Jabar Ingatkan Daerah Perketat Protokol Kesehatan Saat Libur Panjang

Jabar Ingatkan Daerah Perketat Protokol Kesehatan saat Libur Panjang
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto: Humas Jabar

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Pemprov Jawa Barat (Jabar) mengingatkan daerah untuk perketat protokol kesehatan saat libur panjang. Gubernur Jabar Ridwan Kamil telah mengirimkan surat edaran ke Bupati/Wali Kota tentang pencegahan Covid-19 saat libur cuti bersama.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Jabar Daud Achmad menuturkan dalam surat edaran itu ada 6 poin yang mesti diperhatikan. Tujuannya agar libur panjang ini tidak menjadi penularan Covid-19.

“Kepala daerah harus tingkatkan kesadaran masyarakat dengan perketat protokol kesehatan,” ungkap Daud, dari Bandung, Selasa (27/10/2020).

Dalam edaran tersebut, Gubernur Jabar pun mengajak warga untuk tidak bepergian ke luar daerah.  Menyarankan warga untuk tetap berada dalam rumah bersama keluarga. Apabila pergi ke luar daerah memakai transportasi umum harus tes Covid-19, swab tes atau pun rapid test.

“Kepala daerah harus pastikan destinasi wisata, pasar, tempat hiburan, terminal dan tempat lainnya agar perketat protokol kesehatan. Dari mulai pengunjung, pengelola dan semua pihak lainnya,” jelas Daud.

Kepala daerah pun harus mengimbau masyarakat agar patuhi protokol kesehatan saat memperingati maulid nabi Muhammad SAW.

“Meski persiapan dan mitingasi sudah siap, tapi kedisiplinan masyarakat terhadap protokol kesehatan sangat penting untuk mencegah penyebaran Covid-19 saat libur panjang sekarang,” katanya.

Satpol PP Jabar Perketat Protokol Kesehatan dengan Patroli

Kasatpol PP Jabar M Ade Afriandi menegaskan pihaknya siap melakukan patroli untuk mendisiplinkan dan membina masyarakat dalam pencegahan Covid-19. Satpol PP Jabar kini tengah memperhatikan 8 daerah, yakni Kota Cirebon, Subang, Bandung, Garut, Bandung Barat, Karawan, Cianjur dan Sukabumi.

“Delapan daerah itu adalah daerah yang ada destinasi wisata menarik. Saat libur panjang, potensi kerumunan akan terjadi pada destinasi-destinasi wisata,” ucap Ade.

Dalam perketat protokol kesehtan, koordinasi dengan Satpol PP daerah pun dilakukan. Selain mengawasi pengunjung dengan patroli pada destinasi wisata, juga akan melaksanakan tes Covid-19 secara acak.

Antisipasi penyebaran Covid-19 saat libur panjang, Gubernur Jabar pun telah menyatakan untuk meningkatkan pengamanan pada destinasi wisata. Pengamanan pada pintu masuk-keluar Jabar serta akan melakukan tes secara acak. (Bgj/R2/HR-Online)

Editor: Subagja Hamara