Hasil Tangkapan Melimpah, Harga Udang Dogol di Pangandaran Turun

Hasil Tangkapan Melimpah Harga Udang Dogol di Pangandaran Turun
Nelayan sedang melelang hasil tangkapan udang dogol di TPI Minasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat. Foto : Entang/HR

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Hasil tangkapan nelayan Pangandaran terutama udang dogol mengalami peningkatan. Bahkan, sekali melaut, tangkapan nelayan bisa melimpah.

Karena melimpahnya tangkapan para nelayan, membuat Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Minasari, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, selalu ramai oleh para nelayan yang menjual hasil tangkapannya.

“TPI ini didominasi oleh pelelangan jenis udang dari tangkapan para nelayan yang akan mereka jual,” ucap Ujang Kekey, pegawai TPI Minasari kepada HR Online, Rabu (14/10/2020).

Ujang menuturkan, hasil tangkapan para nelayan Pangandaran yang sedang banyak-banyaknya dalah jenis udang dogol.

“Bahkan udang dogol yang masuk ke TPI per malam saja totalnya bisa mencapai satu ton lebih,” tuturnya.

Menurutnya, meski udang dogol yang masuk ke TPI Minasari melimpah, namun nelayan tidak khawatir karena tetap terjual habis.

Namun, karena tangkapan udang dogol yang melimpah, membuat harganya pun mengalami penurunan. Ujang mengungkapkan, harga udang dogol saat ini per kilogramnya kisaran Rp 55 ribu sampai 50 ribu.

Rastin, nelayan asal Cilacap yang menjual tangkapannya ke TPI Minasari, membenarkan harga udang dogol sedang murah-murahnya.

Menurutnya, hal tersebut seiring hasil tangkapan jenis udang dogol oleh para nelayan sedang banyak-banyaknya.

“Serta, udang tersebut saat ini di laut sedang keluar alias tidak sulit mencarinya,” ucapnya kepada HR Online.

Meski udang dogol sedang melimpah, namun para nelayan berharap harganya kembali naik.

“Jika hasil tangkapan melimpah danharga naik, tentu akan menambah semangat para nelayan,” pungkasnya. (Entang/R5/HR-Online)

Editor : Adi Karyanto