Jaga Kelestarian Alam, Permata Gagayunan Ciamis Tanam Pohon Serap Air

Permata Gagayunan
),- Warga Dusun Sukamaju Desa Sukajadi, Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang tergabung dalam Permata Gagayunan (perlindungan mata air) tanam ratusan pohon serap air, Sabtu (24/10/2020). Foto: Suherman/HR

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Warga Dusun Sukamaju Desa Sukajadi, Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, yang tergabung dalam Permata Gagayunan (perlindungan mata air) tanam ratusan pohon serap air, Sabtu (24/10/2020).

Penanaman dilakukan di sepanjang saluran anak sungai wilayah hutan perhutani.  Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga alam serta kesuburan tanah dan menjaga persediaan air.

Ketua Permata Oon Syahroni mengatakan selama ini kondisi mata air wilayah Sukamaju mulai terganggu. Hal itu akibat kurangnya kepedulian masyarakat terhadap alam. Maka, pihaknya mempunyai inisiatif untuk melakukan penghijauan kembali. Sasarannya, penanaman bibit pohon serap air sepanjang saluran dan sumber mata air.

Baca Juga: Konflik Satwa Liar dengan Warga Kembali Terjadi di Cipaku Ciamis

“Minimnya kepedulian masyarakat terhadap alam. Membuat persediaan air berkurang dan menjadi kendala bagi kelangsungan hidup manusia. Maka dari itu. Permata Gagayunan berinisiatif untuk melakukan aksi penghijauan. Sebelumnya juga kami telah melakukan koordinasi dengan pihak perhutani terkait kegiatan ini. Alhamdulillah perhutani juga merspon langkah kami ini,” katanya.

Dalam kegiatan ini Permata  menanam sebanyak  80 batang pohon Pucung  dan 200 batang pohon Kosambi 200.

“Harapan kami dengan penanaman pohon serap air ini. Sumber mata air untuk wilayah Desa Sukajadi akan kian subur dan bisa menjadi sumber kehidupan masa depan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dusun Sukamaju Saeful Bahri berharap agar kegiatan penanaman pohon oleh kelompok Permata Gagayunan bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat lainnya.

“Kegiatan ini sangat luar biasa dan patut untuk menjadi contoh. Selama ini, pasokan air bersih wilayah kami memang sedikit terkendala. Mudah-mudahan dengan program penghijauan seperti ini, sumber air akan menjadi subur dan dapat bermanfaat bagi kehidupan ke depannya,” terangnya. (Suherman/R9/HR-Online)

Editor: Dadang