Herbal untuk Asam Urat, Alternatif Pengobatan Alami yang Efektif

herbal untuk asam urat
Daftar herbal untuk asam urat yang efektif. Foto : Ist/Net

Herbal untuk asam urat bisa menjadi alternatif pengobatan alami yang efektif. Dengan mengonsumsi tanaman berkhasiat obat ini bisa menyembuhkan penyakit asam urat dan agar lebih terkontrol serta tak akan kambuh lagi.

Penyakit asam urat terjadi karena penumpukan zat purin yang berlebihan. Asam urat itu sendiri, mengutip Wikipedia, merupakan hasil olahan ginjal terhadap purin. Purin terdapat dalam tanaman dan daging hewan yang kita konsumsi.

Fungsi ginjal tak akan mampu bekerja optimal untuk mengeluarkan asam urat jika kadarnya mencapai jumlah yang berlebihan. Akibatnya, asam urat akan menumpuk terutama pada bagian persendian yang menyebabkan nyeri sendi, meradang dan bengkak.

Saat ini ada banyak orang yang menjual herbal untuk asam urat dalam kemasan yang praktis. Mengonsumsi tanaman yang berkhasiat obat bisa menjadi alternatif mengatasi penyakit ini sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter.

Jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat, penumpukan asam urat ini bisa menyebabkan banyak gangguan pada tubuh. Selain nyeri pada persendian, kondisi ini juga akan memicu berbagai penyakit lainnya.

Herbal untuk Asam Urat yang Terbaik dan Efektif

Penderita asam urat umumnya akan merasakan nyeri sendi yang sangat dalam periode tertentu. Penyakit yang kumat-kumatan ini terasa sangat menyiksa. Nah, berikut ini beberapa pilihan obat herbal untuk asam urat yang terbaik dan efektif.

Daun Bidara dan Temulawak

Tanaman bidara termasuk salah satu jenis herbal yang cukup populer bagi masyarakat. Dalam daun bidara terkandung banyak fitokimia penting, seperti flavonoid, alkane, aldehid, keton, kalsium, kalium, dan natrium yang baik untuk asam urat.

Untuk membuat ramuannya siapkan saja 10 gram daun bidara, 9 gram komfrey, 10 gram temulawak, 1 gram buah lada, dan 5 gelas air. Cuci semuanya lalu rebus hingga matang. Saring dan minum tiga kali sehari.

Cengkeh dan Jahe

Alternatif obat herbal untuk asam urat yang juga efektif adalah cengkeh dan jahe. Cengkeh mengandung zat yang penting untuk mengatasi rematik dan asam urat. Sedangkan jahe kaya fitokimia penting untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Untuk menggunakan kedua herbal ini tinggal siapkan 10 gram cengkeh dan 2 buah jahe seukuran ibu jari. Geprek keduanya lalu rebus dengan segelas air hingga matang. Setelah hangat oleskan pada tubuh yang sakit beberapa kali sehari.

Untuk meredakan asam urat, Anda juga bisa membuat ramuan jahe saja yang Anda rebus dengan segelas air hingga matang. Setelah hangat lalu saring dan tambahkan madu untuk Anda minum secara berkala.

Kumis Kucing dan Meniran

Kedua tanaman ini juga terkenal karena berkhasiat obat untuk berbagai penyakit. Herbal untuk asam urat ini karena kandungan fitokimia maupun sifat diuretiknya yang baik untuk meredakan penyakit menyiksa ini.

Kumis kucing sendiri selama ini populer karena pemanfaatannya untuk mengatasi gangguan kencing batu. Dengan mekanisme yang mirip, tanaman obat ini akan mengeluarkan kristal asam urat bersama air kencing.

Untuk membuatnya siapkan saja daun kumis kucing basah sebanyak 20 gram, daun meniran (20 gram), daun sawi (20 gram), kapulaga kering (10 gram), dan jahe merah (30 gram).

Setelah itu cuci semua bahan lalu geprek jahe merahnya. Rebus semua bahan dengan seliter air hingga air tersisa setengahnya. Setelah hangat lalu saring dan minum tiga kali sehari agar hasilnya efektif.

Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis untuk kesehatan sudah cukup terkenal. Jika buahnya memiliki rasa yang enak, kulitnya juga tak kalah khasiatnya untuk mengatasi penyakit. Kulit manggis juga merupakan herbal untuk asam urat yang efektif.

Saat ini banyak orang yang menjual herbal ini dalam bentuk kapsul yang mudah kita konsumsi. Namun Anda juga bisa membuatnya sendiri, karena mudah dan bahannya juga murah dan mudah Anda dapatkan.

Siapkan saja kulit buah manggis lalu potong dalam bentuk irisan yang agak tipis. Jemur hingga kering betul dan cuci bersih. Masukkan ke dalam gelas dan seduh dengan air panas atau bisa Anda rebus.

Setelah matang atau airnya berubah warnanya lalu saring. Tambahkan sedikit madu agar rasanya lebih enak dan minum secara teratur setiap hari sekali agar hasilnya segera terasa.

Kayu Manis dan Kapulaga

Bumbu masak yang satu ini juga terkenal sebagai herbal untuk asam urat yang efektif. Tanaman obat ini juga mengandung zat kimia alami yang berkhasiat.

