Kapan BLT BPJS Tahap 5 Cair? Ini Jawaban dari Kemnaker

Kapan BLT BPJS Tahap 5 Cair
Kapan BLT BPJS Tahap 5 Cair? Ini Jawaban Kemnaker! Foto: Ist/Net

Kapan BLT BPJS tahap 5 cair menjadi pertanyaan banyak pekerja. Apalagi pekerja yang sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun belum menerima pencairan BLT.

Termasuk ada juga yang belum mendapatkan BLT namun teman satu pekerjaannya sudah mendapatkan transferan dari Pemerintah.

Baca Juga: Pencairan BLT Tahap 5, Login kemnaker.go.id Cek Penerima dan Kapan Cair

Besaran BLT dari pemerintah untuk pekerja ini totalnya Rp 2,4 juta. Setiap bulan pekerja mendapatkan Rp 600 ribu untuk 4 bulan. Pencairannya dua bulan sekali, sehingga sekali pencairan, pekerja mendapatkan Rp 1,2 juta.

Kapan BLT BPJS Tahap 5 Cair? Simak Penjelasan Kemnaker

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) ida Fauziyah mengatakan, proses penyerahan data pekerja yang akan mendapatkan bantuan sudah sampai pada tahap akhir, yaitu tahap 5.

Sebanyak 578.230 data pekerja dari BPJS Ketenagakerjaan sudah sampai ke Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Data untuk pencairan BLT BPJS tahap 5 itu Kemnaker terima pada 29 September 2020.

Hanya saja pada 30 September 2020, Kemnaker kembali menerima data tambahan sebanyak 40.538 data pekerja calon penerima BLT.

Padahal seharusnya tahap 5 sudah tersalurkan pada akhir September 2020. Namun, lantaran ada tambahan data, pada akhir September pencairan BLT Tahap 5 belum tersalurkan. Inilah yang membuat para pekerja bertanya-tanya kapan BLT BPJS tahap 5 cair.

Dalam Instagram-nya Kemnaker juga menjelaskan, sebanyak 10.778.261 pekerja sudah mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan. Ini berarti proses penyaluran BLT Rp 1,2 juta sudah mencapai 92,48 persen.

“Sementara masih ada yang dalam proses pengiriman (transfer) dari perbankan penyalur. Datanya sebanyak 745.669 orang lagi. Semua proses pencairan sudah mulai sejak 24 Agustus 2020 lalu,” ujar Menaker Ida Fauziyah dalam laman Instagram resmi Kemnaker.

Baca Juga: Login kemnaker.go.id Cek Daftar Nama Penerima BLT BPJS, Ini Caranya!

Tahap pertama BLT BPJS tersalurkan pada 24 Agustus 2020. Sebanyak 2.484.429 pekerja sudah mendapatkan BLT pada tahap pertama. Sementara target untuk tahap pertama, BLT tersalurkan kepada 2,5 juta pekerja. BLT BPJS tahap pertama baru tersalurkan sekitar 99,38 persen.

Sementara BLT pada tahap kedua tersalurkan 1 September 2020 untuk 3 juta penerima. Namun, yang tersalurkan baru 2.981.533 atau baru sekitar 99,38 persen penerima yang sudah mendapatkan transfer BLT Rp 1,2 juta.

Selanjutnya untuk BLT tahap 3 tersalurkan pada 8 September 2020 untuk 3,5 juta pekerja. Namun baru 3.476.122 pekerja yang menerima bantuan atau sekitar 99,32 persen.

Begitu juga dengan BLT tahap 4 baru tersalurkan sekitar 69,18 persen. Target penerima BLT tahap 4 sebanyak 2 juta pekerja, namun pekerja yang menerima BLT baru 1.836.177 orang pada 16 September 2020.

Lantas kapan BLT BPJS tahap 5 cair? Saat ini proses cek kelengkapan data masih berlangsung. Target pencairan selesai pada akhir September harus tertunda lantaran ada tambahan data.

Cara Mengecek Apakah Dapat BLT atau Tidak

Persyaratan untuk mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan adalah pekerja dengan gaji kurang dari Rp 5 juta. Pekerja tersebut bukan PNS ataupun pegawai BUMN.

Selain itu juga pekerja tersebut terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan setidaknya sampai bulan Juni 2020.

Jika syarat tersebut terpenuhi, selanjutnya pihak kantor melaporkan data karyawannya kepada BPJS Ketenagakerjaan. Selain data juga kantor menyerahkan nomor rekening untuk menerima BLT BPJS.

Nantinya BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan verifikasi data, jika sesuai maka data Anda sudah valid. Lalu BPJS Ketenagakerjaan akan menyerahkannya kepada Kemnaker.

Baca Juga: Lapor BLT Belum Cair, Login kemnaker.go.id dan Cara Lainnya

Kemnaker kembali akan melakukan proses validasi, jika sudah selesai validasi baru kemudian akan ada tahap penyaluran bantuan dari Pemerintah ke rekening bank HIMBARA (Himpunan Bank Pemerintah) yaitu BRI, BTN, BNI, dan Mandiri.

Setelah itu baru Bank menyalurkan bantuan kepada rekening pekerja melalui bank HIMBARA sendiri ataupun bank swasta.

Itulah proses pencairan BLT, karena prosesnya panjang seringkali membuat publik bertanya-tanya kapan BLT BPJS tahap 5 cair.

Anda juga bisa mengetahui apakah Anda termasuk penerima BLT atau tidak. Caranya Anda login melalui laman Kemnaker.go.id.

Daftar dulu melalui website tersebut jika Anda belum daftar. Ikuti prosesnya. Sampai Anda kemudian bisa login dengan akun sendiri.

Jika sudah bisa login, pastikan Anda mengisi profil Anda sesuai data. Lalu klik profil, scroll atau gulir ke bawah, jika Anda termasuk penerima bantuan, Anda akan mendapati pemberitahuan Anda termasuk penerima BLT tahap berapa.

Jika dalam laman Kemnaker Anda sudah termasuk dalam daftar penerima BLT, maka tak perlu khawatir tidak cair. Karena Anda pasti akan mendapatkan BLT BPJS Ketenagakerjaan tersebut.

Jadi itulah penjelasan Kemnaker seputar kapan BLT BPJS tahap 5 cair. Jangan was-was tidak menerima BLT. Asalkan memenuhi syarat, BLT pasti akan cair. (Ndu/R7/HR-Online)