Infografis : Efektivitas Masker Cegah Covid-19

Efektivitas Masker Cegah Covid-19

Efektivitas Masker Cegah Covid-19. Pada masa pandemi Corona, masker menjadi suatu alat yang sangat vital untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Sehingga, tidak salah jika dari mulai pandemi ini muncul sampai sekarang, terus digaungkan #pakaimasker.  

Dengan pentingnya penggunaan masker untuk cegah virus Corona ini, maka tidak sedikit yang beredar di pasaran. Seperti paling murah dan banyak orang gunakan adalah masker jenis scuba.

Namun, apakah masker yang beredar tersebut efektif untuk mencegah penyebaran virus Corona? berikut penjelasannya.

  • Masker Scuba

Masker jenis ini terbuat dari bahan kain yang tipis bahkan hanya satu lapis. Sehingga, dengan sangat tipis tersebut maka akan sanga sulit untuk menyaring partikel yang kecil.

Maka, masker scuba ini tingkat efektivitas dalam cegah Covid-19 hanya 0 sampai 5 persen saja.

  • Masker Bedah

Masker bedah ini memiliki efektivitas 80 sampai 90 persen untuk mencegah virus Corona. Namun kekurangannya, masker ini hanya dapat sekali pakai. Tidak seperti scuba yang bisa dicuci kembali.

  • Masker Sponge

Orang yang biasa menggunakan masker sponge adalah pekerja ataupun pengendara. Masker ini memudahkan untuk bernapas. Namun, lubang pada katup berisiko menjadi jalur droplet.

Untuk tingkat efektivitas, masker ini bisa cegah Covid-19 80 sampai 90 persen.

  • Masker N95

N95 menjadi masker yang sangat efektif dan ampuh mencegah penyebaran virus. sebab, masker ini sangat efektif untuk menyaring partikel sampai 100 persen.

Grafis : Mohamad Bagus Rizky

Editor : Adi Karyanto