Ingatkan Pesan Ibu, Kapus Banjar 3; Prokes Cara Efektif Cegah Corona

Ingatkan Pesan Ibu, Kapus Banjar 3 Kota Banjar; prokes cara efektif cegah virus corona. Foto: Muhlisin
Ingatkan Pesan Ibu, Kapus Banjar 3 Kota Banjar; prokes cara efektif cegah virus corona. Foto: Muhlisin/HR.

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Ingatkan pesan ibu, Kepala Puskesmas Banjar 3, dr. Sari Wiharso, yang juga Pelaksana Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar, Jawa Barat, mengingatkan kepada semua pihak untuk terus berdisiplin menerapkan protokol kesehatan.

Selain itu, ia juga mengajak warga masyarakat untuk menjadikan protokol kesehatan sebagai budaya baru dalam kehidupan sehari-hari.

dr. Sari menjelaskan, protokol kesehatan seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun, dan menjaga jarak serta hindari kerumunan merupakan cara yang sederhana. Namun, cara tersebut efektif untuk memutus penyebaran virus Corona.

“Virus penyebab Covid-19 itu tidak dapat dilihat secara kasat mata. Jadi kita tidak bisa tahu siapa yang membawa virus tersebut. Makannya kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan,” jelasnya, kepada HR Online, Rabu (13/10/2020).

Ingatkan pesan ibu, dr. Sari juga menegaskan pentingnya menjadikan protokol kesehatan sebagai gaya hidup, atau perilaku hidup bersih dan sehat bukan hanya karena situsi saat pandemi Covid-19 saja. Tetapi sampai nanti vaksin virus Corona betul-betul ditemukan, hingga keadaan kembali normal.

Baca Juga : Kasus Positif Covid-19 Kota Banjar Bertambah, Dari Kluster PT di Bandung

Karena, tujuan protokol kesehatan selain mencegah penularan virus Covid-19, juga agar terhindar dari berbagai penyakit yang muncul akibat virus atau bakteri. Sehingga terwujud kemandirian hidup sehat.

“Semua orang berpotensi tertular dan menularkan virus Corona. Ingat, jangan sampai kendor menerapkan 3M,” tandasnya.

Ingatkan Pesan Ibu, Ingat Ganti Masker

Selain pentingnya protokol kesehatan, dr. Sari juga menyarankan kepada warga masyarakat mengenai penggunaan masker. Sebaiknya gunakan masker yang sesuai dengan rekomendasi kesehatan.

Kemudian, cara menggunakan masker pun harus tepat, seperti mengenakan masker harus menutup hidung dan mulut. Melepas masker cukup dengan menarik bagian tali dan langsung simpan dalam kentong kertas atau plastik tertutup. Hal ini untuk mencegah penyebaran virus ke barang yang ada di sekitarnya.

“Masker yang sudah kotor juga harus segera ganti. Penggunaan masker yang sudah kotor menyebabkan udara yang kita hirup akan bercampur kuman, dan beresiko menyebabkan penyakit saluran nafas,” jelas dr. Sari Wiharso.

Kasus Positif Corona Bertambah

Sementara itu, Juru Bicara Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjar, H. Agus Nugraha, mengatakan, pada hari Jum’at ini ada penambahan satu orang warga terkonfirmasi positif virus Corona. Sehingga, jumlah kasus positif Covid-19 untuk Kota Banjar menjadi 42 orang.

Dengan adanya penambahan tersebut, ia pun kembali mengingatkan kepada warga masyarakat agar senantiasa meningkatkan kesadaran penerapkan protokol kesehatan. Hal itu untuk menekan kasus virus Corona.

“Jaga diri dan orang-orang sekitarmu dari ancaman virus Corona. Tetap waspada. Jangan sampai lengah,” tandasnya. (Muhlisin/R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah