Jabar Gelar Operasi Gabungan di 54 Destinasi Wisata saat Libur Panjang

Operasi Gabungan Jabar
Pelaksanaan rapid test dalam rangka operasi gabungan libur panjang akhir Oktober 2020 digelar di 54 destinasi wisata di 14 kabupaten/kota, antara lain Pantai Barat Pangandaran, Lembang Park & Zoo (Kabupaten Bandung Barat), dan Kecamatan Megamendung Kabupaten Bogor.

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Dalam upaya antisipasi penularan Covid-19 saat libur panjang, Pemprov Jabar gelar operasi gabungan di 54 destinasi wisata. Pemprov Jabar bersama Pemda Kota/Kabupaten dan TNI/Polri akan melaksanakan operasi selama lima hari ke depan, sejak Rabu (28/10/2020) sampai Sabtu (31/10/2020).

Sebanyak 54 destinasi wisata sasaran operasi itu dari 14 Kota/Kabupaten. Ada beberapa tempat yang menjadi fokus perhatian, antara lain Kawasan Lembang Bandung Barat, Pemandian air panas Ciater Subang, Ciwidey Kabupaten Bandung dan kawasan pantai selatan juga Puncak Bogor.

Daud Ahmad, Jubir Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 Jabar, mengatakan petugas akan melakukan tes anti bodi secara acak kepada wisatawan. Dalam 15 menit hasilnya keluar, apabila reaktif maka akan melanjutkan tes uji usap atau swab test.

“Dalam operasi gabungan petugas melakukan tes kepada wisatawan. Kalau reaktif, sambil menunggu hasil swab, yang bersangkutan tidak kemana-mana atau memuluangkannya untuk isolasi mandiri sampai harus keluar,” ungkapnya, Kamis (29/10/2020).

Daud menyatakan dalam operasi gabungan ini, juga melibatkan aparat kecamatan, desa sampai RT/RW. Kemudian petugas lapangan akan melaporkan segala perkembangan yang ada.

Seperti laporan dari Poskes Kodim 0616/Indramayu, yang mana petugas kesehatan Indramayu menggelar rapid tes kepada pengunjung Pantai Pletong, Kecamatan Sukra.

“terjaring sebanyak 50 orang dengan hasilnya non reaktif,” ucap Daud.

Antisipasi Libur Panjang Jabar Operasi Gabungan

Sedangkan untuk Poskes Kodim 0620/Sumber dan Puskesmas Plered Desa Gambel, Kabupaten Cirebon ada 29 orang wisatawan terjaring yang hasilnya non reaktif.

Kabid Pelayanan Kesehatan Dinkes Jabar Mario Siagani mengatakan pihaknya telah mengirim 26.700 alat rapid test antibodi ke Kota/Kabupaten Jabar dan ribuan alat pelindung (APD) lainnya.

Petugas pun memberikan edukasi kepada wisatawan agar tetap menaati protokol kesehatan. Yakni memakai masker, mencuci tangan dan mejaga jarak.

Operasi Gabungan, Satpol PP Jabar Terus Bergerak

Satpol PP Jabar bersama petugas Satpol PP Kota/Kabupaten gencar melakukan patroli untuk mendisiplinkan masyarakat terhadap protokol kesehatan. Satpol PP memfokuskan delapan daerah untuk patroli ini. Yakni Bandung Barat, Subang, Bandung, Garut, Cianjur, Karawang, Kota Sukabumi dan Kota Cirebon.

Saat  libur Maulid Nabi Muhammad SAW ini, destinasi wisata religi pun mendapat perhatian khusus, seperti Keraton Kasepuhan Cirebon, Makam Sunan Gunung Djati, dan lainnya.

Selama patroli, petuas Satpol PP maupun petugas lainnya memastikan protokol kesehatan berjalan.

Petugas akan memeriksa dan mencatat pelanggar protokol kesehatan. memeriksa sarana dan prasarana penerapan protokol kesehatan. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang