Infografis : Langkah-langkah Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Langkah Mencuci Tangan yang Baik dan Benar

Salah satu kunci supaya tidak tertular virus Covid-19 adalah dengan mencuci tangan yang baik serta benar. Seperti kita ketahui, bahwa tangan adalah media terbaik untuk berpindahnya penyakit.

Sebab, saat memakai tangan untuk memegang suatu benda, acapkali kita tidak mengetahui kepastian akan kebersihan benda tersebut.

Contohnya, saat memegang handle pintu atau pegangan pintu rumah atau mobil, tidak pernah mengetahui apakah ada agen virus atau bakteri yang nempel pada gagang pintu tersebut.

Pasalnya, bisa jadi sebelum Anda memegang gagang tersebut bisa juga sudah dipegang oleh orang yang besin atau batuk dengan ditutup oleh tangannya.

Setelah itu, tangan Anda yang sebelumnya memegang handle, menutup mulut ketika langsung menjamah makanan atau menguap.

Sudah jelas bahwa terjadi proses berpindahnya agen penyakit. Apabila ketika itu imun atau daya tahan tubuh Anda lemah, maka dalam masa inkubasi juga akan mengalami gejala yang sama.

Adapun keutamaan waktu penting untuk mencuci tangan antara lain, setelah buang air besar, sebelum makan, sebelum memegang makanan, sebelum menyusui atau menyiapkan susu bayi, serta sesudah beraktifitas.

Akan tetapi, tanpa disadari tidak sedikit dari kita masih melakukan kesalahan ketika #cucitangan. Sehingga, sebagai upaya pencegahan penyebaran virus menjadi tidak optimal.

Meski mencuci tangan memang terbilang sederhana dan mudah, namun dalam prakteknya masih ada saja kesalahan. Dengan kesalahan tersebut, maka akan mendatangkan masalah baru.

Untuk menjadikan mencuci tangan menjadi kebiasaan, maka perlu memenuhi cara yang baik dan benar. hal tersebut supaya Anda yakin bahwa seluruh permukaan tangan benar-benar besih.

Ingat Pesan Ibu untuk tetap menjalankan 3W, wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun dan wajib menjaga jarak.

#satgascovid19

#ingatpesanibu

#ingatpesanibuwajibpakaimasker

#ingatpesanibuwajibjagajarak

#ingatpesanibuwajibcucitangan

#wajibpakaimasker

#wajibjagajarak

#wajibjagajarakhindarikerumunan

#wajibcucitangan

#wajibcucitangandengansabun

Grafis : Mohamad Bagus Rizky

Editor : Adi Karyanto