Gubernur Jabar: Kampus 2 Polman Sokong Masa Depan Segitiga Rebana

Kampus 2 Polman
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil beraudiensi dengan jajaran Politeknik Manufaktur Bandung di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (21/10/20). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan pembangunan kampus 2 Polman (Politeknik Manufaktur) Bandung di Kecamatan Harjamukti, Cirebon, bisa meningkatkan SDM. Kampus Polman ini akan menyokong masa depan Segitiga Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka).

Berbagai fasilitas infrastruktur mendukung keberadaan kampus Polman Bandung ini, mulai dari Pelabuhan Internasional Patimban, Subang. Juga Bandara Internasional Kertajati, Majalengka.

“Hadirnya kampus Polman ini bisa meningkatkan kemajuan kualitas SDM wilayah Cirebon. Sehingga masa depan Jabar ada pada wilayah Segitga Rebana,” ungkap Ridwan Kamil saat audiensi dengan Polman Bandung di Gedung Pakuan, Bandung, Rabu (21/10/2020).

Meski demikian, Ridwan Kamil berpesan Kota Cirebon pun perlu memiliki tiga hal dalam menyokong kampus 2 Polman Bandung. Yakni penguatan teknologi manufaktur 4.0 dengan bantuan tekonologi baru.

Kedua, adanya jurusan manufaktur maritim dalam mendukung kualitas SDM yang nanti proyeksinya jadi pekerja pada Pelabuhan Patimban. Hadirnya Polman harus jadi solusi agar tidak ada pengangguran ketika banyak pabrik.

Ketiga, Kota Cirebon perlu mengoptimalkan sektor ekonomi kreatif. Khususnya kriya yang bisa menjadi dya tarik dan menjadi pelengkap keberadaan kampus 2 Polman Bandung.

“Konveksi manufaktur ini tujuannya untuk memaksimalkan kekuatan ekonomi kreatif kriya. Dengan dukungan teknologi baru, jangan sampai dalam pengerjaannya masih cara manual,” jelas Ridwan Kamil.

Direktur Polman Bandung, Dede Buchori Muslim menuturkan,pihaknya akan adopsi konsep kampus hijau dan berteknologi dalam pembangunan  kampus Polman Bandung di Kota Cirebon. Dual pole concept yakni blue pole dan green pole guna mendukung ekosistem teknologi manufaktur 4.0.

Kampus Polman Cirebon juga siap menghadirkan tiga bidang keilmuan yakni sosial dan budaya, ekonomi serta teknologi. Dari survei masyarakat Cirebon juga ingan adanya pendidikan tinggi politeknik dengan program studi teknik jenjang D3/D4.

“Hadirnya kampus 2 Polman dapat membantu peningkatan SDM Jabar khususnya untuk wilayah Cirebon,” pungkasnya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang