Hidrolik Pintu Mobil, Cara Perawatan dan Ciri-Ciri Kerusakannya

Hidrolik Pintu Mobil, Cara Perawatan dan Ciri-Ciri Kerusakannya
Hidrolik pintu mobil. Foto ist/net

Hidrolik pintu mobil perlu anda berikan perawatan seperti komponen lainnya. Saat ini pintu bagasi mobil kebanyakan terbuka dengan cara tarikan ke atas.

Proses pembukaan pintu tersebut telah memiliki kelengkapan dengan pegas hidrolik. Adanya komponen ini bertujuan agar memudahkan pemilik kendaraan saat membukanya.

Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih hanya untuk membuka bagasi mobil. Perawatan setiap komponen kendaraan begitu penting, termasuk hidrolik pada pintu mobil.

Apalagi kemajuan teknologi semakin mempermudah seseorang dalam membukanya. Hanya dengan sekali pencet saja, pintu bagasi akan terbuka dengan sendirinya.

Oleh karena itu, rawat dengan baik dan teratur agar komponen kendaraan bisa berfungsi sebagaimana mestinya. Bagasi mobil berfungsi cukup penting guna membawa barang bawaan ketika berkendara.

Apalagi jika sedang traveling atau pergi jauh, bagasi mobil pastinya akan penuh dengan barang-barang. Perawatan hidrolik pintu mobil cukup mudah.

Baca juga: Kaca Depan Mobil Seret, Rawat dan Bersihkan Karet Relnya

Hal ini bertujuan agar komponen ini tetap awet dan tahan lama. Keawetan hidrolik pada mobil memang tergantung dari pemakaiannya.

Bagasi mobil yang sudah memiliki kelengkapan seperti ini, maka harus lebih hati-hati ketika membuka dan menutupnya. Berikan perawatan yang tepat agar hidrolik pada pintu bisa bertahan lama.

Tips Merawat Hidrolik Pintu Mobil

Pegas hidrolik yang ada pada pintu memiliki fungsi yang cukup penting. Saat membukanya, pegas tersebut bekerja untuk menahan pintu bagasi agar tidak turun.

Keawetan komponen ini tergantung dari pemakaiannya itu sendiri. Keawetan komponen ini pun tergantung dari pemakaiannya.

Jika pintu sering terbuka dan tertutup, tentunya kinerja sobreker akan semakin menurun. Apalagi jika cara buka tutup komponen ini terlalu kasar, pasti akan berpengaruh pada kinerjanya.

Bagi anda yang memiliki mobil dengan fitur pintu bagasi seperti ini, sebaiknya lebih hati-hati dalam menggunakannya. Berikut ini ada beberapa tips merawat komponen pintu bagasi mobil agar tetap awet dan tahan lama.

Sebenarnya merawat pegas hidrolik cukup mudah, sebab berhubungan dengan cara membuka dan menutupnya. Anda bisa gunakan tips merawat pegas hidrolik agar lebih awet dan berfungsi dengan baik.

Perhatikan Cara Buka dan Tutupnya

Merawat pegas hidrolik pintu mobil yang pertama bisa anda mulai dari cara membuka daan menutupnya. Sebaiknya buka dan tutup pintu bagasi mobil dengan perlahan.

Baca juga: Manfaat Mencuci Mobil Sendiri Dibanding Menggunakan Jasa Cuci

Jangan sampai anda melakukannya secara kasar yang bisa membuat komponen ini justru menjadi rusak. Lakukan dengan perlahan dan jangan terlalu kuat seperti orang yang membanting pintu.

Bersihkan Poros Shock Hidrolik

Langkah kedua untuk merawat komponen yang satu ini yaitu dengan cara membersihkan bagian shocknya. Biasanya komponen kendaraan ini memang tidak bisa terlepas dari yang namanya debu dan kotor.

Oleh sebab itu, sebaiknya anda bersihkan agar kotoran dan debu tidak lagi menempel. Anda bisa gunakan lap kering dan teksturnya lembut.

Jika tidak, anda bisa menggunakan chamois untuk membersihkannya. Hindari penggunaan lap atau kain bertekstur kasar agar tidak menimbulkan baret.

Jika terjadi baret pada komponen ini, justru dapat berakibat kebocoran oli. Bahkan dapat mengganggu kinerja poros shock hidrolik itu sendiri.

Jika komponen ini mengalami kerusakan, mau tidak mau anda harus menggantinya. Padahal membeli komponen ini tidaklah murah.

Sebaiknya berikan perawatan secara rutin pada setiap komponen mobil, termasuk hidrolik pintu. Hal ini bertujuan agar semua komponen bisa bekerja semaksimal mungkin.

Ciri-Ciri Hidrolik Pegas Mobil Rusak

Pegas hidrolik memiliki fungsi yang cukup penting. Perawatan yang mudah pun perlu anda lakukan. Hal ini bertujuan agar pintu bagasi mobil bisa terbuka dan tertutup dengan sempurna.

Namun, komponen ini juga bisa mengalami kerusakan. Kerusakan yang terjadi timbul akibat pemakaiannya kurang hati-hati. Ketika pegas hidrolik sudah mulai melemah, kinerjanya pun berkurang.

Baca juga: Penyebab Klakson Mobil Bunyi Terus, Segera Cabut Sekringnya

Saat pintu anda buka ke atas, dorongannya pun sudah tidak lagi ada. Begitu juga ketika pintu terbuka penuh. Jika tidak ditopang oleh tangan, pintu bisa turun dengan sendirinya.

Dengan demikian, pastinya tangan anda perlu menahan pintu agar bagasi tetap terbuka. Sehingga untuk membuka pintu bagasi mobil akan kerepotan.

Hidrolik pintu mobil menjadi salah satu fitur terbaru yang ada pada merk kendaraan saat ini. Berikan perawatan yang tepat dan rutin agar komponen ini bisa bekerja secara maksimal. (R10/HR-Online)

Editor: Deni Supendi