Jabar Buka Rekrutmen Relawan Medis Penanganan Covid-19, Yuk Ikutan!

Relawan Medis Penanganan Covid-19
Rekrutmen Relawan Medis Penanaganan Covid-19 Jabar.

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jawa Barat (Jabar) membuka rekrutmen atau pendaftaran relawan medis penanganan Covid-19 untuk Kota Depok. Pendaftaran melalui Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 (PIKOBAR) Jabar sampai 31 Oktober 2020.

“Pembukaan rekrutmen relawan medis ini atas pengajuan Dinas Kesehatan Jabar bersama Kota Depok. Tujuannya untuk mempercepat penanganan dan pencegahan Covid-19,” ujar Kadiskominfo Jabar Setiaji.

Relawan medis penanganan Covid-19 itu untuk tenaga teknis kefarmasian, fisioterapi, radiografer, perawat (S1 Ners), dokter telekonsultasi, tenaga sanitasi lingkungan, tenaga apoteker. Kemudian perawat (D3 keperawatan), nutrisionis, ahli teknologi laboratorium dan dokter umum.

Warga Jabar dan luar Jabar yang tertarik juga bisa bergabung. Bisa melihat detail tugas dan kriteria relawan serta metode briefing sampai perlengkapan relawan lewat online.  Bagi yang ingin bergabung bisa akses aplikasi PIKOBAR atau kunjungi Indorelawan(dot)org/p/pikobar.

Setiaji menuturkan, dalam tahap pertama dengan mengisi formulir/screening. Kemudian pendaftaan dengan wawancara oleh Dinas Kesehatan Jabar mupun Kota Depok. Untuk formasi relawan nantinya sesuai kebutuhan lapangan.

“Bagi daerah lain juga bisa membuka pendaftaran relawan medis penanganan Covid-19 via PIKOBAR, yang sebelumnya mengajukan permohonan,” katanya.

Setiaji mengajak warga Kota Depok maupun warga Jabar untuk mendaftar sesuai kriteria. Karena Pandemi Covid-19 ini adalah masalah bersama.  Sehingga membutuhkan kerjasama dan keterlibatan semua pihak, mulai dari Pemerintah hingga masyarakat.

“Kami berharap, rekrutmen relawan medis ini bisa mengajak seluruh lapisan masyarakat bekerjasama, bahu membahu supaya pandemi ini dapat tertangani secara maksimal. Kita perang berasama, jadi tidak hanya tugas pemerintah tapi juga semua masyarakat bisa terlibat dengan upaya dan cara masing-masing,” ucapnya.

Bahkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sempat menyatakan perang melawan pandemi Covid-19 merupakan bela negara. Siapa pun bisa membantu dengan bentuk apapun, baik tenaga, ilmu maupun harta. Jadi salah satu jalan bergabung dengan relawan medis penanganan Covid-19. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang