Minggu, Mei 22, 2022
BerandaBerita PangandaranHSN 2020 di Pangandaran Bakal Prioritaskan Protokol Kesehatan

HSN 2020 di Pangandaran Bakal Prioritaskan Protokol Kesehatan

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Peringatan Hari Santri Nasional atau HSN 2020 tingkat Kabupaten Pangandaran yang berlangsung pada 22 Oktober  mendatang bakal berlangsung sederhana.

Pasalnya, sebagaimana arahan dari PBNU dan Kemenag mewajibkan pelaksanaannya sesuai dengan protokol kesehatan.

Ketua HSN Pangandaran, Imam Ibnu Hajar, menjelaskan, penerapan prokes untuk kegiatan tahunan ini sebagai upaya pencegahan dari penularan covid-19, terutama ke lingkungan pesantren.

“Sehingga tahun ini tidak gebyar seperti sebelumnya,” ucap Imam kepada HR Online, Senin (12/10/2020).

Untuk konsep penyelenggaraan HSN ini, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, terutama dengan Pjs Bupati.

Bahkan, rakor dengan Pemda Pangandaran, Kemenag, PCNU maupun Kemenag sudah beberapa waktu lalu.

Baca juga: KPU Pangandaran Wajibkan Jajarannya Patuhi Protokol Kesehatan

Penerapan Prokes HSN 2020

Dari hasil rapat, ada beberapa hal yang menjadi pembahasan penting, seperti pelaksanaan upacara tetap berlangsung terpusat sekitar Alun-alun Parigi dengan melibatkan perwakilan stakeholder yang ada.

Sedangkan untuk kalangan pesantren, melaksanakan upacara tersebut di lingkungannya masing-masing.

“Selanjutnya kita tawarkan konsep serba online, mulai dari kegiatan zikir dan salawat, perlombaan santri hingga ngaji sejarah,” imbuhnya.

Sementara agenda terakhir adalah bakti sosial untuk pesantren, berupa penyemprotan disinfektan, bagi-bagi masker serta sembako untuk ponpes.

Imam menambahkan, sesuai intruksi dari RMI PBNU agar seluruh ponpes senantiasa memperhatikan prokes sebagai langkah mencegah penularan virus corona.

Adapun ikhtiar secara batin, dengan memperbanyak doa, zikir dan salawat untuk keselamatan bangsa Indonesia.

“Meski HSN 2020 ini tidak seperti tahun lalu, namun kita tetap harus mengambil semangat perjuangan para santri saat bersama-sama memperjuangkan kemerdekaan bangsa ini,” pungkasnya. (Mad/R6/HR-Online)

Editor: Muhafid

- Advertisment -