Hyundai Kona N Hadirkan Tampilan dan Spesifikasi yang Lebih Sporty

Hyundai Kona N Hadirkan Tampilan dan Spesifikasi yang Lebih Sporty
Ilustrasi. Hyundai Kona N. Foto: Istimewa

Hyundai Kona N kabarnya belum lama ini sedang dalam pengujian pada area Nurburgring, terlihat dalam video baru dari Automotive Mike. Tentu mendapat peningkatan kinerja dengan tampilan front-end facelift akan masuk ke jajaran Kona yang lebih luas.

Belum ada pengumuman mengenai tanggal pengungkapan untuk model N terbaru ini. Performa SUV pertama ini mungkin tidak sejauh yang semula telah ada antisipasi.

Hyundai dan Kia membuat banyak mobil pada platform bersama. Sebagai contoh, Hyundai i20 sebelumnya, Kia Rio, dan Kia Stonic memiliki basis yang sama.

Baca Juga : Daihatsu Rocky 2021 Siap Meluncur ke Indonesia Tahun Depan

Tentu Hyundai akan melakukan yang terbaik untuk menyesuaikan sasis sedikit lebih sporty untuk mobil terbaru ini. Dengan harapan perlakuan yang sama untuk peredam, pegas, dan kemudi seperti i20.

Spesifikasi Hyundai Kona N

Produsen mobil asal Korea Selatan ini telah berusaha keras untuk beralih dari econobox murni ke pembangkit tenaga desain. Hyundai Veloster N saat ini adalah contoh terbaik dari rencana kinerja yang serius juga.

Baru minggu lalu i20 N, monster bertenaga 200 tenaga kuda, namun hanya untuk pasar luar negeri. Dengan harapan, debut Kona N yang akan datang membawa kabar gembira.

Kona N berdasar pada model facelift baru-baru ini dan terlihat menawarkan kinerja yang sangat terhormat. Ini fitur spoiler belakang yang membentang dari atap dan juga memiliki satu set pipa knalpot besar.

Hal inilah yang membedakan Hyundai Kona N dengan varian yang lebih rendah. Selain itu, juga terdengar lebih agresif daripada model Kona standar dan lengkap dengan roll cage.

Mesin Kona N

Publikasi online The Korean Car Blog mengklaim versi sporty dari SUV kompak Kona akan melakukan debut Korea pada bulan Juli. Dengan dukungan mesin bensin empat silinder 2.0 liter turbocharged yang sama dengan i30N.

Output untuk Kona N akan pada sekitar 202kW dan 353Nm yang sama (378Nm dengan ‘overboost‘ aktif). Sebagai saudara dari hatch i30N yang lengkap dengan Performance Pack.

Baca Juga : BMW X5 M Hadir dengan Pembaruan dan Mesin yang Semakin Memukau

Selain itu, juga berpasangan dengan transmisi otomatis dual-clutch delapan percepatan yang akan segera meluncur. Khusus untuk AS dan Korea belum ada info apakah akan menawarkan manual.

Namun i30 yang menggunakan penggerak roda depan, kinerja Hyundai Kona N kabarnya menggunakan poros belakang untuk penggerak semua roda. Untuk meningkatkan traksi dan menimbulkan persaingan yang lebih kuat dengan saingan SUV kecil.

Dalam spesifikasi standar, mesin ini menghasilkan tenaga 246hp dan 260lb-ft (353Nm), tetapi dengan paket performa. Angka ini akan meningkat menjadi 276hp dan 289 lb-ft (392Nm).

Baik transmisi kopling ganda delapan kecepatan dan manual enam kecepatan. Mobil ini akan bersaing dengan Volkswagen T-Roc R, JCW Mini Countryman 225kW, dan 450Nm yang jauh lebih mahal.

Spesifikasi Lainnya

Elemen gaya lain yang membedakan Hyundai Kona N dari varian lebih rendah adalah revisi bumper depan dan belakang yang agresif. Lalu juga lencana baru, gril lebih besar, spoiler belakang lebih liar, tips knalpot ganda, dan side skirt sporty.

Warna andalannya adalah Hyundai’s Performance Blue dan apapun warna pilihan, SUV akan menampilkan sejumlah aksen merah. Termasuk pada fasia depan-belakang serta side skirt.

Selain itu, fitur pada Kona N adalah satu velg 19 inci. Yang mana menyembunyikan cakram rem lebih besar dengan kaliper merah dan suspensi sport semakin rendah.

Hyundai Kona N akan melihat tenaga yang terkirim ke keempat roda, tidak hanya bagian depan. Terlepas dari kamuflase bodi, gaya ujung depan crossover kecil yang perkasa. Terinspirasi langsung oleh Santa Fe yang juga baru dan tampak baru.

Meski belum ada laporan secara rinci, interiornya dengan perubahan kemungkinan termasuk pada jok sport. Lalu roda kemudi N-badged dan banyak aksen Alcantara juga biru.

Spoiler dan diffuser belakang yang besar juga sayang jika terlewatkan. Meskipun kemungkinan besar ini adalah bagian dari facelift yang akan datang.

Hyundai belum mengumumkan tanggal pengungkapan resmi, tetapi kemungkinan besar orang-orang seperti Audi dan BMW sudah mulai memperhatikan. Kemungkinan Hyundai Kona N lebih murah daripada BMW X1 atau Audi Q3. Bahkan akan lebih bertenaga dari keduanya. (R10/HR-Online)

Baca Juga : SsangYong Rexton 2021 Siap Debut dengan Berbagai Perubahan Terbaru