Hujan Deras, Jembatan Penghubung di Desa Jayasari Pangandaran Ambruk

Hujan Deras, Jembatan Penghubung di Desa Jayasari Pangandaran Ambruk
Jembatan penghubung antar Dusun di Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ambruk. Foto:Enceng/HR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com).- Jembatan penghubung antar Dusun di Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, ambruk.

Ambruknya jembatan yang menghubungkan Dusun Mekarsari Barat dan Mekarsari Timur ini, akibat derasnya air yang mengalir bawah jembatan.

Kejadian tersebut terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah Langkaplancar, Senin (12/10/2020).

Hujan deras tersebut membuat air sungai bawah jembatan meluap dan menyebabkan abrasi.

Akhirnya, jembatan penghubung tersebut ambruk, meski baru saja selesai dibangun.

Kepala Desa Jayasari, Kecamatan Langkaplancar, Oban Sobandi mengakui kejadian ambruknya jembatan tersebut.

Kata Oban, ambruk jembatan tersebut lantaran terjangan air sungai Cirangkong saat hujan deras mengguyur wilayah Langkaplancar.

“Jembatan itu kita bangun dari anggaran DD tahun 2020, dengan jumlah anggaran Rp 40 juta,” ujar Oban, Rabu (14/10/2020).

Jembatan yang masyarakat Dusun Mekarsari dan para petani dambakan sejak lama itu akhirnya hancur dalam hitungan jam saja.

Bahkan jembatan itu hancur sebelum adanya peresmian.

“Jembatan ini baru selesai pembangunannya, belum sempat kita resmikan, namun akibat hujan deras membuat jembatan ini hancur,” jelasnya.

Pasca kejadian, pihak pemerintah desa sudah membuat laporan baik ke pihak BPBD maupun ke Inspektorat Kabupaten Pangandaran guna kelengkapan administrasi. (Enceng/R8/HR Online)

Editor: Jujang