Gagal Daftar BLT UMKM, Ini Solusi Sukses Dapat Bantuan Rp 2,4 Juta

Gagal Daftar BLT UMKM
Apa Penyebab Gagal Daftar BLT UMKM? Foto: Ist/Net

Gagal daftar BLT UMKM apa penyebabnya? Mungkin Anda melakukan kesalahan yang tidak Anda sadari pada saat melakukan pendaftaran. Ada juga beberapa ketentuan yang menyebabkan Anda tidak mendapatkan BLT Rp 2,4 juta ini.

Baca Juga: Cek Penerima BLT UMKM BRI, Cara Online via eform.bri.co.id

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi dan jangan sampai ada satupun yang terlewatkan. Karena ada satu saja yang tidak terpenuhi maka Anda dipastikan akan gagal dalam mengajukan BLT UMKM ini.

Penyebab Gagal Daftar BLT UMKM

Berikut adalah penyebab kenapa Anda tidak mendapatkan BLT UMKM:

Persyaratan Tidak Lengkap

Penyebab pertama dari gagalnya mendapatkan BLT UMKM adalah persyaratannya yang tidak lengkap. Hal ini juga terkadang terlewat oleh para pendaftar yang mengajukan bantuan Rp 2,4 juta.

Penting sekali untuk melengkapi semua persyaratannya sebelum diberikan kepada lembaga pengusul BLT UMKM. Adapun lembaga pengusulnya adalah koperasi yang sudah memiliki badan hukum, Bank dan juga Dinas Industri dan Perdagangan atau Dinas Koperasi, UMKM, dan Perdagangan.

Berikut adalah syarat lengkap pendaftaran BLT UMKM agar tidak gagal daftar BLT UMKM:

  1. Fotocopy KTP Elektronik.
  2. Foto usaha yang sedang Anda geluti.
  3. Formulir pendaftaran, isi dengan lengkap.
  4. Surat izin usaha mikro dan kecil.
  5. Surat pernyataan tidak memiliki hutang Bank
  6. Fotocopy rekening jika memiliki.

Jika semuanya telah lengkap maka langsung masukkan ke dalam sebuah map warnanya bebas. Kemudian Anda bisa serahkan persyaratannya ke instansi pengusul baik itu Disperindag atau Koperasi yang memiliki badan hukum.

Banyak pendaftar yang gagal Daftar BLT UMKM ini karena persyaratannya yang tidak lengkap. Maka dari itu penting sekali untuk melengkapi semua persyaratannya dan jangan sampai ada yang terlewatkan satu pun.

Adanya Perbedaan Data KTP dan KK

Alasan lainnya gagal mendapat BLT UMKM adalah perbedaan data dari KTP Elektronik dan Kartu Keluarga yang Anda miliki. Terkadang para pendaftar lupa akan update KK dan juga KTP elektronik.

Ada beberapa kasus mengenai perbedaan data yang terjadi pada saat melakukan pendaftaran BLT UMKM ini. Jadi pastikan Anda cek terlebih dahulu KTP elektronik dan pastikan juga semua datanya sama.

Baca Juga: Pendaftaran BLT UMKM Offline ke Dinas Koperasi, Ini Persyaratannya

Ada juga perbedaan dari status, pekerjaan dan lainnya yang berbeda dari KTP dan juga KK. Untuk memperbaikinya Anda harus datang Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Tidak Memiliki Usaha Mikro dan Kecil

Hal  ini juga menjadi salah satu penyebab gagal daftar BLT UMKM yang pemerintah berikan. Memang pada saat pendaftaran bisa saja fiktif, namun pihak Bank juga nantinya akan menelusuri hal tersebut.

Karena membludaknya jumlah pendaftaran BLT UMKM ini jelas akan membuat orang yang berhak tidak menerima bantuan ini. Maka dari itu bank sebagai penyalur akan lebih selektif lagi.

Memiliki Pekerjaan yang Tidak Sesuai Ketentuan

Penyebab selanjutnya dari gagal daftar BLT UMKM ini adalah Anda pendaftar memiliki pekerjaan yang tidak sesuai ketentuan. Ada beberapa status pekerjaan yang sudah dipastikan tidak boleh mendapatkan BLT UMKM ini.

Status pekerjaan yang tidak boleh mendapatkan BLT 2,4 juta:

  1. Aparatur Sipil Negara( ASN).
  2. Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI).
  3. Tergabung dalam kesatuan kepolisian.
  4. Anggota atau ketua DPR dan DPRD.
  5. Bekerja sebagai pegawai BUMN dan atau BUMD.

Jika salah satu pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan Anda, maka sudah pasti Anda akan gagal daftar BLT UMKM ini. Maka dari itu perhatikan juga hal ini sebelum melakukan pengajuan bantuan presiden ini.

Masih Terdaftar Sebagai Siswa/Mahasiswa

Sebenarnya memang banyak para pelaku usaha mikro dan kecil dari kalangan mahasiswa untuk melanjutkan pendidikannya. Namun siswa atau mahasiswa tidak bisa mendapatkan BLT UMKM ini.

Jika Anda masih terdaftar sebagai siswa atau Mahasiswa maka hampir pasti akan gagal daftar BLT UMKM. Untuk melakukan pengecekkan terdaftar atau tidaknyaAnda ke instansi kampus atau universitas bisa cek website Forlap Dikti.

Jadi solusi untuk mendaftar BLT UMKM tahap keua, Anda bisa lakukan berbagai perbaikan agar bisa mendapatkan BLT sebesar Rp 2,4 juta ini.

Penyebab gagal daftar BLT UMKM banyak terjadi pada beberapa orang yang mendaftar. Maka dari itu lihat terlebih dahulu syarat dan ketentuannya agar pendaftaran tahap kedua ini tidak gagal lagi. (R7/HR-Online)

Editor: Ndu