Jelang Libur Panjang, BPPD Ciamis Gencar Sosialisasikan Prokes 3M

Jelang Libur Panjang, BPPD Ciamis Gencar Sosialisasikan Prokes 3M
Petugas Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 kepada pengelola Obyek Wisata Situ Lengkong Panjalu Kabupaten Ciamis, Sabtu (24/10/2020). Foto:Ferry/HR

Berita Ciamis (harapanrakyat.com).- Menjelang libur panjang pada akhir bulan Oktober tahun 2020 mendatang, Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kabupaten Ciamis gencar mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 kepada pengelola Obyek Wisata Kabupaten Ciamis, Sabtu (24/10/2020).

Kepala BPPD Kabupaten Ciamis, Endang Haris Juandana, melalui Direktur Eksekutif, Tommy Surjanto mengatakan, dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19, BPPD Ciamis telah melakukan sosialisasi penerapan protokol kesehatan kepada pengelola obyek wisata Ciamis.

Seperti yang dilakukan Sabtu (24/10/2020), pihaknya melakukan sosialisasi ke obyek wisata Situ Lengkong Panjalu, dan Astana Gede Kawali.

Hal tersebut, mengingat akhir bulan Oktober nanti libur panjang.

“Jadi kita khawatir adanya lonjakan pengunjung. Sehingga protokol kesehatan harus diterapkan di obyek wisata, untuk menimalisir terjadinya penyebaran Covid-19,” katanya.

Menurut Tommy, selain memberikan sosialisasi, pihaknya juga menghimbau kepada pengelola obyek wisata agar tegas mendisiplinkan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Misalkan, ada pengunjung yang tidak memakai masker tidak boleh masuk obyek wisata tersebut.

Karena dengan memakai masker itu salah satu bentuk dalam penerapan protokol kesehatan.

“Sesuai anjuran Pemerintah, kita harus menerapkan protokol kesehatan salah satunya 3M yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” tuturnya.

Baca Juga: Organda Ciamis Ajak Sopir Angkutan Ingatkan Prokes 3M ke Penumpang

Selain ke obyek wisata Situ Lengkong Panjalu dan Astana Gede Kawali, kata Tommy, pihaknya juga telah mensosialisasikan penerapan protokol kesehatan Covid-19 ke obyek wisata lain yang berada di Kabupaten Ciamis.

Pihaknya menyarankan agar pengelola wisat bisa menerapkan protokol kesehatan, apalagi menjelang libur panjang.

“Seperti halnya mengecek suhu tubuh pengujung sebelum masuk, selalu menyediakan tempat cuci tangan, dan mewajibkan pengunjung memakai masker,” ucap Tommy.

Ia berharap, dengan sosialisasi ini bisa mencegah terjadinya penyebaran Covid-19.

“Para pengunjung juga bisa nyaman menikmati liburan panjangnya dengan berwisata di obyek wisata Ciamis,” jelasnya. (DSW/R8/HR Online)

Editor: Jujang