Hujan Deras Turun Lagi, Camat Banjarsari Ciamis Imbau Warga Waspada

Hujan Deras Turun
Camat Banjarsari Dedi Mudyana meninjau salah satu lokasi bencana longsor. Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Hujan deras turun kembali mengguyur wilayah Kecamatan Banjrasari dan sekitarnya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Selasa (27/10/2020) siang. Camat Banjarsari Dedi Mudyana mengimbau kepada warga Banjarsari agar tetap waspada.  Dengan curah hujan tinggi ini berpotensi menimbulkan bencana.

“Kepada masyarakat wilayah Kecamatan Banjarsari khususnya yang terkena banjir pada malam tadi, mohon untuk tetap waspada. Segera mengungsi ke tempat yang lebih aman saat air sungai kembali meluap. Mengingat saat ini wilayah Banjarsari kembali hujan yang sangat deras,” katanya, Selasa (27/10/2020).

Dedi menjelaskan, Banjarsari  sebuah wilayah yang paling besar terkena dampak banjir pada hari ini. Banyak sungai dan anak sungai mengelilingi wilayah Banjarsari, seperti Sungai Cikaso, Sungai Ciputrahaji dan Sungai Cikawasen. Sehingga Banjarsari sangat mudah dan cepat terkena banjir.

Maka dari itu saya, Dedi menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan.

“Akibat hujan deras turun sangat deras kemarin menimbulkan banjir yang menerjang 10 desa. Paling parah yang terkena banjir adalah Desa Purwasari, sebagian warga mengungsi ke balai desa dan ponpes setempat. Desa Cibadak, Banjarsari, Ciulu, Sindanghayu, Sukasari, Desa Sindangsari itu rata-rata wilayahnya saat ini terkena banjir,” terangnya.

Kata Dedi, saat hujan deras turun, selain terjadi banjir yang merendam ratusan rumah juga terjadi longsor di Desa Kawasen. Yang mengakibatkan satu rumah warga tertimbun oleh longsoran tebing setinggi 50 meter. (Suherman/R9/HR-Online)

Editor: Dadang