Kamera Mirrorless Fujifilm X-S10 Hadir Untuk Kelas Menengah

Kamera Mirrorless Fujifilm X-S10 Hadir Untuk Kelas Menengah
Ilustrasi Kamera Mirrorless Fujifilm X-S10. Foto: Istimewa

Kamera mirrorless Fujifilm X-S10 dengan desain baru memiliki berat lebih ringan daripada yang menggunakan sistem IBIS 30%. Dalam kamera kali ini menggunakan sistem sensor dengan resolusi 26.1MP.

Selain itu, menggunakan sistem untuk menstabilitaskan gambar pada bodi IBIS dengan rancangan terbaru. Perusahaan kamera terbesar ini pun menggunakan rancangan command dial yang paling baru. Tentu saja bisa menghasilkan kamera dengan desain berbeda dari kamera Fujifilm yang lainnya.

Baca Juga : Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula, Kenali Mode Kamera

Penawaran paling terlihat dari perubahan desain yang sangat dramatis. Terutama bagi anda yang menjadi penggemar dari merk Fujifilm, tentu akan terkejut dengan desain yang mereka bawa kali ini. Desain kali ini benar-benar berbeda dari rancangan sebelumnya.

Kamera Mirrorless Fujifilm X-S10

Fujifilm meluncurkan produk terbarunya untuk memanjakan penggemarnya dalam lini fotografi yang semakin spektakuler. Dalam produknya ini menggunakan kelebihan yang menonjol. Misalnya untuk bagian dial serta pegangannya.

Baik dial maupun pegangannya, akan lebih terlihat seperti pada desain mirrorless yang ada dari para pesaingnya ketimbang menggunakan ciri khas yang biasanya Fujifilm gunakan untuk setiap produknya.

Paling menarik, bagian atas ada penambahan mode Dial. Sampai saat ini semua desain dari produk Fujifilm tak memakai konsep layaknya kamera mirrorless Fujifilm X-S10. Kameranya menggunakan shutter, ISO, dan juga exposure.

Semuanya memiliki dialnya sendiri, namun beda halnya dengan kamera kali ini yang lebih mengesampingkan hal tersebut. Command dial yang ada pada sisi kanan dengan bentuk gerigi akan memberikan manfaat. Ini agar pengguna bisa membuat pengubahan dalam pengaturan kamera.

Bahkan dalam produknya ini menyematkan sebuah tombol untuk film yang ada pada bagian atas dalam memulai merekam video. Hebatnya, meski dalam mode foto, kamera ini masih bisa mengambil video yang berkualitas.

Desain yang Fujifilm usung untuk produk kamera mirrorless Fujifilm X-S10 yakni dengan mendesain ulang dari sistem IBIS. Hal ini membuat kamera lebih ringan daripada yang lainnya. Dengan demikian, meski memiliki bobot ringan, namun kekuatan untuk menstabilkan gambar menggunakan lima arah hingga 6 stop.

Fitur Menarik

Meski rancangan untuk fotografi, namun untuk bagian mode videonya sangat berkualitas. Pihaknya mengatakan jika kamera ini akan bisa bertahan meski dalam guncangan, termasuk ketika penggunaannya saat berjalan. Perusahaan Fujifilm juga memberikan fitur tambahan.

Untuk membuat penggunanya semakin nyaman, maka menambahkan fitur Image Stabilization Mode Boost. Fitur ini nantinya bisa memberikan stabilisasi yang lebih baik ketika menghadapi guncangan, sehingga gambar yang kamera hasilnya berkualitas.

Baca Juga : EZVIZ C3X, Kamera Pengawas Lensa Ganda dengan AI Deep Learning

Sistem yang menjanjikan juga tersemat dalam produk Fujifilm, yaitu sistem Autofocus atau AF. Dengan memiliki kecepatan tinggi menggunakan tenaga dari X-Processor 4. Dengan lebih dari 2,16 juta piksel Phase Detection, nantinya sensor ini akan menunjukkan titik fokus sampai durasi mencapai 0,02 detik.

Kekuatan Foto dan Video

Ada pula Tracking AF yang bisa pengguna gunakan untuk mendeteksi subyek yang bergerak dan deteksi wajah serta mata. Sehingga ketika mengambil gambar, akan menghasilkan gambar yang fokus dengan menggunakan kamera mirrorless Fujifilm X-S10 ini.

Untuk pengambilan gambar burst, kamera ini akan semakin baik ketika ada dukungan dari mode Blackout-Fire. Hal ini lantaran bisa memberikan foto dengan 30 fps memakai shutter elektronik.

Sementara itu, kamera ini juga memberikan penawaran dengan shutter mekanik berkecepatan mencapai 8 fps. Dengan hasil perekaman video resolusi mulai dari 4K sampai 30 fps bisa anda dapat dari kamera mirrorless Fujifilm X-S10.

Meskipun video yang kamera ini hasilkan masih downsampled dari foto 6K, hanya bisa melakukan 8-bit 4:2:0, namun jika secara internal mampu melakukan sampai dengan 10-bit 4:2:2. Sedangkan secara eksternal lewat HDMI dengan video 1080p, bisa merekam sampai 240 fps.

Kamera terbaru yang satu ini menggunakan layar sentuh dengan ukuran LCD 3 inci dan mengartikulasi dari 1,04 juta titik. Sedangkan EVF OLED mempunyai 36 juta titik dengan pembesaran mencapai 0,63x. Hal ini juga sekaligus memiliki kecepatan dalam refresh sebesar 100 fps.

Kamera mirrorless Fujifilm X-S10 dengan desain lebih kecil dan ringan membuat penggunanya semakin nyaman untuk menghasilkan fotografi yang bernilai seni. Terutama fitur-fiturnya yang semakin terdepan, mampu bersaing dengan para kompetitornya. (R10/HR-Online)

Baca Juga : Canon iNSPiC Rec Pikachu, Produk Kamera Bertemakan Pokemon