Untuk membuat ramuannya siapkan saja kayu manis, kapulaga, lada, biji pala, cengkeh, dan jahe merah. Cuci semua bahan lalu rebus dengan tiga gelas air sampai tersisa setengahnya. Saring dan minum selagi hangat secara teratur.

Bangle dan Lada

Tanaman bangle cukup populer bagi masyarakat Indonesia khususnya untuk urusan yang berkaitan dengan hal mistis. Namun kandungannya juga berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk asam urat.

Untuk membuat ramuan herbal untuk asam urat ini Anda siapkan saja bangle bersama lada, biji pala, cengeh, kapulaga, kayu manis, dan jahe. Cuci semua bahan lalu rebus dengan tiga gelas air.

Setelah matang biarkan airnya menyusut hingga tinggal setengahnya. Biarkan hangat lalu saring dan minum airnya. Lakukan tiga kali sehari agar gangguan asam urat menjadi reda dan sembuh.

Daun Salam

Siapa tak kenal dengan bahan bumbu dapur ini. Selain bisa menambah lezat masakan, daun salam juga kaya dengan tannin, flavonoid, dan minyak atsiri yang berkhasiat untuk menurunkan kadar asam urat.

Untuk membuatnya siapkan saja 17 lembar daun salam kering. Cuci lalu rebus dengan 3 gelas air hingga airnya tersisa segelas. Setelah hangat lalu saring dan minum airnya sebelum tidur.

Buah Jeruk dan Lemon

Selain itu, sejumlah jenis buah juga baik untuk meredakan gangguan asam urat. Seperti buah jeruk dan lemon yang terkenal dengan kandungan antioksidan dan vitamin C yang tinggi. Nutrisi ini berguna untuk melarutkan kristal asam urat.

Anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk segar atau membuat jus yang lezat. Buah ini juga baik melengkapi pengobatan herbal lainnya. Namun dalam mengonsumsi buah ini sebaiknya jangan berlebihan agar tidak menimbulkan efek lain, seperti diare.

Buah Berry

Buah-buahan yang juga baik sebagai herbal untuk asam urat adalah jenis berry-berryan. Seperti blackberry, blueberry, cranberry, dan anggur. Buah ini mengandung vitamin C, A, dan B dan berbagai zat penting untuk asam urat.

Buah blackberry dan blueberry kaya dengan zat anthocyanosides yang tinggi antikoksidan. Anggur juga mengandung glukosa dan fruktosa alami. Sedangkan cranberry kaya dengan kandungan antioksidan, cyanidin, polyphenol, peonidin, dan quercentin.

Yoghurt

Ada juga makanan yang baik untuk asam urat, yaitu yoghurt. Kandungan probiotik-nya efektif untuk menurunkan kadar asam urat. Anda bisa minum dua kali sehari untuk mendukung pengobatan dengan herbal untuk asam urat lainnya.

Sayuran untuk Asam Urat

Untuk mengatasi asam urat lainnya adalah dengan memanfaatkan berbagai jenis sayuran. Selain kaya dengan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh, sayuran ini juga kaya vitamin dan mineral yang bisa menurunkan kadar asam urat.

Sayuran untuk asam urat yang baik antara lain labu kuning, sawi putih, sawi hijau, serai, tomat, dan belimbing wuluh. Konsumsi sayuran ini sebagai masakan yang berguna untuk membantu meredakan penyakit asam urat.

Cara Mencegah Penyakit Asam Urat Kambuh

Selain melakukan pengobatan dengan menggunakan berbagai jenis herbal untuk asam urat, Anda juga perlu mengubah gaya hidup yang lebih sehat. Ini penting agar asam urat tidak mudah kambuh dan datang lagi.

Berikut ini beberapa alternatif cara mencegah penyakit asam urat kambuh. Langkah ini juga penting agar pengobatan alami yang Anda lakukan memberikan hasil yang lebih efektif.

Minum Air Putih yang Cukup

Tubuh membutuhkan cairan yang cukup untuk mengoptimalkan fungsi dan sistem kerjanya. Cairan juga penting untuk mengoptimalkan sistem imunitas tubuh. Karena itu penting minum air putih yang cukup untuk mengatasi asam urat.

Dengan asupan cairan yang cukup akan mendukung proses detoksifikasi. Selain untuk menghalau racun dari dalam tubuh, ini juga bisa untuk meluruhkan dan mengatasi kadar asam urat berlebih.

Hindari Makanan Pantangan

Untuk mendukung pengobatan dengan herbal untuk asam urat, Anda juga perlu menjauhi berbagai makanan pantangan. Mengonsumsi makanan semacam ini justru akan membuat kondisi penyakit Anda semakin parah.

Beberapa jenis makanan pantangan yang harus Anda hindari antara lain daging hewan dan olahannya, jeroan (usus, hati, atau babat), seafood (udang, cumi, atau kerang), telur, serta buah durian dan nanas.

Hindari juga makanan kacang-kacangan, keju, es krim, kaldu, mentega, gorengan, dan makanan manis. Beberapa jenis sayuran juga terlarang untuk asam urat seperti bayam, kangkung, buncis, kol, asparagus, daun pepaya, daun singkong, dan jamur kuping.

Itulah berbagai jenis obat herbal untuk asam urat yang bisa Anda pilih. Lakukan pengobatan secara rutin namun dengan mengubah gaya hidup dan menjauhi berbagai makanan yang menjadi pantangannya. (R11/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara