Jangan Menggunakan Charger Palsu! Risiko HP Rusak Hingga Meledak

Jangan menggunakan charger palsu! risiko HP rusak hingga meledak. Foto : Ilustrasi/Net.
Jangan menggunakan charger palsu! risiko HP rusak hingga meledak. Foto : Ilustrasi/Net.

Jangan menggunakan charger palsu untuk mengisi daya baterai smartphone. Risikonya selain cepat rusak, perangkat tersebut juga bisa meledak jika dipaksa mengisi daya menggunakan charger palsu.

Charger penting untuk mengisi daya perangkat mobile. Karena itu, kamu perlu memastikan kalau charger HP yang kamu gunakan itu asli.

Kualitas charger original atau charger bawaan tentunya berbanding lurus dengan keamanan yang lebih terjamin. Kamu harus mengetahui bahaya apa saja jika tetap memaksa menggunakan charger non original atau palsu.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini sederet bahaya yang mengintai keamanan perangkat ponsel kamu apabila memakai charger palsu.

Baca Juga : Game Battle Royale untuk HP Kentang RAM 1GB, Bisa Main PUBG

Jangan Menggunakan Charger Palsu, Ini Bahayanya

Risiko Merusak HP

Risiko terburuk mengisi daya baterai memakai charger abal-abal salah satunya bisa merusak perangkat ponsel. Hal ini karena komponen yang ada dalam HP terlalu sensitif terhadap voltase yang kondisinya tidak stabil ketika mengisi daya.

Dengan menggunakan charger non original yang memiliki voltase tidak stabil membuat HP kamu akan lebih cepat rusaknya.

Lebih Lambat saat Mengisi Daya

Jangan menggunakan charger paslu karena akan lebih lambat dua kali lipat ketika mengisi daya. Jika membandingkan dengan memakai charger original, dari segi waktu pun sudah sangat jauh perbedaannya.

Biasanya yang jadi penyebabnya adalah voltase yang terdapat pada kepala charger palsu tidak sesuai standar pabrikan vendor ponsel. Karena, voltase antara satu pabrik dengan pabrikan lainnya itu berbeda.

Risiko HP Terlalu Panas

Baca Juga : Cara Merawat Baterai Non-Removable Supaya Awet

Risiko lain yang bisa terjadi berikutnya adalah perangkat menjadi cepat panas. Oleh sebab itulah jangan menggunakan charger palsu saat mengisi daya ponsel.

Penyebab HP cepat panas lantaran voltase tidak stabil yang masuk dan mempengaruhi komponen listrik lainnya yang ada dalam perangkat.

Baterai menjadi salah satu komponen yang bakal terkena dampaknya, membuat HP cepat panas. Kalau dibiarkan saja maka baterai ponsel kamu bisa lebih cepat rusak.

Risiko Meledak

Risiko yang paling berbahaya adalah terjadinya ledakan. Makanya jangan menggunakan charger palsu. Hal itu karena charger yang abal-abal punya voltase tidak stabil. Selain itu, kualitas komponen yang ada di dalamnya juga tidak terjamin.

Apabila hal ini terjadi secara konstan, maka perangkat elektronik dalam sebuah charger akan semakin panas. Kondisi ini yang memiliki risiko tinggi terjadinya ledakan.

Baca Juga : Hadirnya Fitur Baru Pokemon GO Buddy Adventure

Apa lagi jika dalam charger palsu itu tidak ada fitur untuk meminimalisir kelebihan beban voltase seperi halnya charger original.

Merusak Lubang USB

Risiko terkahir jika menggunakan charger palsu adalah lubang USB cepat rusak. Penyebabnya ada dua hal. Pertama, voltase keluar dari batok charger tak stabil, sehingga akan memengaruh kondisi USB pada perangkat.

Hal keduanya adalah, kabel yang menimbulkan panas membuat komponen bagian dalam juga akan cepat panas. Kondisi ini yang kemudian akan merusak lubang USB pada HP kamu. (R3/HR-Online)

Editor : Eva Latifah