Honda MSX Grom 125 Resmi Rilis dengan Berbagai Perubahan Terbaru

Honda MSX Grom 125 Resmi Rilis dengan Berbagai Perubahan Terbaru
Ilustrasi. Honda MSX Grom 125. Foto : Istimewa

Honda MSX Grom 125 telah rilis dengan menerima perubahan desain besar, mesin baru, hingga rangka yang juga baru. Faktanya, ini adalah pertama kalinya Honda Grom menerima pembaruan besar sejak debut resmi pada tahun 2013.

Thailand merupakan tempat acara perilisan secara online pada tanggal 21 Oktober 2020 kemarin. Selain itu, Honda juga mengkonfirmasi bahwa pemasaran motor ini untuk pasar Eropa.

Produk yang benar-benar global pada seluruh dunia, MSX 125 telah menjadi hits. Pada musim penjualan pertamanya untuk wilayah Eropa, MSX 125 bergabung dengan CBF125 dalam jajaran 5 besar sepeda motor 125cc terlaris.

Selama beberapa tahun terakhir, ia telah memantapkan sebagai favorit perusahaan. Entah untuk transportasi perkotaan sederhana atau sebagai pernyataan gaya yang sesuai dengan targetnya.

Honda MSX Grom 125

Mengenai desain, Honda menampilkan desain yang serba baru dan terlihat lebih keren. Semuanya mulai dari penutup depan hingga tangki dan bagian belakang telah mendapat pembaruan.

Selain itu, motor ini kini hadir dengan fitur update full LED headlamp, LCD display, dan ban tubeless 12 inci. Hal ini membuat tampilan Grom menjadi lebih agresif dan sporty.

Dasbor LCD yang baru, sekarang juga menyertakan indikator penghitung putaran dan posisi gigi. Memiliki ciri tersendiri yang memadukan lampu depan LED ramping dengan subframe, panel samping, dan penutup tangki retro.

Baca Juga : SYM VF3i 185 Pro V3 2020, Motor Bebek Terkencang di Kelasnya

Semua bodywork terpasang dengan enam baut pada setiap sisi Honda MSX Grom 125. Detail yang tersorot oleh baut besar pada sekelilingnya sebagai keunikan tersendiri.

Sasis dan Suspensi

Pada MSX Grom 125, sasisnya tidak mengalami perubahan dan prioritas asli desain tetap relevan. Rangka baja tunggal memastikan kekuatan inti dari motor ini.

Tabungnya yang kaku dan berpenampang persegi menyambungkan headstock langsung ke pelat pivot swingarm. Setiap bagian lainnya terlihat menggantung dari rangka, memberikan kontribusi besar pada tampilan minimalis.

Penyimpanan yang efisien untuk komponen terkait PGM-FI, kelistrikan, serta kapasitas bahan bakar meningkat menjadi 6 liter. Jarak sumbu roda mengikuti setelan dari generasi sebelumnya, yaitu 47, 2 inci dengan berat yang berkurang menjadi 103kg.

Sementara bagian suspensi depan dan belakang pada Honda MSX Grom 125 memberikan kualitas kelas atas. Berkat area bantalan tekanan piston yang lebih besar, menawarkan rasa redaman lebih baik pada seluruh langkah.

Sedangkan shock belakang tunggal yang ringan dan kuat mengoperasikan swingarm berpenampang kotak baja 50mm x 25mm. Dengan ban depan 120/70-12 dan 130/70-12, telah memberikan tampilan dan performa yang dinamis.

Hidrolik depan piston ganda lapis emas dan kaliper rem belakang piston tunggal bekerja dengan cakram 220mm depan dan belakang 190mm. Sistem ABS beroperasi melalui IMU dan menjadi standar pada MSX Grom 125.

Mesin MSX Grom 125

Honda MSX Grom 125 memiliki mesin baru pendingin udara 125cc dua katup. Tenaga puncak mencapai 7.250 rpm dengan torsi puncak 7.7 lb/ft pada 5.500 rpm.

Sama seperti desain pendahulunya, mesin motor ini mengemas perpaduan sempurna soal kinerja rollon yang gesit dan kemampuan serba guna. Salah satu peningkatan utama yaitu penerapan gearbox 5 kecepatan demi menyebarkan rasio semakin jauh.

Honda mengklaim bahwa kecepatan tertinggi pada motor ini telah meningkat menjadi 58,4 MPH. Pengoperasian kopling manual masih menawarkan pengalaman sepeda motor berukuran penuh.

Sedangkan pada sproket kotak roda gigi 15T dan sproket penggerak akhir 38T, menawarkan respon jelajah kota yang lebih hidup. Kemampuan untuk gerak perlahan dengan roda gigi tinggi membuat pengendara mudah melalui jalan yang sempit.

Honda MSX Grom 125 juga ekonomis, mengembalikan 155 MPG dengan menggunakan teknologi gesekan rendah seperti silinder offset. PGM-FI yang ada sangat canggih sehingga menjamin pembakaran yang efisien

Sementara bagian Airbox 2.5L besar dan jenis panel, menyediakan aliran udara yang andal dan tenang. Filter itu sendiri bisa mencapai 10.000 mil. Knalpot downpipe dan knalpot pada motor terbaru ini telah menjadi dua bagian terpisah.

MSX Grom 125 sekarang telah terhomologasi EURO5 yang jauh lebih ketat daripada dengan EURO4. Tentu perubahan ini akan membuat motor menjadi lebih irit bahan bakar.

Honda MSX Grom 125 akan tersedia dalam beberapa pilihan warna seperti Force Silver Metallic, Matte Gunpowder Black Metallic, dan Gayety Red. Harga versi standar sekitar THB 69.900 atau setara dengan Rp32,7 jutaan dan versi ABS sebesar THB 77.400 atau Rp36,2 jutaan. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Kawasaki Versys 1000 S Meluncur dengan Berbagai Fitur Canggih