Sabtu, Mei 21, 2022
BerandaBerita CiamisJalan di Sukajadi Ciamis Terkikis Hujan, Dua Rumah Terancam Longsor

Jalan di Sukajadi Ciamis Terkikis Hujan, Dua Rumah Terancam Longsor

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini membuat jalan di Desa Sukajadi, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat perlahan terkikis. Kondisi ini membuat dua rumah terancam longsor.  

Anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Ciamis Eka Yuli membenarkan kejadian tersebut. Ia mendapat laporan dari masyarakat adanya bahu jalan yang longsor karena tergerus air hujan. Kemudian Tagana bersama pemerintah desa setempat, Kecamatan Sadananya, TNI-Polri melakukan pemantauan ke lokasi kejadian longsor.

“Memang kondisinya rawan sekali. Jalan terkikis air hujan secara terus-menerus dan perlahan. Sebela jalan terdapat dua rumah terancam longsor. Posisinya satu rumah bagian pinggir dan satu rumah bagian atas. Kondisinya sudah ada retakan sekitar 5 meter,” ujar Eka Yuli, Selasa (13/10/2020).

Eka telah mengingatkan kepada penghuni rumah untuk meningkatkan kewaspadaan, terutama saat hujan turun. Bila terjadi hujan terus-menerus dalan waktu yang lama sebaiknya penghuni rumah mengungsi. karena cuaca saat ini curah hujan sedang tinggi. Sedangkan untuk antisipasi longsoran meluas, aparat setempat memasang rambu perhatian pada tepi jalan, agar kendaraan memelankan laju kendaraannya.

“Kami khawatir jalan terus terkikis dan bertambah luas. Untuk mengantisipasi longsor meluas, kami tutup sebagian jalan untuk menjaga pengguna jalan yang melintas. Untuk penghuni rumah yang terancam longsor juga kami minta tetap tingkatkan kewaspadaan,” pungkasnya. (Dadang2/R9/HR-Online)

Penulis: Dadang2

Editor: Dadang

- Advertisment -