yang membuat tulang kering sebagai tulang utama pada kaki, sementara fibula sebagai pendukung tulang kering.

Sementara letak tulang betis sendiri berada pada antara tulang tempurung lutut dan tulang pergelangan kaki. Memiliki struktur berupa tulang panjang yang tipis dan tertutupi otot serta lemak tidak sedikit.

Baca Juga: Bagian Otak dan Fungsinya yang Penting Bagi Tubuh Manusia

Fungsi Tulang Betis Bagi Manusia

Mengutip dari wikipedia, fibula merupakan tulang kaki pada sisi lateral tibia dan menjadi tulang paling ramping dari semua tulang panjang. Sebenarnya fungsi utama dari tulang ini adalah untuk menstabilkan kaki bagian bawah.

Walaupun terkenal tipis, tulang betis memiliki kepadatan yang baik. Sehingga tak heran jika sering menjadi sumber jaringan bagi orang yang ingin membutuhkan cangkok tulang.

Selain itu, tulang betis juga memiliki pergerakan yang lebih sedikit. Karena pergerakan tulang betis tergantung terhadap bagaimana pergerakan dari tulang kering.

Namun fungsi-fungsi lainnya tentu memiliki peran yang sangat penting bagi manusia. Fungsi tulang betis secara lebih lengkap dapat kita simak pada penjelasan berikut ini.

Menstabilkan Kaki Bagian Bawah

Seperti yang sudah tertera pada penjelasan sebelumnya, ini merupakan fungsi utama dari fibula. Tentu fungsi ini sangat penting untuk mengatur bagaimana gerak tubuh saat berjalan.

Selain itu, hal ini juga penting bagi anggota tubuh, terutama bagi kaki. Agar kaki yang menjadi anggota gerak bagian bawah bisa tetap stabil dan kuat kapanpun itu.

Sebagai Pelindung Kaki

Selain sebagai penstabil, tulang betis juga berperan sebagai pelindung utama bagian kaki. Ia akan melindungi seluruh bagian daripada kaki manusia.

Ketika kita mengalami benturan, tulang betis akan menjaga dan melindungi seluruh bagian kaki. Sehingga dapat kita lihat bahwa fungsi tulang betis benar-benar besar dan sangat penting.

Baca Juga: Fungsi Sistem Integumen pada Organ Tubuh Manusia Secara Lengkap

Menjaga Keseimbangan Tubuh

Fungsi selanjutnya adalah untuk menjaga keseimbangan yang tubuh miliki. Sehingga tubuh manusia akan tetap terjaga keseimbangannya, entah dalam keadaan diam ataupun ketika bergerak.

Selain itu, juga menjaga tubuh manusia agar tidak goyah, apalagi dalam keadaan sedang bergerak. Sehingga manusia berjalan dengan baik dan normal tanpa ada rasa ingin jatuh.

Pengatur Gerak Tubuh Saat Berjalan

Selain berperan dalam menjaga keseimbangan, tulang betis juga mengatur gerak tubuh manusia saat sedang berjalan. Perannya sangat penting sebagai tulang penggerak anggota bagian bawah.

Sementara anggota bagian bawah adalah kaki yang akan membantu manusia ketika berjalan atau lari. Berkat adanya fungsi tulang betis ini, manusia dapat bergerak sesuai apa yang mereka kehendaki.

Menopang Berat Badan

Tak hanya akan mengatur gerak tubuh, tulang betis juga bisa membantu manusia dalam menopang berat tubuh mereka. Fungsi kali ini merupakan jenis fungsi sekunder dari tulang itu sendiri.

Selain itu, tulang betis juga bisa memberikan kekuatan pada otot saat bergerak. Hal inilah yang membuat tulang betis memiliki kekuatan dalam menopang berat tubuh manusia.

Baca Juga: Jenis Sendi pada Manusia, Pengertian dan Fungsinya Secara Lengkap

Mendukung Tulang Kering

Fungsi selanjutnya dari tulang ini adalah untuk mendukung tulang kering. Tak heran jika tulang betis juga sangat erat keberadaannya dan saling berhubungan dengan tulang kering.

Yang mana perannya adalah akan membantu fungsi-fungsi tulang kering pada bagian kaki milik manusia. Dengan kata lain, fungsi tulang betis dengan tibia sangat berkaitan dan tidak bisa terpisahkan.

Mendukung Otot Kaki dan Lutut

Tulang betis juga berperan dalam mendukung otot bagian bawah pada manusia. Sehingga akan mendapat kekuatan ketika sedang berjalan, berlari, atau sekadar bergerak.

Selain itu, juga mendukung pergerakan pada bagian lutut. Tulang betis akan melekatkan bagian lutut, sehingga pergerakan lutut akan lebih seimbang dan mudah.

Fungsi tulang betis sendiri memang sangat beragam dan penting bagi manusia. Oleh karena itu, sangat wajib bagi kita untuk selalu menjaganya agar dapat berfungsi dengan normal. (R10/HR Online)

Editor: Jujang