HP Samsung Galaxy A3 Core, Berikut Ini Spesifikasi dan Harganya

HP Samsung Galaxy A3 Core
HP Samsung Galaxy A3 Core, Foto: Ist/net

Kabar meluncurnya HP Samsung Galaxy A3 Core ke pasaran, tentu langsung menyita para penggemar ponsel. Sepertinya Samsung memang sedang gencar-gencarnya merilis ponsel ringan mereka.

Bukan ringan dalam artian tipis bagi tangan kita, namun ringan yang Samsung tawarkan ini adalah ponsel dengan spesifikasi kriteria menengah ke bawah. Yang mana perusahaan gunakan untuk kegiatan ponsel ringan.

Spesifikasi HP Samsung Galaxy A3 Core

Pada hakikatnya, nampaknya Samsung ingin kembali mengembalikan fungsi utama ponsel, yakni untuk telepon dan berkirim pesan saja.

Baca juga: HP Samsung dengan Always On Display Bawa Fungsi Penting

Lalu kenapa para pencinta ponsel perlu mengoleksi ponsel yang satu ini? Berikut ulasan lengkap seputar Samsung Galaxy A3 Core khusus untuk anda.

Desain

Mengusung layar seluas 5,3 inci, seri Galaxy A3 Core ini hadir dengan desain yang cukup simpel. Meski terkesan sederhana, tentunya ketika melihat ponsel ini, sudah pasti kita masih bisa merasakan kesan mewah yang biasa Samsung perlihatkan.

Dari segi dimensi, ponsel ini terbilang sangat ringan dengan luasnya yang sebesar 14,1 x 6,7 cm. Hal tersebut terbukti dari berat Samsung Galaxy A3 Core ini hanya sebesar 150 gram saja.

Kesan nyaman ketika kita genggam, juga sangat terasa saat pertama kali memegang ponsel ini. Bahan body polycarbonate yang sengaja Samsung gunakan untuk ponsel ini sungguh terasa lembut dan halus ketika kita sentuh.

Untuk pilihan warnanya, Samsung menawarkan 3 warna dasar, hitam, biru, dan merah sebagai pilihan. Tentu saja bisa kita sesuaikan dengan gaya favorit penggunanya.

Kualitas Layar

Bergeser ke kualitas layarnya, HP Samsung Galaxy A3 Core sepertinya tetap memuat kualitas yang luar biasa meski berlabelkan kata “Core”. Hal tersebut terbukti dari layar 5,3 inci yang merupakan layar beresolusi 720 x 1480 pixel.

Dari segi kejernihan dan kuantitas warna yang ponsel ini tawarkan, kaca beresolusi tersebut tentu sudah sangat cukup untuk menghadirkan pengalaman visual yang baik.

Baca juga: HP Samsung Galaxy M42, Chipset Snapdragon 675 dan CPU Octa-core

Selain itu, layar dari ponsel ini juga terbilang cukup kuat. Pengguna juga bisa menambahkan pelindung layar seperti ponsel pada umumnya, jika merasa perlu untuk menambahkanya.

Dapur Pacu

Bicara soal label “Core” yang terpasang pada HP Samsung Galaxy A3 Core ini tentu lekat erat dengan masalah permesinannya. Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, seri A3 Core ini sebenarnya memang Samsung tunjukkan kepada pengguna yang membutuhkan spesifikasi mesin yang lebih ringan.

Untuk otak penggeraknya, Samsung memasang prosesor quad-core pada ponsel yang satu ini. Kabarnya mesin tersebut mampu menggerakkan RAM sebesar 1 GB dan memori internal 16 GB.

Pada umumnya, penggunaan ponsel ini memang lebih ditunjukkan bagi pengguna yang hanya menggunakan ponsel untuk telepon dan mengirim pesan saja. Selain itu, penggunaan untuk game-game ringan, sepertinya juga masih bisa dilibas dengan ponsel yang satu ini.

Untuk pengguna HP Samsung Galaxy A3 Core yang merasa penyimpanan 16 GB masih kurang, ponsel ini juga support untuk penambahan microSD. Kabarnya, bahkan ponsel ini support untuk tambahan memori lebih dari 512 GB.

Perihal OS, Samsung menjamin penggunaan OS yang simpel dan ringan melalui Android GO yang terpasang. Tentunya dengan kapasitas baterai 3000 mAh yang terbilang sangat awet.

Kamera

Berlabel ponsel ringan, masalah kamera pada seri Galaxy A3 Core juga tidak bisa kita remehkan. Meski hanya memasang satu lensa sebagai kamera belakangnya, Samsung memasang kamera yang berkekuatan 8 MP untuk memuaskan dahaga berfoto dengan ponsel ini.

Kualitas tersebut tentu sangat cukup untuk sekedar mengambil gambar dengan kualitas yang jernih. Fitur kamera seperti LED flash juga dapat kita nikmati pada HP Samsung Galaxy A3 Core ini.

Sedangkan untuk kamera depannya, Samsung memasang sebuah lensa berkekuatan 5 MP yang juga sudah sangat cukup untuk berselfie ria.

Fitur Lain

Pada ponsel yang berlabel Core, tentu pengguna tidak bisa mengharapkan hadirnya fitur-fitur sensor canggih seperti fingerprint pada Samsung Galaxy A3 Core ini. Namun, Samsung tetap membawa sensor accelerometer dan proximity untuk memudahkan pengguna.

Baca juga: HP Samsung Sejutaan untuk Anak Sekolah, Ini Daftarnya

Lanjut dari segi konektivitasnya, ponsel ini memuat dual SIM card yang dapat membawa koneksi 4G GSM lengkap dengan support koneksi WiFi. Sebagai sarana transfer filenya, ponsel ini dapat menggunakan kabel USB maupun Bluetooth.

Tanggal Rilis dan Harga

Ponsel ringan ini kabarnya sudah dapat dipesan pada tanggal 1 Oktober. Sedangkan untuk harganya, HP Samsung Galaxy A3 Core bermahar senilai 1,2 juta saja. (R10/HR-Online)

Editor: Adi Karyanto