Jabar Ikuti Seleksi Presentasi Anugerah Inovasi Indonesia 2020

Jabar Ikuti Seleksi Presentasi Anugerah Inovasi Indonesia 2020
Gubernur Jabar Ridwan Kamil memaparkan keunggulan Jabar dalam seleksi presentasi Anugerah Pemerintah Daerah Inovatif secara virtual dari Kantor Wali Kota Depok, Selasa (13/10/20). Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jabar menjadi salah satu finalis yang mengikuti seleksi presentasi dalam Anugerah Inovasi Indonesia 2020 untuk kategori Anugerah Pemerintah Daerah Inovatif. Penganugerahan ini digelar oleh Kemenristek/BRIN.  

Dalam kesempatan ini Gubernur Jabar Ridwan Kamil langsung memberikan presentasi keunggulan Jawa Barat dari Kantor Wali Kota Depok secara virtual. Pemprov Jabar mengikuti penilaian untuk tingkat provinsi pada Selasa (13/10/2020).

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP2D) Provinsi Jabar Linda Al Amin menjelaskan Jabar menyajikan inovasi dalam upaya meningkatkan daya saing. Salah satunya yang mendapat apresiasi dari tim juri adalah inovasi digital.

“Dalam seleksi presentasi Anugerah Inovasi Indonesia 2020 ini, Gubernur menyampaikan tentang daya saing Jabar yang layak menjadi Provinsi terbaik se Indonesia,” ujar Linda.

Kategori Anugerah Pemerintah Daerah Inovatif  adalah penghargaan untuk pemerintah provinsi, kabupaten, dan kota terkait pengembangan inovasi daerah dalam mendukung peningkatan daya saing setiap daerah.

Ada lima kriteria dalam penilaian presentasi tersebut. Yakni, inovasi untuk mendorong tumbuh kembangnya inovasi daerah, terkait kebijakan, kepemimpinan, SDM, anggaran, sumber daya alam, budaya inovasi dan start up.

Kriteria kedua dalam seleksi Anugerah Inovasi Indonesia 2020 ini adalah kolaborasi antara akademisi, pemerintah, pebisnis dan komunitas (ABG+C). Jabar telah berhasil melakukan langkah kolaboratif, seperti Samsat Jbret yang mana warga melakukan pembayaran pajak kendaraan via aplikasi web dan selular kerjasama dengan e-commerce.

Kolaborasi ini juga sebagai salah satu visi jabar pada era Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum . Yakni Juara Lahir Batin melalui inovasi dan kolaborasik. Karena tidak mungkin pemerintah bisa bekerja sendiri tapi harus berkolaborasi bersama unsur Pentahelix.

Krieria Ketiga yakni produk unggulan daerah yang penghasilannya memberi nilai tambah, produktivitas dan daya saing daerah yang meningkat. Untuk Jabar sendiri berasal dari pertanian, manufaktur, perkebunan, peternakan hingga pariwisata. Kriteria keempat adalah infrastruktur digital dalam pengembangan inovasi daerah. Kriteria lima yakni inovasi dalam penanggulangan dan pemulihan ekonomi saat pandemi Covid-19.

Pengumuman Pemenang Anugerah Inovasi Indonesia untuk Provinsi 10 November 2020

Tim juri dari tim pemerintah pusat dan para pakar mengapreasiasi Pemprov Jabar sebagai provinsi digital dari mulai desa digital, Creative Center sampai Command Center. Menurut Linda, pengumumam pemenang Anugerah Pemerintah Daerah Inovatif akan berlangsung pada 10 November 2020.

“Untuk pengumuman pemenang Anugerah Inovasi Indonesia 2020 bertepatan dengan hari pahlawan. Lima provinsi lainnya masuk seleseksi presentasi, yakni Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Sulawesi Selatan,” katanya. (R9/HR-Online)

Editor: Dadang