Galura Citanduy Batu Bangkong, Tempat Wisata Baru di Tasikmalaya

Galura Citanduy Batu Bangkong menjadi tempat wisata baru bagi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Foto: Apip Wilianto/HR.
Galura Citanduy Batu Bangkong menjadi tempat wisata baru bagi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Foto: Apip Wilianto/HR.

Berita Tasikmalaya (harapanrakyat.com),- Galura Citanduy Batu Bangkong menjadi tempat wisata baru bagi Kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasi wisata Batu Bangkong ini tepatnya berada di Kampung Sirnagalih, Kecamatan Indihiang.

Warga kampung tersebut menyulap lahan semak belukar seluas 3 hektare yang berada pinggir Sungai Citanduy, menjadi tempat wisata baru bernama Galura Citanduy Batu Bangkong.

Suasana tempat wisata ini sangat asri dan nyaman untuk bersantai. Apalagi jika sore hari selalu ramai, terutama anak-anak yang berenang di sungai.

Penataan obyek wisata ini masih dalam tahap penyempuraan. Rencananya akan ada tempat berenang yang aman bagi anak-anak.

Baca Juga : New Normal, Tempat Wisata di Ciamis Siap Menerima Wisatawan

Kemudian, saung-saung untuk pengunjung, serta tempat berjualan masyarakat setempat. Selain itu, akan tersedia pula spot-spot khusus untuk foto.

Lebih dari satu bulan masyarakat sekitar menyulap lahan belukar seluas 3 hektare itu menjadi tempat rekreasi yang indah pinggir Sungai Citanduy.

Sidiq Amruloh, penggagas objek wisata Galura Citanduy Batu Bangkong, menuturkan,  awalnya saat pandemi melanda, ia melihat banyak anak yang berenang di sungai.

“Saat melihat-lihat ternyata ada beberapa tempat yang berpotensi untuk spot wisata. Kemudian saya mengajak masyarakat untuk bahu-membahu membersihkan wilayah sekitar,” kata Sidiq, kepada HR Online, Kamis (15/10/2020).

Sidiq berharap, dengan adanya obyek wisata baru ini perekonomian masyarakat setempat dapat terdongkrak. Penataan tempat wisata Batu Bangkong ini murni hasil dari swadaya masyarakat sekitar. (Apip/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah